Fungsi dan Manfaat Identity Screening Berbasis AI bagi Bisnis

identity screening

Ada jutaan data pribadi yang dicuri dan disalahgunakan setiap harinya. Terkadang, data yang dicuri ini biasanya diperoleh dari situs website perbankan dan ritel online. Di mana data tersebut digunakan untuk melamar pekerjaan dan menjalankan pemeriksaan latar belakang atau verifikasi. Menambahkan AI ke dalam proses identity screening tentunya akan membantu perusahaan dalam mempekerjakan tenaga kerja yang tepat. Memangnya, seperti apa proses identity screening menggunakan AI dapat berlangsung?

Dalam lingkungan perekrutan yang mengutamakan jarak jauh dan virtual, memang sangat penting untuk mempertahankan keamanan tinggi dan memverifikasi bahwa kandidat adalah seperti yang mereka katakan dengan penyaringan latar belakang yang aman.

Mari simak ulasan di bawah ini mengenai fungsi dan cara kerja AI dalam proses identity screening.

Mengenal Jenis-Jenis Verifikasi Identitas

identity screening
Sumber: Freepik

Verifikasi identitas menegaskan identitas seseorang, di mana ada dua jenis utama verifikasi identitas, yaitu otentikasi berbasis pengetahuan dan identity screening berbasis AI.

1. Otentikasi Berbasis Pengetahuan

Otentikasi berbasis pengetahuan menetapkan identitas dengan meminta pengguna untuk memberikan jawaban yang benar atas serangkaian pertanyaan pribadi. Informasi yang diminta sebagai bagian dari verifikasi jenis ini dapat bersifat statis atau dinamis.

  • Informasi Pribadi Statis, yaitu mencakup hal-hal seperti tanggal lahir, asuransi sosial atau nomor jaminan sosial, atau nama hewan peliharaan pertama, dan lain sebagainya.
  • Informasi Pribadi Dinamis, yaitu mencakup hal-hal yang cenderung berubah dari waktu ke waktu, termasuk alamat atau pembelian terakhir dengan kartu kredit.

2. Biometric Identity Screening

Identity screening berbasis AI telah menggantikan otentikasi berbasis pengetahuan yang lama, sandi sekali pakai, dan autentikasi email. Misalnya, otentikasi biometrik yang mampu memverifikasi identitas individu dengan mencocokkan fitur biometrik unik seperti pemindaian retina, sidik jari, dan pengenalan wajah. Biasanya, teknologi pengenalan wajah biometrik juga mampu memverifikasi identitas seseorang secara instan dengan mencocokkan ID yang dikeluarkan pemerintah dengan selfie real-time.

Selain itu, sistem ini akan mengandalkan praktik seperti deteksi liveness untuk anti-spoofing hingga terjamin keakuratan teknologi, sehingga Anda dapat lebih yakin bahwa seseorang adalah seperti yang mereka klaim. Dengan kata lain, sistem ini adalah cara yang cepat dan nyaman untuk memverifikasi kandidat sesuai dengan apa yang mereka katakan sejak awal, sebelum penipuan atau kesalahan entri data menyebabkan penundaan waktu penyelesaian pemeriksaan latar belakang.

Fungsi dan Manfaat Identity Screening Berbasis AI

Verifikasi identitas menjadi satu langkah pertama untuk memastikan bahwa kandidat yang digunakan untuk melakukan pemeriksaan latar belakang adalah orang yang mereka katakan. Identity screening sebagai bagian dari pemeriksaan latar belakang dan proses perekrutan memiliki tiga manfaat utama, yaitu:

  1. Membantu mencegah penipuan, karena verifikasi identitas menetapkan dasar untuk pemeriksaan latar belakang apapun dengan memverifikasi dengan tepat siapa kandidat sejak awal, mencegah pelaku jahat menyebabkan kerusakan. Karena kehidupan manusia semakin online, semakin penting untuk waspada tentang pemeriksaan identitas biometrik sebagai bagian dari pemeriksaan latar belakang.
  2. Menghemat waktu, karena proses penyaringan identitas biometrik yang didukung oleh pengalaman pengguna yang ramah seluler dan intuitif juga membantu mencegah kesalahan dalam aplikasi pemeriksaan latar belakang dengan mengotomatiskan proses verifikasi dengan ekstraksi data, pengisian awal data, dan pencocokan dokumen otomatis.
  3. Memfasilitasi pengalaman kandidat yang lebih baik. Jika cara manual, verifikasi identitas dilakukan dengan memindai dan mengirim dokumen identitas melalui email, atau lebih buruk lagi seperti mengantri di kantor pos atau kantor polisi. Lain halnya dengan identity screening berbasis AI yang lebih mudah bagi pengguna dan lebih aman daripada solusi lama.

Baca juga: Pentingnya Menerapkan Digital Identity Verification pada Bisnis

Identity Verification Software dari Verihubs

identity screening
Sumber: Freepik

Sebagai penyedia layanan identity verification software terbaik, Verihubs menawarkan dua fitur unggulan yang bisa Anda pilih untuk kebutuhan Anda dalam hal identity screening, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. OCR for ID Card

Fitur ini akan mempermudah pengalaman pengguna dalam input data KTP dengan teknologi OCR. Dengan begitu, Anda bisa meningkatkan user experience dan menghemat waktu input data karena OCR Verihubs bisa mengekstrak semua data teks dari sebuah dokumen secara otomatis. Beberapa keunggulan dari fitur ini adalah sebagai berikut:

  • Proses input data KTP secara otomatis dan jelas terbaca saat mengekstrak data.
  • Proses input data lebih mudah dan mendukung untuk keberhasilan customer onboarding.
  • Dapat meningkatkan customer experience dengan proses yang jauh lebih cepat.
  • Dapat mendeteksi gambar yang kurang jelas sebelum akhirnya dapat diproses oleh sistem.

2. ID Check

Fitur ini memungkinkan Anda bisa menghindari penyalahgunaan identitas dengan memvalidasi data dari KTP. Dengan ID Check Verihubs, identitas pengguna bisa dicek secara langsung dengan data KTP yang sudah terintegrasi di dalam database pemerintah. Keunggulan ID Check Verihubs antara lain adalah sebagai berikut:

  • Dapat melakukan verifikasi data di KTP dari NIK, nama, tempat tanggal lahir, foto, lalu mengembalikannya dalam bentuk approval data dan persentase kemiripan foto pengguna.
  • Dengan akses data terpercaya, maka proses verifikasi menjadi jauh lebih aman dan akurat.
  • Dapat menghindari adanya penipuan, penyalahgunaan identitas dan tindakan kriminal yang tercatat negara.
  • Mampu merespon setiap proses secara real-time dan kurang lebih dalam 1 detik.

Baca juga: Sudahkah Anda Menggunakan Selfie Identity Verification?

Bagi Anda yang saat ini sedang mencari produk verifikasi sebagai sistem identity screening yang handal, praktis, mudah diintegrasikan, dan terjamin validitasnya, silakan pilih Verihubs. Didukung dengan fitur Identity Verification yang dimilikinya, semua proses verifikasi informasi pengguna dapat berjalan secara cepat dan lancar.

Hubungi kontak layanan pelanggan Verihubs sekarang untuk mendapatkan informasi detail mengenai produk-produk Verihubs yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Artikel Terbaru Kami

biometrik inklusif

Biometrik Inklusif: Memperkuat Keamanan Industri Keuangan

Mengenal Apa Itu CFT dalam Melawan Pendanaan Terorisme

modus penipuan terbaru

Waspada! 5 Modus Penipuan Terbaru Salah Satunya dari WA!