Produk
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time.
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Identity Verification
Identity Verification
Verifikasi Identitas Pengguna dengan sumber data yang terpercaya.
Identity Verification
Identity Verification
Biometric Verification
Biometric Verification
Kenali identitas wajah pengguna dengan teknologi Artificial Intelligence.
Biometric Verification
Biometric Verification
Business Verification
Business Verification
Hindari risiko bisnis dengan mengenali rekan bisnis anda.
Business Verification
Business Verification
Employee Verification
Employee Verification
Verifikasi identitas lengkap untuk calon karyawan.

Pentingnya Legalitas Perusahaan, Cek dengan Cermat!

legalitas perusahaan

Indonesia merupakan negara hukum, yang memiliki setiap jenis regulasi di setiap sektor kehidupan. Hal ini tidak terkecuali pada dunia bisnis, terdapat serangkaian regulasi yang harus ditaati pelaku bisnis, agar legalitas perusahaan dapat dicapai.

Namun demikian, mengapa sebenarnya legalitas perusahaan ini menjadi penting? Bukankah pada dasarnya tujuan utama dari perusahaan adalah mencapai target dan keuntungan tertentu?

Pencapaian target dan keuntungan dapat diraih jika perusahaan dapat melakukan aktivitasnya dengan ideal. Tanpa menaati aturan yang berlaku dan tanpa adanya legalitas yang jelas, operasional perusahaan dapat terhambat, dan berujung pada penghentian aktivitas.

Untuk memahami bagaimana pentingnya legalitas untuk sebuah perusahaan, Anda bisa simak penjelasannya dalam poin singkat berikut ini.

Baca Juga: Pengertian Know Your Business (KYB) dan Implementasinya

1. Menjadi Bukti Bahwa Bisnis Anda Patuh Hukum

legalitas perusahaan
Sumber: freepik.com

Dengan memiliki legalitas perusahaan yang jelas, maka bisnis Anda akan terbukti patuh hukum. Saat bisnis telah mengikuti semua regulasi yang berlaku di Indonesia, Anda bisa mengklaim bahwa bisnis Anda adalah bisnis yang memiliki integritas, dan secara langsung paham benar aturan yang berlaku.

Bisnis yang patuh hukum memiliki citra yang lebih baik di dunia industri, karena dapat mengindikasikan bahwa bisnis tersebut memiliki sistem kerja yang jelas, transaksi yang sesuai dengan aturan yang berlaku, serta minim risiko kasus perdata dan pidana.

Secara tidak langsung, bukti legalitas perusahaan juga dapat menyaring potensi kerjasama yang masuk. Dengan kepatuhan hukum yang jelas, perusahaan yang berniat melakukan penyelewengan akan berpikir dua kali untuk bekerjasama dengan bisnis Anda.

2. Perusahaan Memiliki Perlindungan Hukum yang Jelas

Perusahaan yang legal adalah perusahaan yang telah memenuhi persyaratan yang diberikan pemerintah melalui lembaga terkait untuk melakukan aktivitas usahanya. Artinya, operasional yang dilaksanakan berada di bawah payung hukum yang jelas, selama tidak ada penyelewengan atau pelanggaran hukum di sana.

Dengan memiliki dokumen legal, maka perusahaan juga akan terhindar dari pembongkaran atau penertiban dan pihak berwajib. Dasar hukum yang jelas serta prosedur yang harus ditaati oleh lembaga penegak hukum bilamana terjadi kasus harus dipatuhi, demi hukum yang berlaku.

Ketika terjadi sengketa transaksi dengan mitra atau masalah hukum dengan pihak lain, perusahaan juga akan berada pada posisi yang kuat. Setidaknya, gugatan di pengadilan dapat dijalani dengan dasar pijakan yang jelas dan solid.

3. Potensi Mendapatkan Proyek Meningkat

legalitas perusahaan
Sumber: freepik.com

Ketika bisnis yang Anda kelola memiliki dokumen sah yang menyatakan legalitas perusahaan, maka potensi mendapatkan proyek akan semakin besar. Tidak hanya dari pihak swasta saja, namun juga dari pihak pemerintah atau lembaga terkait.

Mengapa demikian?

Karena jelas kredibilitas yang dimiliki oleh bisnis Anda. Bisnis yang taat hukum adalah bisnis yang memahami benar aturan yang berlaku. Ini dapat menjadi tolak ukur profesionalisme yang Anda miliki, sehingga banyak pihak ingin bekerjasama dengan bisnis Anda.

Terlebih untuk proyek yang diadakan oleh pemerintah, legalitas sebuah bisnis menjadi sebuah hal yang wajib dimiliki, bahkan sekedar untuk ikut serta proses tender yang dilakukan.

4. Pengembangan Bisnis yang Lebih Mudah

Tidak dapat dipungkiri, pada suatu saat di masa yang akan datang bisnis Anda akan mengalami perkembangan dan perluasan wilayah operasional. Untuk melakukannya, tentu Anda harus berdiri di atas pondasi bisnis yang solid bukan?

Untuk  membuka cabang atau membuka anak perusahaan diperlukan perizinan yang jelas dan diurus dengan baik. Tanpa legalitas yang sejak awal sudah dipenuhi, proses ini akan berjalan lambat dan menghambat gerakan perusahaan Anda.

Akses permodalan juga akan berjalan lebih lancar, sebab penilaian atas perusahaan dapat dengan mudah dilakukan. Tidak sekedar dokumen legal saja, perusahaan yang taat hukum jelas akan mengetahui kewajiban perpajakan yang dimilikinya. Pemodal akan dengan mudah menilai ketertiban pajak dari bisnis, dan memberikan modal yang diminta dengan pertimbangan yang tidak panjang.

5. Legalitas Perusahaan untuk Mendukung Promosi

legalitas perusahaan
Sumber: freepik.com

Legalitas ini juga akan menjadi materi promosi yang cukup efektif untuk partner dan mitra bisnis Anda. Pemahaman atas kepemilikan legalitas yang jelas membuat banyak pihak lebih mudah dalam melakukan pertimbangan kerjasama.

Selain karena transaksi yang cenderung lebih aman, bisnis yang legal juga memiliki banyak benefit lain secara ekonomi, seperti misalnya dalam urusan pajak bisnis yang diberlakukan.

Baca Juga: 4 Peran Business Verification dalam Melindungi Perusahaan 

Jika Anda ingin melakukan kerjasama dengan perusahaan lain, maka pengecekan legalitas perusahaan wajib dilakukan. Jelas, dengan asumsi bahwa perusahaan Anda juga memiliki legalitas yang jelas dan valid, sehingga kerjasama dapat dilakukan dengan lebih lancar.

Background Checking Perusahaan secara Komprehensif dengan Verihubs

Anda bisa dengan mudah menggunakan Business Verification dari Verihubs untuk memastikan legalitas perusahaan yang akan menjalin kerjasama. Data yang disajikan dipastikan valid, karena mengacu pada database milik lembaga terkait. Background checking akan berjalan cepat dengan fitur Company Check, sehingga urusan ini tidak akan memakan banyak waktu dan mengganggu proses kerjasama yang dibuat. Segera hubungi layanan pelanggan kami sekarang juga, dan dapatkan informasi lengkap mengenai produk yang satu ini!