8 Cara Optimalkan WhatsApp Marketing untuk Bisnis Anda

whatsapp marketing

Analisis pada kondisi pasar sangat menentukan kanal marketing apa yang akan dikombinasikan, guna mencapai target yang dimiliki. Penggunaan WhatsApp marketing kemudian menjadi salah satu kanal yang bisa dimanfaatkan, selama dirasa sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda.

Namun apa sebenarnya yang dimaksud dengan WhatsApp marketing ini?

Secara harfiah, WhatsApp memang tidak menjadi platform khusus untuk tujuan pemasaran. Karena sifatnya yang personal, maka komunikasi yang dilakukan pada media ini cenderung dari orang ke orang. Untuk itu perusahaan wajib memiliki akun resmi, yang mewakili persona perusahaan dalam upaya menjalin relasi dengan pelanggan yang dimiliki.

Baca Juga: Penggunaan WhatsApp API untuk Kelancaran Bisnis, Ini 7 Fungsinya!

Lalu Apa Pengertiannya?

whatsapp marketing
Sumber: freepik.com

WhatsApp marketing dapat dipahami sebagai sebuah tools pada aplikasi dan layanan WhatsApp, yang dapat membantu urusan pemasaran yang dimiliki bisnis Anda. Platform komunikasi ini dapat dimanfaatkan oleh perusahaan guna menyampaikan pesan yang berisi konten pemasaran, agar dapat memenuhi tujuan perusahaan dalam bidang tersebut.

Jelas, perusahaan wajib memiliki akun bisnis untuk urusan ini agar eksekusi strategi pemasaran di WhatsApp dapat berjalan dengan baik. Pihak WhatsApp menyediakan akun bisnis yang dapat digunakan, dan memiliki fitur yang cenderung lebih banyak daripada akun biasa.

Dengan akun bisnis, Anda dapat mengorganisir pesan dari pelanggan yang masuk, memberikan jawaban cepat dengan menggunakan chatbot, hingga menyebarkan pesan yang berisi konten pemasaran melalui broadcast tanpa batasan tujuan pengiriman.

Cara Memanfaatkan WhatsApp Marketing dengan Optimal

whatsapp marketing
Sumber: freepik.com

Karena menjadi kanal lain untuk melakukan aktivitas pemasaran, tentu WhatsApp juga memiliki ekosistemnya sendiri. Artinya, strategi yang dilakukan dan treatment yang diberikan pada pesan yang akan dikirimkan harus secara spesifik dirumuskan untuk platform ini.

1. Miliki dan Simpan Kontak Pelanggan

Anda dapat memasangkan fitur chat melalui WhatsApp pada situs resmi yang Anda miliki, guna menjaring nomor kontak yang dimiliki pelanggan. Ketika pelanggan menghubungi Anda untuk menyampaikan feedback, maka kontak akan dapat disimpan dan dikelola untuk kepentingan pemasaran.

Cara lain juga dapat dilakukan, selama tidak dengan metode pemaksaan dan kesukarelaan user saat memberikan kontaknya.

2. Miliki Akun Bisnis

Jelas hal ini mutlak sebagai cara melakukan WhatsApp marketing yang optimal. Dengan akun bisnis, Anda akan memiliki akses pada berbagai fitur pendukung yang dapat dimaksimalkan untuk kepentingan bisnis.

Mulai dari otomasi balas pesan, pengiriman pesan broadcast tanpa batasan jumlah penerima, dan pencantuman kontak yang dapat diintegrasikan dengan situs atau layanan pelanggan Anda secara langsung.

3. Branding Bisnis yang Menarik

Secara langsung ketika Anda menghubungi pelanggan dengan akun bisnis yang Anda miliki, akun tersebut akan memiliki persona tertentu. Tugas Anda sebagai pengusaha, adalah memiliki persona yang menarik untuk akun bisnis Anda.

Hal ini akan didasarkan pada hasil riset pasar dan riset karakteristik pelanggan, sehingga ketika berkomunikasi pelanggan dapat merasa lebih dekat dan engage dengan akun bisnis Anda.

4. Konten yang Menarik

Pada dasarnya WhatsApp adalah media sosial yang memerlukan konten saat dimanfaatkan untuk aktivitas pemasaran. Anda dapat memasukkan teks, video, foto, atau file dalam bentuk lain yang dibuat semenarik mungkin, agar pesan pemasaran yang ingin disampaikan bisa diterima dengan baik.

Content is king, jadi rumuskan dengan baik dan pastikan konten selalu relevan dengan pelanggan yang Anda miliki.

5. Respon Cepat atas Feedback Pelanggan

Memberikan respon cepat atas feedback yang datang dari pelanggan adalah sebuah keharusan. Hal ini berlaku pada berbagai konteks, mulai dari feedback terkait keluhan atau feedback terkait promosi dan pesan pemasaran yang dikirimkan sebelumnya.

Pastikan Anda telah mengatur chatbot atau fitur balas cepat dari WhatsApp Bisnis yang disediakan untuk hal ini. Jika tidak, Anda wajib memiliki staf CS yang siap sedia untuk merespon feedback pelanggan. Pelanggan yang mendapatkan feedback cepat akan memperoleh pengalaman yang baik dengan brand Anda.

6. Konsistensi adalah Kuncinya

Terus berinovasi, terus memberikan pesan pemasaran yang menarik, dan belajar untuk memahami pelanggan, inti dari semua ini adalah mengenai konsistensi. Semakin konsisten bisnis Anda dalam menjaga hubungan baik dengan pelanggan, maka semakin loyal pelanggan yang Anda miliki terhadap brand Anda.

7. Grup untuk Reseller

Membuat grup khusus untuk pihak reseller yang Anda miliki juga akan menjadi hal yang menarik untuk dilakukan, sebab di sini pesan pemasaran yang diberikan dapat berbeda dan penawarannya lebih menarik. Pengelolaan komunitas ini dapat dilakukan dengan optimal dengan penerapan konsep WhatsApp marketing yang cermat, terukur, dan berlandaskan data yang jelas.

8. Copy yang Efektif

Bagian pemasaran dari bisnis Anda wajib memahami karakter dari pelanggan atau pihak yang dihubungi, sehingga dapat merumuskan satu copy yang tepat dan efektif. Dengan pesan yang tepat sasaran, maka pemahaman dari pelanggan juga akan terus meningkat. Dengan begini aktivitas WhatsApp marketing dapat memberikan output yang optimal pula.

Baca Juga: Kenali 7 Perbedaan WhatsApp Bisnis dengan Akun WA Biasa 

Pemanfaatan berbagai fitur WhatsApp Bisnis untuk keperluan WhatsApp marketing memang akan sangat membantu tujuan pemasaran Anda. Jelas, Anda juga akan memerlukan proses verifikasi yang baik untuk pelanggan yang disasar ini, sehingga tujuan pemasaran bisa benar-benar tepat sasaran dan memberikan hasil optimal. Hal ini dapat terbantu dengan mudah menggunakan WhatsApp OTP and Notification, dari Verihubs.

WhatsApp OTP and Notification dari Verihubs

Dapat membantu melakukan konfirmasi dan verifikasi identitas user melalui kontak WhatsApp, produk ini dijamin akan sangat membantu proses pemasaran Anda. Dengan basis data yang solid, Anda akan memiliki strategi pemasaran yang baik sehingga tujuan WhatsApp marketing dapat terlaksana dengan optimal. Segera gunakan produk dari Verihubs, dan optimalkan fiturnya. Segera hubungi layanan pelanggan kami untuk informasi lebih lanjut.

Artikel Terbaru Kami

biometrik inklusif

Biometrik Inklusif: Memperkuat Keamanan Industri Keuangan

Mengenal Apa Itu CFT dalam Melawan Pendanaan Terorisme

modus penipuan terbaru

Waspada! 5 Modus Penipuan Terbaru Salah Satunya dari WA!