Identity Verification Software untuk Bisnis Anda, Pilih Verihubs!

identity verification software

Di era digital seperti saat ini, kebanyakan pelanggan sudah lebih sadar terhadap faktor keamanan layanan dan risiko kejahatan siber seperti kebocoran data konsumen, yang berakibat pada penipuan atau pemalsuan identitas. Jadi, perusahaan dituntut untuk bisa menerapkan sistem keamanan yang kuat berupa identity verification software agar para pelanggan merasa lebih aman dalam berinteraksi dan bertransaksi. 

Tak dipungkiri, digital trust memang semakin fundamental terhadap perkembangan ekonomi digital, di mana semakin orang percaya maka orang akan lebih sering melakukan transaksi dengan lebih besar. Di sinilah teknologi verifikasi identitas atau  identity verification software dapat menjadi solusi.

Kenapa Identity Verification Software Diperlukan?

Penerapan  identity verification software akan memberikan banyak manfaat, baik untuk institusi finansial sebagai pengusung layanan maupun bagi para nasabah, pelanggan, atau para penggunanya. Salah satu manfaatnya adalah dapat menghindari risiko penipuan dan kejahatan lainnya. Adanya sistem verifikasi yang efektif mampu meminimalisir terjadinya kejahatan seperti fraud, penipuan, hingga pencucian uang. Sebab, berbagai macam aktivitas keuangan memiliki landasan identitas yang kuat dan mengurangi celah untuk dimanipulasi karena dilakukan oleh sistem komputer yang cerdas.

Sudah ada banyak identity verification software yang melibatkan teknologi verifikasi biometrik. Yaitu suatu metode verifikasi identitas dengan mengukur dan menganalisis karakteristik fisik atau perilaku seseorang, misalnya sidik jari, pengenalan wajah, dan pola suara.

Baca juga: Pentingnya Menerapkan Digital Identity Verification pada Bisnis

Identity Verification Software dari Verihubs

Sebagai penyedia layanan identity verification software terbaik, Verihubs menawarkan dua fitur unggulan, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. OCR for ID Card

identity verification software
Sumber: Verihubs

Fitur ini akan mempermudah pengalaman pengguna dalam proses input data KTP dengan teknologi OCR. Anda bisa meningkatkan user experience dan juga menghemat waktu input data melalui OCR Verihubs yang bisa mengekstrak semua data teks dari sebuah dokumen secara otomatis. Apa saja keunggulan dari fitur ini?

  • Proses input data KTP menjadi otomatis dan jelas terbaca saat mengekstrak data.
  • Proses input data yang lebih mudah untuk keberhasilan customer onboarding.
  • Dapat meningkatkan customer experience dengan proses yang lebih cepat.
  • Dapat mendeteksi gambar yang kurang jelas sebelum diproses oleh sistem.

Bagaimana Cara Kerja OCR for ID Card Verihubs?

  • Upload Foto KTP: pengguna atau user mengambil foto KTP dengan kamera smartphone.
  • Proses Mengekstrak Data: sistem akan mengekstrak teks pada foto KTP ke dalam form atau sistem yang dituju.
  • Fleksibel Edit Manual: pengguna atau user dapat mengedit secara manual, jika ada data yang tidak sesuai.

Fitur ini sangat cocok digunakan untuk berbagai keperluan, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Registrasi Akun: melakukan registrasi akun secara online menjadi lebih aman menggunakan kode OTP yang dikirim kepada pengguna atau pelanggan.
  • Kirim Kode Booking: mengkonfirmasi kode booking pelanggan dengan kode OTP pada saat check-in hotel dan rumah sakit untuk melanjutkan booking online.
  • Fintech/Bank: sebagai sistem keamanan saat melakukan registrasi akun dan transaksi, dan dapat digunakan juga untuk kegiatan promosi marketing.
  • E-Commerce Marketplace: SMS OTP dapat digunakan untuk registrasi online oleh pelanggan, blast kegiatan promosi bisnis dan log-in akun.

2. ID Check

identity verification software
Sumber: Verihubs

Dengan fitur inim, Anda dapat menghindari penyalahgunaan identitas dengan memvalidasi data dari KTP. Dengan ID Check Verihubs, identitas user dapat langsung dilakukan pengecekan dengan data KTP yang sudah terintegrasi di dalam database pemerintah. Apa saja keunggulan ID Check Verihubs?

  • ID Check Verihubs dapat melakukan verifikasi data di KTP dari NIK, nama, tempat tanggal lahir, hingga foto, kemudian mengembalikannya dalam bentuk approval data dan persentase kemiripan foto user.
  • Dengan akses data yang terpercaya, proses verifikasi user menjadi jauh lebih aman dan akurat.
  • ID Check Verihubs bermanfaat untuk menghindari adanya penipuan, penyalahgunaan identitas dan tindakan kriminal yang tercatat negara.
  • ID Check Verihubs mampu merespon setiap proses secara real-time dan kurang lebih dalam 1 detik.

Bagaimana cara kerja ID Check Verihubs?

  • Data Input: pengguna sebagai verificator memasukkan data user (orang yang ingin di verifikasi) berdasarkan input berupa NIK, nama, tanggal dan tempat lahir, dan foto selfie.
  • Hasil Pengenalan: kemudian, software akan menampilkan output berupa keabsahan registrasi NIK, keabsahan nama, keabsahan tanggal dan tempat lahir, hingga selfie similarity (dalam persen 0 – 100%).

Skenario penggunaan fitur ini adalah sebagai berikut:

  • Fintech/bank: untuk pendaftaran pinjaman online dan pembuatan akun di aplikasi keuangan.
  • Hospitality: untuk hotel check-in, casino, hingga on-boarding penerbangan.
  • E-Commerce: untuk validasi akun, deteksi dan pencegahan penipuan, serta pembayaran seluler.
  • Aneka Bidang Usaha: untuk screening penyewaan kendaraan, rumah dan aset lainnya, serta kartu kredit.
  • Perusahaan: untuk screening calon karyawan dan screening calon partner bisnis.
  • Pemerintah: untuk kontrol perbatasan, kontrol akses, validasi identitas dan otorisasi, dan polisi lalu lintas digital.

Baca juga: Sudahkah Anda Menggunakan Selfie Identity Verification?

Bagi Anda yang saat ini sedang mencari produk verifikasi yang handal, praktis, mudah diintegrasikan, dan terjamin validitasnya, Anda bisa memilih Verihubs. Didukung dengan fitur Identity Verification yang dimilikinya, dijamin semua proses verifikasi informasi pengguna akan berjalan dengan cepat dan lancar.

Silakan segera hubungi kontak layanan pelanggan Verihubs, untuk mendapatkan detail informasi mengenai produk terbaik Verihubs yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Artikel Terbaru Kami

ikd digital

Apa Itu IKD Digital? Verifikasi Identitas dengan Mudah!

pemasaran digital

Pemasaran Digital (Digital Marketing): Strategi dan Jenisnya

absensi digital sekolah

Studi Kasus: 4 Peranan Absensi Digital Sekolah dan Contohnya