Kenali Jenis Jenis Identitas & Cara Verifikasinya Mudah!

jenis jenis identitas

Identitas adalah hal yang pasti dimiliki oleh setiap orang. Apalagi dalam kehidupan di masyarakat, seseorang akan memiliki dua peran, yakni individu dan kelompok. Adapun dalam ilmu sosiologi, ada berbagai jenis jenis identitas yang perlu dikenali.

Tentu saja setiap identitas tersebut mencerminkan seorang individu, baik sebagai individu itu sendiri maupun dalam kelompok. Menariknya, saat ini identitas seseorang tidak hanya bisa dilihat dari segi ilmu sosiologi saja.

Hal ini karena sekarang terdapat sebuah program yang dapat membantu proses verifikasi identitas dari adanya profil risiko tertentu yang dapat mengganggu kinerja bisnis. Lantas, apa saja jenis identitas yang dapat terbentuk dan melekat pada seseorang? Temukan informasi selengkapnya dalam artikel di bawah ini!

Jenis Jenis Identitas Sosial dalam Ilmu Sosiologi

Berikut ini adalah berbagai jenis identitas sosial yang melekat dalam diri seseorang menurut ilmu sosiologi.

1. Identitas Nasional

identitas nasional merupakan identitas yang terbentuk dari nasionalisme orang tersebut. Artinya, identitas ini terbentuk dan disepakati oleh setiap warga negara. Kehadiran identitas ini tentu saja berperan penting dalam membedakan individu ketika berada di negara lain.

2. Identitas Budaya

Identitas budaya berkaitan dengan suatu kelompok budaya yang dipengaruhi oleh kebiasaan serta rasa mempunyai terhadap budaya tersebut. Identitas ini bisa terbentuk dari berbagai aspek-aspek budaya yang sedang dihadapi oleh seseorang.

3. Identitas Etnis

Jenis jenis identitas selanjutnya adalah etnis yang umumnya terbentuk berdasarkan pada dugaan silsilah atau leluhur. Identitas ini melekat pada seseorang, karena dipengaruhi dan biasanya juga dipersatukan oleh adanya aspek budaya yang dianut oleh kelompok etnis tertentu.

4. Identitas Kelas Sosial

Identitas ini melekat pada individu yang masuk ke dalam kategori golongan sosial di dalam tatanan masyarakat tertentu. Identitas kelas sosial menunjukkan bahwa seseorang mempunyai status dalam kelas sosial tertentu.

5. Identitas Keagamaan

Identitas keagamaan merupakan identitas yang bisa didapatkan seseorang dari agama ataupun dari kepercayaan yang dianutnya.

6. Identitas Generasi

Pengelompokkan identitas ini dilakukan berdasarkan pada generasi seseorang lahir. Misalnya, generasi Z, generasi X, baby boomers, dan lainnya. Kehadiran identitas ini bisa terbentuk karena adanya perbedaan pergaulan yang dialami oleh setiap generasinya.

7. Identitas Seksual

Identitas seksual merupakan identitas yang melekat pada seseorang berdasarkan pada orientasi seksual yang dimiliki. Pada saat seseorang dibentuk melalui seksualitas dan keinginan seksualnya tersebut, maka akan menjadi identitas seksual bagi orang yang bersangkutan.

8. Identitas Gender

Sebenarnya, jenis jenis identitas ini hampir mirip dengan identitas seksual. Hanya saja, identitas gender adalah pilihan seseorang terhadap gender yang dipilihnya.

9. Identitas Disabilitas

Identitas disabilitas berkaitan dengan kondisi cacat fisik seseorang. Contohnya seperti orang yang mempunyai kelainan fungsi pendengaran yang disebut dengan tunarungu.

10. Identitas Profesional

Identitas profesional terbentuk dari profesi yang dimiliki oleh seorang individu. Adapun identitas ini bisa ditunjukkan dengan adanya penyelarasan peran, etika, dan tanggung jawab profesi tersebut.

Apa Itu Watchlist Screening?

Mengutip dari Tookitaki Holding, watching screening adalah jaring pengaman yang sangat penting bagi bisnis, karena secara sistematis dapat memeriksa apakah seorang individu masuk ke dalam daftar pantauan potensi risiko, seperti aktivitas ilegal dan penipuan, atau tidak.

Artinya, watchlist screening dapat membantu menjaga keamanan bisnis Anda dari adanya risiko Anti-Money Laundering atau AML dan Countering Financing of Terrorism Group atau CFT. Di dalam penerapannya, watchlist screening juga berkaitan dengan kebijakan KYC yang kini diterapkan pada teknologi keuangan.

Jenis Jenis Identitas yang dapat Diverifikasi melalui Watchlist Screening

Sekarang ini, ada berbagai jenis jenis identitas yang sudah bisa diverifikasi dengan menggunakan watchlist screening. Berikut adalah penjelasan selengkapnya tentang verifikasi data diri tersebut.

1. Politically Exposed Person (PEP)

PEP adalah seseorang yang sekarang ini atau sebelumnya menduduki posisi publik yang penting. Adapun identitas ini mencakup pejabat pemerintah, perwira tinggi militer, pemimpin BUMN, dan individu yang menjadi pemimpin partai politik.

2. Relatives and Close Associates (RCA)

RCA berkaitan dengan identitas individu yang mempunyai hubungan dekat dengan PEP. Misalnya, anggota keluarga dekat, seperti pasangan, anak, dan orang tua, serta orang-orang yang mempunyai hubungan bisnis atau pribadi yang erat dengan individu PEP.

Individu yang termasuk ke dalam jenis-jenis identitas ini dianggap berisiko tinggi untuk terlibat dalam pencucian uang atau pendanaan teroris. Hal ini karena mereka memiliki hubungan dekat dengan individu PEP.

3. Special Interest Person (SIP)

SIP merupakan orang berkepentingan khusus yang mempunyai profil risiko lebih tinggi. Hal ini karena keterlibatan mereka dalam industri atau kegiatan yang rentan terhadap pencucian uang dan pendanaan teroris. 

Adapun identitas yang mencakup SIP, biasanya terjun dalam industri perjudian, real estate, dan organisasi non-profit. Umumnya, SIP tunduk pada pengawasan yang jauh lebih ketat.

4. Sanction

Jenis jenis identitas selanjutnya adalah sanction, yakni tindakan hukuman yang diberlakukan oleh pemerintah, organisasi internasional, ataupun badan pengatur untuk mencegah dan menghukum individu, entitas, atau negara yang melanggar hukum, peraturan, atau perjanjian internasional.

Biasanya, sanksi diberikan untuk mengatasi masalah tertentu yang terjadi. Contohnya seperti pelanggaran HAM, proliferasi senjata pemusnah massal, dan dukungan terhadap masalah terorisme.

5. Watchlist

Watchlist atau daftar pantauan merupakan basis data yang dikelola oleh lembaga keuangan, lembaga penegak hukum, dan badan pengawas untuk mengidentifikasi individu, entitas, atau organisasi yang dicurigai atau dikonfirmasi terlibat masalah.

Contohnya, seperti masalah pencucian uang, pendanaan  teroris, atau kegiatan terlarang lainnya. Nantinya, daftar pengajuan ini akan digunakan untuk meningkatkan proses uji tuntas dan penyaringan dalam menyelesaikan masalah tersebut.

6. Crime

Jenis jenis identitas yang satu ini berkaitan dengan masalah kriminal lainnya yang tidak masuk dalam jenis di atas. Namun, berkaitan dengan AML dan CFT.

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa cara verifikasi berbagai identitas di atas bisa dilakukan melalui berbagai prosedur. Contohnya, seperti melalui identitas KTP maupun verifikasi biometrik.

Baca Juga: Ini Cara Mudah Cek NIK KTP Secara Online Apakah Terdaftar!

Sudah Paham tentang Jenis Jenis Identitas pada Individu?

Dari penjelasan di atas, bisa Anda pahami bahwa ada banyak sekali jenis jenis identitas yang melekat pada setiap individu. Bahkan, saat ini ada juga kategori identitas yang bisa diverifikasi menggunakan watching screening.

Informasi di atas menekankan pentingnya untuk menjaga keamanan bisnis Anda dari berbagai paparan risiko yang tidak terduga. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk memberikan lapisan perlindungan ekstra terhadap keamanan bisnis.

Salah satunya adalah dengan mendaftarkan bisnis Anda pada Watchlist Screening dari Verihubs. Layanan ini merupakan produk terbaru yang memiliki kemampuan mengidentifikasi potensi ancaman berbagai tipe pengguna. 

Tidak perlu khawatir, karena layanan ini mampu memberikan penilaian risiko profil yang kuat dan komprehensif tentang setiap pengguna. Dengan begitu, bisnis Anda dapat lebih fokus pada area yang membutuhkan perhatian lebih dan intensif.

Menariknya lagi, Watchlist Screening Verihubs telah dibekali dengan fitur canggih yang menghindari risiko AML dan CFT. Fitur ini bukan hanya dapat menjamin keamanan bisnis, tetapi juga memberi kontrol secara penuh ketika mengidentifikasi potensi ancaman.

Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera daftarkan diri pada program Watchlist Screening dari Verihubs ini!

Artikel Terbaru Kami

ikd digital

Apa Itu IKD Digital? Verifikasi Identitas dengan Mudah!

pemasaran digital

Pemasaran Digital (Digital Marketing): Strategi dan Jenisnya

absensi digital sekolah

Studi Kasus: 4 Peranan Absensi Digital Sekolah dan Contohnya