Produk
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time.
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Identity Verification
Identity Verification
Verifikasi Identitas Pengguna dengan sumber data yang terpercaya.
Identity Verification
Identity Verification
Biometric Verification
Biometric Verification
Kenali identitas wajah pengguna dengan teknologi Artificial Intelligence.
Biometric Verification
Biometric Verification
Business Verification
Business Verification
Hindari risiko bisnis dengan mengenali rekan bisnis anda.
Business Verification
Business Verification
Employee Verification
Employee Verification
Verifikasi identitas lengkap untuk calon karyawan.

5 Cara Meningkatkan Pelayanan Perbankan untuk Kepuasan Pelanggan

kualitas pelayanan

Memberikan pelayanan terbaik pada setiap nasabah yang dimiliki wajib menjadi prioritas dari bisnis perbankan. Hal ini dapat memberikan kenyamanan pada pelanggan yang datang, sehingga loyalitasnya terus meningkat. Peningkatan kualitas pelayanan secara umum dapat dilakukan dengan berbagai cara, yang dapat disesuaikan pula dengan nilai utama bisnis perbankan yang disediakan.

Jika Anda merupakan nasabah suatu bank, tentu Anda menemui banyak layanan atau kemudahan yang disediakan bank ketika Anda berkunjung atau memerlukan urusan administrasi bukan? Nah, berbagai cara ini ditujukan agar urusan yang dimiliki pelanggannya bisa lekas selesai, dan pelanggan atau nasabahnya merasa puas.

Beberapa cara meningkatkan kualitas pelayanan dapat dilakukan dengan cara-cara berikut ini.

Baca Juga: 5 Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan di Industri Keuangan Digital

1. Memaksimalkan SDM yang Dimiliki

kualitas pelayanan
Sumber: freepik.com

Beberapa bank terkemuka di Indonesia memiliki kelebihan di bidang SDM yang dimilikinya. Tentu, lekat dalam benak Anda mengenai salah satu bank yang memiliki kualitas petugas keamanan yang sangat memuaskan dan solutif untuk nasabah yang datang ke kantor cabangnya. Hal ini merupakan hasil dari optimalisasi SDM yang dimiliki kantor atau perusahaan perbankan tersebut, sehingga dapat memberikan kenyamanan bagi nasabahnya.

Pelatihan yang berkesinambungan dan riset pelanggan terus-menerus menjadi kunci dari pengembangan SDM pada bidang pelayanan. Memiliki pengetahuan produk dan proses yang akurat dan terkini, mampu memberikan jawaban langsung pada pertanyaan nasabah, serta memudahkan nasabah dalam menyelesaikan urusan yang dimilikinya, jadi kunci kepuasan nasabah yang datang ke kantor cabang bank yang digunakan.

2. Fitur Pelayanan Mandiri yang Efektif

Tidak sedikit fitur pelayanan mandiri yang disediakan untuk nasabah di berbagai kantor bank. Namun demikian, tidak semua fitur dan fasilitas yang disediakan benar-benar dapat membantu penyelesaian masalah dengan cepat. Bahkan cukup banyak yang kemudian membuat proses menjadi panjang.

Lakukan analisa mendalam mengenai apa yang dibutuhkan nasabah Anda, dan optimalkan solusi yang bisa diberikan. Pelayanan mandiri dapat disediakan untuk berbagai urusan sederhana, sehingga proses penyelesaian yang dapat dibereskan dalam waktu singkat tak perlu membuat nasabah menunggu lama.

Imbangi kecanggihan penerapan teknologi dengan pemahaman kebutuhan nasabah, sehingga fasilitas yang disediakan benar-benar mampu menjadi solusi yang memudahkan nasabah Anda.

3. Layanan Berkualitas di Setiap Kanal dan Titik Sentuh

kualitas pelayanan
Sumber: freepik.com

Kepuasan nasabah harus diakomodir pada setiap touchpoint dari layanan perbankan. Mulai dari titik temu langsung di kantor, di bazar atau pameran produk, atau booth, hingga ke titik temu di ranah digital seperti aplikasi dan layanan lain yang kini banyak digunakan.

Kualitas layanan yang diberikan harus senantiasa terkontrol, dan berada pada titik kualitas yang sama. Yang jelas, layanan yang diberikan pada setiap touchpoint tersebut harus tetap memberikan pengalaman yang baik pada nasabah, sehingga masalah yang dimiliki dapat terselesaikan.

Dengan banyaknya kanal yang kini tersedia, fokus optimalisasi layanan omni-channel harus masuk dalam agenda strategi bisnis perbankan yang Anda kelola, agar tetap bisa bersaing dengan layanan perbankan lain.

4. Pendekatan pada Nasabah Potensial

Nasabah perbankan tidak hanya datang untuk menyimpan uang yang dimilikinya saja, namun juga melakukan pengajuan pinjaman. Pada nasabah-nasabah potensial seperti ini, pihak bank juga wajib mampu memberikan kualitas pelayanan yang prima.

Tidak hanya dalam pemberian pinjaman jumlah besar, namun juga menjadi pendamping dan penasihat nasabah yang meminjam dana dalam mengelola dana pinjamannya. Nasabah potensial yang dimaksud adalah segmen UKM atau bisnis pemula, yang memiliki pemahaman pengelolaan keuangan di bawah rata-rata.

Dengan menyediakan diri sebagai penasihat dan pendamping bisnis UKM, kepuasan nasabah segmen ini dapat ditingkatkan secara signifikan. Tidak hanya nasabah segmen ini menjadi lebih loyal, namun citra perusahaan yang baik akan tersebar dengan sendirinya melalui word of mouth dari nasabah yang merasa terbantu tersebut.

5. Peningkatan Kualitas Layanan dengan Sistem Verifikasi Berkualitas

kualitas pelayanan
Sumber: freepik.com

Tapi apa hubungannya?

Jika dilihat dari pengalaman nasabah saat menggunakan layanan perbankan digital, kepuasan juga dapat dipengaruhi oleh kecepatan proses verifikasi identitas atau transaksi dilakukan. Semakin cepat verifikasi ketika transaksi digital dilakukan, maka semakin cepat urusan nasabah bisa diselesaikan.

Kualitas layanan perbankan digital sangat dipengaruhi oleh kecepatan, akurasi, dan proteksi yang diberikan pada data dan privasi nasabah. Dengan aplikasi yang canggih dan memproses permintaan dengan cepat, nasabah akan merasa bahwa layanan yang diberikan benar-benar memuaskan.

Kualitas layanan tidak hanya yang secara langsung diberikan saat nasabah datang ke kantor cabang, namun juga pada kanal-kanal lain ketika nasabah bersentuhan dengan layanan perbankan. Perkuat juga segmen layanan omni-channel yang disediakan, sehingga semua kanal yang diakses pelanggan dapat memberikan kepuasan yang serupa.

Baca Juga: Proses Automasi adalah Kunci Praktisnya Layanan Keuangan Digital 

Peningkatan kualitas layanan perbankan yang Anda sediakan dapat dilakukan dengan berbagai cara. Memberikan yang terbaik dari setiap sisi, termasuk dalam proteksi akses dan verifikasi data, akan jadi bentuk peningkatan layanan yang dapat dilakukan dengan cukup mudah, bersama dengan produk dari Verihubs.

Peningkatan Kualitas Pelayanan Perbankan dengan Verihubs

Produk dari Verihubs, secara langsung dapat membantu peningkatan kualitas layanan perbankan yang Anda sediakan. Tidak hanya pada kantor cabang secara langsung, namun juga pada layanan digital yang Anda sediakan. Produk Verihubs dapat terintegrasi dengan mudah untuk membantu proses verifikasi akses, verifikasi KTP saat pendaftaran, dan verifikasi transaksi dengan kode OTP. Prosesnya cepat, akurat, dan efektif, sehingga dapat mempersingkat waktu transaksi yang terjadi. Segera hubungi layanan pelanggan Verihubs, dan dapatkan informasi lebih lanjutnya!