Produk
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time.
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Identity Verification
Identity Verification
Verifikasi Identitas Pengguna dengan sumber data yang terpercaya.
Identity Verification
Identity Verification
Biometric Verification
Biometric Verification
Kenali identitas wajah pengguna dengan teknologi Artificial Intelligence.
Biometric Verification
Biometric Verification
Business Verification
Business Verification
Hindari risiko bisnis dengan mengenali rekan bisnis anda.
Business Verification
Business Verification
Employee Verification
Employee Verification
Verifikasi identitas lengkap untuk calon karyawan.

6 Keunggulan Sistem Presensi Online 

presensi online

Penggunaan perangkat presensi rasanya sudah menjadi hal mendasar bagi setiap perusahaan yang kini ada di dunia. Berbagai metode dapat digunakan, dan presensi online kini menjadi salah satu metode yang paling populer.

Hal ini tidak dapat dipungkiri juga akibat kondisi pandemi yang melanda dunia beberapa tahun yang lalu, sehingga memaksa banyak perusahaan menerapkan inovasi baru dengan metode presensi baru. Jelas, aktivitas bisnis tidak dapat berhenti begitu saja, maka adaptasi berupa work from home dan absensi online menjadi solusi, agar pekerjaan dapat diselesaikan dan aktivitas ‘kantor’ tetap terlaksana.

Untuk mengenal beberapa metode absensi yang awam digunakan, mari simak penjelasan dalam poin pertama ini.

Baca Juga: Fitur Pengenalan Wajah dengan Akurasi Tinggi, Verihubs Jawabannya!

5 Jenis Presensi Online yang Digunakan

Presensi online
Sumber: freepik.com

Hingga saat ini, setidaknya terdapat 5 metode absensi yang digunakan secara umum di setiap belahan dunia. Mulai dari yang paling klasik menggunakan mesin absensi manual yang menandai kehadiran pada kartu absensi, hingga yang paling modern adalah sistem absensi berbasis website atau online yang dapat digunakan dengan bantuan smartphone.

1. Mesin Absensi Manual

Mesin ini menjadi salah satu metode absensi paling klasik yang mungkin masih digunakan dalam beberapa tempat. Metodenya sederhana, kartu kehadiran yang dimiliki karyawan akan dimasukkan ke mesin tersebut, kemudian mesin menandai waktu saat kartu dimasukkan.

Proses absensinya harus dilakukan dua kali atau lebih, saat karyawan masuk atau keluar dari kantor. Nantinya, data dari kartu absensi ini menjadi acuan perhitungan upah yang dibayarkan.

2. Kedua, Metode Sidik Jari

Metode sidik jari sendiri menjadi metode pemanfaatan biometrik pertama yang digunakan dalam rangka absensi. Seperti yang Anda ketahui, biometrik merupakan metode yang mengandalkan ciri fisik dari seseorang untuk mengenalinya di dalam sistem.

Caranya juga mudah, karyawan tinggal melakukan perekaman sidik jari untuk menjadi database sistem, kemudian ketika masuk atau keluar kantor, karyawan akan menempelkan jarinya pada mesin pemindai yang tersedia.

3. Penggunaan Magnetic Card

Penggunaan magnetic card juga sempat populer dan diterapkan di beberapa perusahaan. Pada dasarnya, magnetic card yang dimiliki setiap karyawan akan berisi data diri karyawan tersebut. Kemudian kartu ini ditempel atau di gesek pada mesin pemindai, untuk melakukan presensi.

Cara kerjanya sederhana dan mudah. Namun ketika karyawan lupa atau tidak membawa kartu ini, maka presensi tidak akan bisa dilakukan.

4. Teknologi Pemindaian Biometrik Lanjutan

Keempat untuk metode absensi adalah penggunaan data biometrik lanjutan yang dimiliki seseorang. Penerapannya mirip dengan penggunaan sidik jari, namun data yang digunakan sebagai acuan dapat berupa retina mata, wajah, dan sebagainya.

Metode ini memiliki cukup memudahkan karyawan yang Anda miliki, sebab mereka tidak perlu membawa alat tambahan untuk melakukan absensi. Cukup dengan memindai wajah, dan sistem dapat mengenalinya.

5. Metode Presensi Online

Secara praktis, metode ini menggunakan basis web atau aplikasi untuk eksekusinya. Metode absensi online memungkinkan karyawan melakukan prosedur ini tanpa harus datang secara fisik ke kantor. Nantinya, penerapannya dapat sangat fleksibel.

Dapat dipadukan dengan username dan password, atau biometric verification, atau bahkan foto lokasi yang diwajibkan untuk mengontrol lokasi karyawan. Penekanannya adalah bahwa presensi bisa dilakukan dengan menggunakan layanan website, tanpa harus secara fisik datang dan melakukan pemindaian di kantor.

Baca Juga: Sistem Biometrik adalah Upaya Verifikasi Digital yang Aman, Ini 4 Keunggulannya

Metode Presensi Online Memiliki 6 Keunggulan untuk Bisnis Anda

Presensi online
Sumber: freepik.com

Melanjutkan bahasan pada poin terakhir di atas mengenai presensi online, sederet keuntungan bisa diperoleh perusahaan Anda. Ini mengapa tidak sedikit perusahaan yang kemudian menerapkan sistem presensi ini, untuk menunjang kinerja karyawan dan bisnisnya secara umum.

Masing-masing keuntungan atau kelebihannya bisa Anda simak dalam poin berikut ini.

  1. Efisiensi waktu dan biaya operasional, sebab secara praktis metode ini tidak memerlukan perlengkapan fisik berupa mesin, dan hanya menggunakan website atau cloud service saja.
  2. Rekam data akurat, karena diintegrasikan dengan jam dunia, maka perekaman data presensi semakin akurat. Basis waktu yang digunakan akan seragam, perekaman akan akurat hingga informasi menit dan bahkan lokasi.
  3. Perlindungan data karyawan, meski bersifat online, namun perlindungan data yang diberikan bisa sangat tinggi. Hal ini akan menjadi salah satu fitur dasar yang ditawarkan layanan presensi online tersebut.
  4. Akses yang mudah, untuk pihak HR dan karyawan dalam melihat data presensi, akses yang dimiliki akan sangat mudah. HR dapat melihat rekapitulasi presensi karyawan dalam tempo waktu tertentu, dan mengolahnya untuk kebutuhan strategis perusahaan.
  5. Terintegrasi dengan banyak hal, mulai jam dunia, pelacakan lokasi, pemindaian biometrik wajah atau data lain, dan sistem-sistem lain yang diperlukan untuk terhubung dengan urusan presensi ini.
  6. Fleksibel, karena bersifat online maka presensi yang dilakukan sangat fleksibel. Selama karyawan terhubung dengan jaringan internet dan bisa mengakses sistem presensi yang disediakan maka urusan ini dapat berjalan dengan mudah.

Baca Juga: Memahami Cara Kerja dan Proses Verifikasi pada Absen Online 

Tidak heran jika kemudian presensi online diminati banyak perusahaan untuk digunakan, mengingat banyak kelebihan yang ditawarkan. Tentu, metode ini akan jauh lebih efektif ketika diintegrasikan dengan produk verifikasi seperti Verihubs, sehingga presensi yang dilakukan karyawan lebih berkualitas.

Verihubs, dengan Biometric Verification-nya

Verihubs hadir sebagai partner dalam berbagai urusan yang menyangkut dengan verifikasi. Seperti integrasinya dengan sistem presensi online yang Anda miliki misalnya, dapat dilakukan dengan mudah, cepat, dan efektif. Basis data yang dimiliki Verihubs terjamin valid, sehingga verifikasi identitas karyawan  dengan Biometric Verification yang Anda miliki akan dapat dilakukan dengan cepat. Lebih lanjut terkait produk dan penerapan fitur dari Verihubs, hubungi layanan pelanggan kami sekarang juga!