4 Tips Memilih OCR Software yang Andal dan Berkualitas

ocr software

Untuk membantu konversi citra gambar menjadi citra teks, kini banyak perusahaan memanfaatkan teknologi OCR software. Perangkat lunak ini dapat membantu meningkatkan efisiensi konversi data, sehingga dapat dioptimalkan untuk membantu input identitas pada formulir yang dibutuhkan.

Karena kebutuhan yang besar akan perangkat lunak ini, maka tak heran jika bermunculan perusahaan yang berusaha memenuhi permintaan pasar dengan produk yang dimilikinya. Sebagai pengguna produk atau layanan OCR software, Anda wajib cermat dalam memilih produk yang tepat.

Beberapa tips bisa Anda lihat di sini, agar tidak salah dalam memilih produk perangkat OCR yang tepat. Selengkapnya, dalam penjelasan di poin berikut ini.

Baca Juga: Memahami Apa Itu OCR dan Bagaimana Cara Kerjanya

4 Tips Memilih Software dan Perangkat OCR

ocr software
Sumber: freepik.com

Memilih produk OCR software yang tepat dapat membantu Anda dalam mengoptimalkan proses bisnis. Sebaliknya, ketika pemilihan produk tidak dilakukan dengan cermat, akan banyak masalah yang mungkin muncul terkait proses sederhana yang seharusnya terjadi.

Beberapa tips yang dapat Anda gunakan adalah sebagai berikut.

1. Gunakan Produk yang Didukung AI

Penting untuk memastikan agar produk OCR yang Anda gunakan telah didukung dengan teknologi AI. Dengan demikian, proses dalam sistem OCR yang digunakan benar-benar akan optimal dan efisien dari segi waktu.

Proses deteksi, identifikasi, dan ekstraksi dari citra yang dipindai akan menjadi lebih cepat, terjaga akurasinya, dan semakin berkualitas. Tanpa adanya dukungan AI, setiap proses konversi ini akan berjalan lebih lambat, dan membuang waktu berharga yang dimiliki pelanggan Anda.

Lagipula di era serba modern seperti sekarang ini, apakah mungkin Anda masih memilih produk teknologi yang tidak didukung dengan AI berlisensi jelas?

2. Sistem OCR yang Canggih dan Mutakhir

OCR yang canggih dan mutakhir selalu dikembangkan dari waktu ke waktu, dan dapat diperbarui sistemnya sesuai dengan perkembangan jaman. Jadi dengan memilih produk dan layanan yang tepat, akan menjadi investasi jangka panjang yang baik untuk sistem Anda.

Sistem yang solid dapat menjamin akurasi pemindaian dan output dari pembacaan teks yang ada di dalam sebuah citra gambar.

3. Dapat Menyusun Data yang Didapatkan

Pastikan juga untuk Anda memilih produk OCR software yang memiliki kemampuan menyusun data menjadi terstruktur. Data yang diekstrak dari sebuah dokumen dan sudah terstruktur akan lebih mudah diolah oleh sistem, dan dimaksimalkan untuk tujuan yang jelas.

Proses onboarding dan verifikasi yang berjalan juga akan terlaksana dengan lebih baik, yang berarti nilai plus untuk kenyamanan bagi pelanggan yang Anda miliki. Jelas Anda tidak ingin pelanggan menunggu lama untuk proses yang ‘sederhana’ ini bukan?

4. Dapat Mengoptimalkan Proses Deteksi

Produk yang berkualitas adalah produk OCR yang mampu mengoptimalkan proses deteksi, sehingga data yang didapatkan benar-benar aktual. Misalnya, sistem mampu mendeteksi blur, silau, atau input citra yang terlalu gelap.

Dengan fitur ini, sistem dapat memberikan notifikasi pada pelanggan untuk melakukan pengambilan gambar atau citra ulang sehingga dapat memenuhi kondisi ideal yang dibutuhkan oleh sistem. Anda juga dapat menyematkan instruksi sederhana pengambilan data yang ideal untuk membantu input data pelanggan.

Berbekal empat kriteria tadi, Anda sudah dapat menyaring kira-kira produk OCR software mana yang masuk dalam kategori terbaik tersebut bukan?

Verihubs, Hadir dengan Produk OCR Andal untuk Bisnis Anda

ocr software
Sumber: freepik.com

Memahami kebutuhan pasar akan produk OCR software yang andal, Verihubs kemudian menawarkan produk yang dapat memenuhi apa yang diharapkan oleh banyak perusahaan. Didukung dengan AI, penyusunan data, hingga kemampuan deteksi kualitas citra yang di-input, semua ada di produk milik Verihubs ini.

  • Algoritma yang digunakan berbasis AI sehingga dapat digunakan utnuk mengekstrak data KTP, melakukan otomatisasi input data, hingga pengambilan foto identitas untuk proses pemeriksaan data milik user.
  • OCR dari Verihubs juga dapat mengorganisasi dan menyusun data menjadi lebih terstruktur. Data seperti ini akan lebih mudah ‘dicerna’ oleh sistem yang Anda miliki, sehingga memudahkan proses onboarding pelanggan atau proses verifikasi yang diperlukan.
  • Produk yang disediakan Verihubs ini juga memiliki kemampuan untuk mendeteksi adanya citra yang blur, cahaya terlalu intens, atau input citra yang terlalu gelap. Anda bisa dengan mudah menambahkan instruksi sederhana untuk arahan pada user sehingga pengambilan citra yang dilakukan untuk ekstraksi data ini dapat berjalan dengan lebih lancar.

Terbukti sangat andal bukan?

Baca Juga: 4 Manfaat Penggunaan Teknologi OCR untuk Cek Data KTP 

Secara mendasar, produk OCR software yang ditawarkan Verihubs akan memenuhi kebutuhan banyak perusahaan dalam berbagai aspek. Tidak hanya dapat dioptimalkan untuk proses verifikasi saja, namun Anda juga dapat menerapkannya untuk hal lain yang Anda perlukan.

OCR software dari Verihubs mampu menjawab kebutuhan pasar secara tepat, akurat, dan andal. Prosesnya berjalan dengan cepat dan tanpa perlu menunggu waktu lama, dan data yang dihasilkan dapat secara otomatis diisikan ke dalam formulir yang diperlukan. Segera hubungi layanan pelanggan yang tersedia, dan pastikan Anda mendapat semua informasi detail dari produk Verihubs sekarang juga!

Artikel Terbaru Kami

watchlist screening

Watchlist Screening: Solusi Identifikasi Pelanggan Anda!

income check

Income Check: Verifikasi Data & Gaji Secara Akurat!

bisnis pencucian uang

Hindari! Contoh Bisnis Pencucian Uang dengan Risiko Besar