10 Manfaat & Peranan Kecerdasan Buatan dalam Pendidikan

peranan kecerdasan buatan dalam pendidikan

Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) mengalami perkembangan yang sangat pesat hingga saat ini. Bahkan, studi kasus AI dan manfaatnya sudah berkembang hingga ke bidang pendidikan. 

Ada banyak manfaat AI yang bisa dirasakan di dunia pendidikan, seperti sistem pembelajaran hingga absensi. Apa saja manfaat AI lainnya dalam dunia pendidikan? Seperti apa peranannya dalam dunia pendidikan hingga saat ini? Secara lengkap akan dibahas melalui artikel ini.

Manfaat dan Peranan Kecerdasan Buatan dalam Pendidikan

Berikut manfaat AI dalam dunia pendidikan berdasarkan pada studi kasus AI yang sudah dilakukan. 

1. Materi Pembelajaran Bisa Lebih Mudah Dipahami

Peran AI pertama yaitu bisa membantu siswa untuk memahami materi pembelajaran lebih mudah. Salah satu contohnya yaitu Presentation Translator atau Penerjemah Presentasi yang berguna untuk menjelaskan maupun memperlihatkan sebuah terjemahan teks dari satu bahasa ke bahasa lain, sesuai kebutuhan.

Keberadaan teknologi ini, tentunya akan sangat memudahkan siswa untuk mengerti bahan referensi digital tanpa harus membaca atau menerjemahkannya satu persatu. Apalagi untuk sekolah internasional, yang mana sebagian besar pembelajarannya menggunakan Bahasa Inggris. 

Tidak hanya itu, keberadaan AI seperti Chat GPT juga bisa memberikan penjelasan tentang konsep-konsep yang sulit, dengan bahasa yang mudah Anda mengerti. Sehingga, bisa memberikan pemahaman yang lebih baik untuk siswa tentang suatu materi pembelajaran yang belum mereka mengerti. 

2. Akses Informasi Lebih Mudah

Beberapa fitur AI juga bisa memberikan akses informasi yang lebih mudah untuk siswa. Contohnya, Voice Assistant yang bisa mempercepat proses pencarian materi-materi tambahan, yaitu hanya dengan mengucapkan materi yang ingin Anda cari, kemudian dengan cepat teknologi ini akan memunculkan materi tersebut.  

Tidak hanya itu, ada juga Smart Content yang memberikan informasi bahan bacaan buku-buku yang baru dirilis dan informasi tambahan lainnya yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran. Selain itu, semua sistem ini juga bisa diakses kapanpun dan dimanapun, sehingga tidak akan membatasi akses siswa untuk belajar.

3. Model Pembelajaran Bisa Lebih Efektif

Manfaat AI selanjutnya yaitu bisa membantu proses pembelajaran guru menjadi lebih efektif, terutama dalam proses pemberian soal dan kuis. Contohnya dengan memanfaatkan chat GPT, guru bisa membuat soal dengan berbagai tingkat kesulitan sesuai dengan kemampuan siswa. 

Selain itu, teknologi ini juga bisa membantu Anda dalam menyusun materi pembelajaran yang menarik dan interaktif, sesuai dengan kebutuhan pembelajaran. Bahkan, AI bisa membantu merancang rencana pembelajaran yang terperinci, seperti jangka waktu pembelajaran, materi, hingga metode pembelajaran yang tepat. 

Baca Juga: 9 Aplikasi AI Terbaik untuk Tingkatkan Produktivitas Bisnis

4. Memungkinkan Personalisasi Pembelajaran yang Lebih Baik

Studi kasus AI menunjukkan bahwa kecerdasan buatan memungkinkan personalisasi pembelajaran yang lebih baik. Contohnya Asisten Virtual bisa menyokong kebutuhan pembelajaran, mulai dari memberikan informasi terkait materi yang belum dipahami hingga evaluasi tingkat pemahaman setiap siswa. 

5. Koreksi dan Evaluasi Hasil Belajar Lebih Mudah

Demi melakukan koreksi dan evaluasi hasil belajar, guru bisa memanfaatkan AI. Contohnya, fitur auto correct bisa membantu dalam mengoreksi tata bahasa, ejaan hingga tanda baca pada suatu karya tulis. 

Bahkan, ada fitur evaluasi otomatis terhadap tugas-tugas yang dikerjakan, sehingga membuat proses evaluasi guru lebih cepat dan akurat. Tidak hanya itu, AI juga bisa memberikan saran metode pembelajaran terbaik berdasarkan informasi hasil belajar siswa. 

6. Menciptakan Pendidikan yang Lebih Seru dan Interaktif

Peranan kecerdasan buatan dalam pendidikan selanjutnya yaitu bisa menciptakan pendidikan yang lebih interaktif dan menyenangkan. Ini karena AI bisa Anda gunakan dalam membuat game-based learning untuk menciptakan kegiatan pembelajaran yang mengasyikkan dan interaktif dengan siswa didik.

7. Pendidikan Jarak Jauh yang Lebih Efisien

Manfaat AI yang paling besar dirasakan adalah bisa membantu pendidikan jarak jauh menjadi lebih efisien. Teknologi ini bisa membuat sistem yang mampu memberikan instruksi, umpan balik, hingga pengujian jarak jauh yang sesuai dengan kebutuhan.

Hal menarik dari sistem ini yaitu adanya sistem peringatan otomatis. Maksudnya, sistem ini akan memberikan peringatan untuk para siswa secara otomatis, jika terlambat mengirim tugas atau tidak mengikuti kelas dengan serius. Menarik bukan?

8. Menciptakan Kurikulum Pembelajaran yang Lebih Up to Date

Studi kasus AI menunjukkan bahwa teknologi ini memungkinkan guru untuk memberikan pembelajaran yang lebih up to date untuk siswa. Ini karena sistem AI yang serba online, jadi bisa menjangkau banyak area, terutama terkait informasi kurikulum pembelajaran luar negeri. 

Ini tentunya akan membantu lembaga pendidikan untuk melakukan update terhadap kurikulum yang ada, sehingga kualitas pendidikan akan terus meningkat. Selain itu, AI sendiri juga sudah memfasilitasi pendidikan global melalui platform pembelajaran online yang bisa siswa gunakan untuk akses pembelajaran berskala internasional. 

9. Merangsang Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreatif

Keberadaan AI juga bisa merangsang pengembangan keterampilan siswa untuk bisa berpikir lebih kritis dan kreatif. Hal ini melalui desain tugas-tugas sulit yang diberikan, informasi, dan pengalaman pembelajaran mendalam yang diberikan. 

Selain itu, siswa dengan pemikiran yang kreatif dan kritis akan sangat membantu mereka dalam menghadapi tuntutan perkuliahan dan dunia kerja nantinya. Jadi pada akhirnya, AI membantu siswa untuk meraih masa depan yang lebih baik. 

Baca Juga: 10 Contoh Kecerdasan Buatan (AI) Dalam Kehidupan Sehari-hari

10. Memudahkan dalam Proses Absensi

Terakhir, AI bisa memudahkan proses absensi dalam dunia pendidikan, baik itu untuk guru maupun untuk siswa. Ini karena adanya Face Recognition yang bisa dimanfaatkan untuk mencatat kehadiran melalui pengenalan wajah setiap siswa atau guru yang hadir. 

Bahkan, sistem dari Verihubs ini, tidak hanya mampu memindai wajah untuk kehadiran, tetapi juga bisa mengenali enam aktivitas, seperti membaca, menulis, mengangkat tangan, berdiri, mendengarkan guru, hingga berbaring di meja. Jadi, tidak akan ada lagi kasus siswa yang tertidur atau pun kabur saat kelas. 

Tidak hanya itu, saat ini juga ada sistem Liveness Detection, yang mana bisa mencegah manipulasi dan kecurangan sistem saat proses absensi, seperti menggunakan foto saat proses mengisi kehadiran bisa Anda cegah. Pada akhirnya, ini akan meningkatkan kedisiplinan dan kesuksesan pembelajaran siswa.

Sudah Tahu Manfaat dan Peran AI dalam Bidang Pendidikan?

Studi kasus AI telah menunjukkan bahwa kecerdasan memiliki banyak manfaat untuk pendidikan. Namun kecanggihan teknologi saat ini, tidak bisa memungkiri adanya tindakan kejahatan dan kecurangan. Oleh karena itulah, Anda perlu menggunakan sistem AI, terutama Face Recognition dan Liveness Detection terbaik

Verihubs merupakan penyedia teknologi verifikasi biometrik dengan tingkat akurasi hingga 99,9%. Bahkan, sistem Face Recognition nya bisa mendeteksi gambar dengan kualitas rendah dan sudah bersinergi dengan Liveness Detection. Jadi, tidak akan ada lagi istilah kecurangan dalam kegiatan absensi kehadiran. 

Dengan proses pendaftaran yang mudah dan pemasangan yang cepat, Verihubs adalah pilihan terbaik untuk pemasangan teknologi verifikasi biometrik di sekolah Anda.

SOURCE:

  • https://www.digitaleurope.org/news/case-studies-on-artificial-intelligence/
  • https://ppg.kemdikbud.go.id/news/peranan-kecerdasan-buatan-artificial-intelligence-dalam-pendidikan
  • https://uici.ac.id/manfaat-ai-dalam-dunia-pendidikan/
  • https://surakarta.go.id/?p=30307
  • https://sttkd.ac.id/berita/peranan-artificial-intelligence-di-dunia-pendidikan/
  • https://jurnal.politeknikpajajaran.ac.id/index.php/tekomin/article/view/163
  • https://ejournal.unama.ac.id/index.php/jakakom/article/view/63
  • https://www.genzone.id/sekolah-ini-pantau-muridnya-pakai-teknologi-face-recognition-gunanya

Artikel Terbaru Kami

biometrik inklusif

Biometrik Inklusif: Memperkuat Keamanan Industri Keuangan

Mengenal Apa Itu CFT dalam Melawan Pendanaan Terorisme

modus penipuan terbaru

Waspada! 5 Modus Penipuan Terbaru Salah Satunya dari WA!