Pilih Sistem Verifikasi yang Memenuhi NIST Standard!

NIST standard

Kenapa suatu standar itu penting, termasuk untuk urusan verifikasi yang perlu memenuhi NIST Standard? Nyatanya, standar yang ada dalam sains dan teknologi berdampak sangat besar pada kehidupan manusia. Standar teknis membuat Anda menjadi tetap aman, memungkinkan kemajuan teknologi, dan membantu kesuksesan bisnis. Standar itu diam-diam membuat dunia modern bergerak dan mencegah masalah teknologi yang mungkin tidak Anda sadari bisa terjadi.

NIST atau yang juga dikenal dengan sebutan Institut Standar dan Teknologi Nasional telah mengabdikan diri secara mendalam untuk upaya di bidang ini selama lebih dari 120 tahun. NIST telah membawa peningkatan pada kehidupan sehari-hari yang mungkin Anda anggap remeh, dan memecahkan masalah yang telah meningkatkan segalanya mulai dari manufaktur hingga keselamatan publik.

Selain itu, NIST juga telah melihat ke masa depan untuk mencegah bencana teknologi. Sebagai contoh, semua informasi pribadi dan keuangan di internet menghadapi ancaman besar untuk diekspos oleh versi masa depan yang disebut komputer kuantum. Komputer yang begitu kuat bisa merusak skema enkripsi saat ini yang digunakan untuk melindungi segalanya, mulai dari perbankan online hingga akun email.

Untungnya, dengan cara bagaimanapun, penelitian dasar selama beberapa dekade oleh matematikawan telah menghasilkan bentuk enkripsi yang bahkan komputer kuantum akan kesulitan memecahkannya. Dengan menggunakan fungsi matematika “tahan-kuantum” ini, NIST telah bekerja sama dengan komunitas akademik dan industri untuk mengembangkan standar “kriptografi pasca-kuantum”.

Apa itu NIST?

NIST standard
Sumber: Freepik

NIST adalah organisasi non-peraturan untuk memajukan adopsi teknologi dan meningkatkan standar untuk perusahaan Amerika. Dengan munculnya ancaman jaringan dan keamanan siber, NIST telah mengambil peran yang lebih signifikan dalam menguraikan standar dan praktik terbaik untuk diikuti oleh organisasi.

Pernahkah Anda mendengar istilah NIST FRVT sebelumnya? 

FRVT yang merupakan singkatan dari Face Recognition Vendor Test adalah sebuah program uji pengukuran kinerja teknologi pengenalan wajah yang dijadikan sebagai tolok ukur kecanggihan teknologi pengenalan wajah berdasarkan pemrograman algoritma yang dimiliki. Teknologi ini bisa diterapkan pada lembaga sipil, jasa keuangan, hingga penegakan hukum. Program uji pengukuran ini juga mengukur akurasi, kecepatan, ketangguhan, pemakaian CPU dan memory, serta berbagai faktor lainnya. 

NIST FRVT didirikan pada tahun 2000 lalu untuk memberikan suatu evaluasi independen terhadap prototipe dan juga algoritma pengenalan wajah yang tersedia secara komersial. Evaluasi ini kemudian akan memberikan informasi kepada pemerintah Amerika Serikat untuk membantu proses penentuan di mana dan bagaimana teknologi pengenalan wajah bisa digunakan dengan semaksimal mungkin. Lalu, hasil dari FRVT juga bisa membantu mengidentifikasi arah penelitian di masa yang akan datang untuk komunitas pengenalan wajah.

Baca juga: Meraih Sertifikat NIST FRVT 1:1, Verihubs Semakin Handal

Pilih Sistem Verifikasi yang Tersertifikasi NIST!

NIST standard
Sumber: Freepik

Jika bisnis atau perusahaan Anda membutuhkan sistem verifikasi, tentunya NIST Standard ini penting untuk diperhatikan. Kabar baiknya, beberapa produk Verihubs telah berhasil meraih sertifikasi NIST FRVT. Simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

1. Face Identification Tersertifikasi NIST FRVT 1:N

Mengingat proses biometrik merupakan hal yang lazim di era digitalisasi seperti saat ini, jadi penyedia jasa biometrik harus teruji, termasuk melalui proses sertifikasi NIST FRVT 1:N. Kabar baiknya, Verihubs telah berhasil  lolos sertifikasi NIST pada kategori FRVT 1:N (one-to-many) untuk produk Face Identification, bahkan menempati posisi nomor 1 di Indonesia.

Perlu diketahui, kategori FRVT 1:N merupakan sebuah pengujian pada teknologi biometrik yang lebih kompleks di mana teknologi face recognition akan membandingkan satu foto dengan puluhan jutaan foto sekaligus. Berdasarkan peringkat NIST, teknologi Verihubs termasuk dalam kategori yang tercepat dan berhasil memperoleh peringkat pertama pada kategori ini setelah memenuhi kriteria yang ditentukan oleh NIST. Itu artinya, sistem yang dikembangkan oleh Verihubs mampu memverifikasi satu wajah dengan jutaan wajah dalam database hanya dalam hitungan milidetik saja.

Setiap teknologi yang berhasil meraih sertifikasi pada kategori ini, berarti telah melalui pengujian secara kompleks dalam memprediksi kegagalan pengenalan gambar. Diketahui, NIST telah mengevaluasi sebanyak 33 algoritma verifikasi wajah yang akurat, pada ambang batas False Non-Match Rate (FNMR) di bawah 1 persen.

2. Face Verification Tersertifikasi NIST FRVT 1:1

Kemudian, Verihubs juga telah berhasil meraih sertifikat untuk NIST FRVT 1:1 untuk produk Face Verification-nya. Face Verification dari Verihubs sendiri telah digunakan di berbagai layanan dan produk, baik secara digital maupun konvensional, untuk mendukung verifikasi user menggunakan data dari wajah yang telah dimasukkan sebelumnya.

Untuk kategori FRVT 1:1 ini, pengujian dilakukan pada teknologi biometrik yang menjadi peserta, untuk mengetahui seberapa jauh sebuah teknologi face verification dapat diandalkan. Karena sifatnya 1:1, maka itu artinya pengujian dilakukan pada seberapa akurat verifikasi yang dilakukan pada wajah. Kemudian hasilnya, sistem Verihubs memperoleh nilai tinggi pada pengujian ini, dan termasuk satu dari beberapa sistem tercepat yang diuji oleh NIST. Perbandingan data yang dilakukan sangat cepat serta memiliki akurasi yang tinggi.

NIST sendiri memberikan penilaian pada kecepatan pencocokan, kemampuan identifikasi pada data masukan yang diberikan oleh sistem yang berperan sebagai user, serta akurasi pencocokan data masukan dengan data yang ada di dalam database.

Baca juga: Face Identification Verihubs Berhasil Raih Sertifikat NIST FRVT 1:N

Verihubs Akan Jadi Partner Terbaik Bisnis Anda!

Verihubs siap untuk menjawab permintaan pasar, terutama bagi bisnis atau perusahaan penyedia layanan jasa keuangan dan perusahaan berbasis teknologi dalam mewujudkan keamanan serta kenyamanan dalam bertransaksi di dunia digital.

Berbagai solusi yang ditawarkan oleh Verihubs, di antaranya adalah sistem KYC (Know Your Customer) dan KYB (Know Your Business). Solusi ini bisa diandalkan untuk memeriksa dan memvalidasi pelanggan prospektif. Selain itu, Verihubs juga menjadi penyedia infrastruktur back-end yang lengkap untuk membuat produk fintech menjadi lebih aman dan terkontrol.

Bersama dengan Verihubs, pengalaman pelanggan akan menjadi lebih lancar, operasional semakin efisien, dan keamanan data akan selalu terjaga karena berbasis teknologi.

Artikel Terbaru Kami

biometrik inklusif

Biometrik Inklusif: Memperkuat Keamanan Industri Keuangan

Mengenal Apa Itu CFT dalam Melawan Pendanaan Terorisme

modus penipuan terbaru

Waspada! 5 Modus Penipuan Terbaru Salah Satunya dari WA!