Inilah 3 Manfaat AI dalam Bisnis dan Rekomendasi Produknya

manfaat AI

Selain bisa ditemui dalam kehidupan sehari-hari, nyatanya Artificial Intelligence (AI) juga bisa dimanfaatkan dalam dunia bisnis. Ada banyak perusahaan yang saat ini berinvestasi lebih dalam teknologi AI untuk bisa memberikan mereka lebih banyak penjualan, hingga mengoptimalkan kinerja dari perusahaan. 

AI adalah simulasi kecerdasan manusia dalam mesin yang diprogram untuk berpikir dan bertindak layaknya manusia. Dalam hal ini, AI melakukan pembelajaran dalam menyelesaikan masalah-masalah melalui sesuatu yang telah diprogram sebelumnya.

Tanpa disadari, AI memang telah melekat di kehidupan kita dalam sehari-hari, misalnya pada halaman website yang Anda kunjungi yang memiliki kesan seperti mengingatkan apa yang dicari sebelumnya. Sehingga seolah komputer atau internet dapat memahami apa yang Anda inginkan. Hal itu merupakan salah satu contoh penerapan AI yang bisa dimanfaatkan dalam dunia bisnis. Teknologi AI bisa dimanfaatkan oleh bisnis dengan tujuan yang tepat, efektif, dan juga efisien.

Kira-kira, apa saja manfaat AI bagi bisnis?

Manfaat Penerapan AI dalam Bisnis

manfaat AI
Sumber: Freepik

Berikut ini ada beberapa contoh penerapan AI yang bermanfaat dalam perkembangan suatu bisnis, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • AI dapat membantu bisnis untuk mempersonalisasi pengalaman belanja para pelanggan. Pada saat pelanggan mendapatkan sebuah iklan yang sesuai dengan kebutuhan saat itu, maka potensi terjadinya pembelian terhadap produk itu akan lebih besar. Selain itu, iklan yang dipersonalisasi juga bisa meningkatkan brand awareness serta engagement dari para pelanggan hingga akhirnya berujung pada peningkatan penjualan. AI memang mampu memberikan penawaran yang akurat sesuai dengan apa yang pelanggan inginkan.
  • Saat ini, bisnis atau perusahaan bisa berinteraksi dengan para pelanggan secara otomatis. Pihak perusahaan juga bisa mengumpulkan pertanyaan-pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh para pelanggan (FAQ), kemudian bisa menggunakan teknologi AI untuk memberikan jawaban yang sesuai secara otomatis. Bahkan saat ini, sudah ada banyak teknologi AI berupa Chatbots yang memungkinkan bisnis atau perusahaan bisa berinteraksi dengan para pelanggan tanpa batasan waktu. Dengan kata lain, pelanggan bisa berinteraksi dengan pihak perusahaan kapanpun mereka mau.
  • AI juga bisa dimanfaatkan oleh bisnis atau perusahaan dalam proses pengolahan data. Data yang diolah dengan menggunakan AI tentunya memiliki keunggulan, yaitu bisa memprediksi trend di masa depan. Dengan social listening, customer behavior, dan juga trend yang ada di masa lalu, maka AI sangat mungkin untuk memperkirakan produk apa yang mungkin laris di masa depan.

Manfaat AI bagi Bisnis Tidak Boleh Dilewatkan

Penggunaan teknologi AI dapat memudahkan perusahaan dalam menjalankan berbagai aktivitas yang membutuhkan waktu lama dan sumber daya. Selain itu, penggunaan AI juga mempermudah bisnis dalam merancang produk dan layanan yang dibutuhkan oleh para pelanggan. 

Penggunaan AI bukan hanya terkait penjualan produk saja, akan tetapi bagaimana sebuah bisnis dapat mendengar kebutuhan para pelanggannya yang utama, memiliki sifat empati terhadap keinginan dan kebutuhan pelanggan, serta bagaimana perusahaan dapat melayani para pelanggan dengan baik, sehingga dapat memaksimalkan penggunaan AI.

Baca juga: 8 Cara Optimalkan WhatsApp Marketing untuk Bisnis Anda

Produk-Produk AI dari Verihubs

manfaat AI
Sumber: Freepik

Teknologi AI memang dibuat untuk memudahkan kehidupan manusia, di mana salah satu sektor yang ikut termudahkan dengan adanya teknologi ini adalah dunia bisnis. Jika saat ini Anda membutuhkan teknologi ini untuk diterapkan pada bisnis Anda, di bawah ini ada beberapa produk AI dari Verihubs yang bisa Anda pilih.

1. Identity Verification – OCR for ID Card

Dengan fitur ini, Anda bisa melakukan verifikasi identitas pengguna berdasar pada sumber data yang terpercaya. OCR for ID Card memungkinkan Anda membaca data dari KTP lewat teknologi OCR yang canggih. Sehingga user experience dapat ditingkatkan, dan menghemat waktu input data. Fitur ini bisa mengekstrak semua data teks dari sebuah dokumen secara otomatis.

2. Biometric Verification

Biometric Verification dari Verihubs memungkinkan Anda dapat mengenali identitas wajah pengguna dengan teknologi AI. Terdapat dua fitur yang bisa Anda dapatkan saat menggunakan Biometric Verification dari Verihubs ini, yaitu:

  • Face Recognition, yang bisa diandalkan untuk membandingkan dan mengenali wajah pengguna melalui AI dengan akurasi tinggi. Verifikasi kemiripan wajah pengguna dapat diselesaikan dalam hitungan detik saja.
  • Liveness Detection, yang bisa diandalkan untuk menghindari upaya penipuan identitas dengan mendeteksi wajah pengguna secara langsung. Dengan fitur Liveness Detection ini, objek di depan kamera bisa dideteksi secara akurat dan memastikan objek itu merupakan identitas asli yang hidup, bukan representasi dari foto ataupun topeng.

Baca juga: 8 Alasan Chatbot Dapat Meningkatkan Customer Engagement

Sekarang adalah saat yang tepat untuk berpartner dengan Verihubs! Bangun ekosistem digital Anda bersama Verihubs, dan dapatkan berbagai kemudahan dalam sistem verifikasi dan autentikasi yang terintegrasi di sistem perusahaan Anda. Teknologi yang dikembangkan oleh Verihubs akan membantu bisnis dan perusahaan Anda terus berinovasi dan akhirnya dapat memenangkan persaingan.

Dapatkan informasi lebih lengkap mengenai berbagai macam layanan dari Verihubs, silakan langsung menghubungi kontak layanan kami dan silakan sesuaikan solusi terbaik dari Verihubs dengan kebutuhan bisnis dan perusahaan Anda.

Artikel Terbaru Kami

biometrik inklusif

Biometrik Inklusif: Memperkuat Keamanan Industri Keuangan

Mengenal Apa Itu CFT dalam Melawan Pendanaan Terorisme

modus penipuan terbaru

Waspada! 5 Modus Penipuan Terbaru Salah Satunya dari WA!