4 Manfaat Online Identity Verification, Simak di Sini!

Online identity verification

Digitalisasi telah merambah hampir ke setiap elemen kehidupan umat manusia. Proses administrasi konvensional yang dahulu dilakukan, kini beralih menjadi proses digital dan online, dalam rangka memudahkan pengguna layanan dan meningkatkan efisiensi waktu yang digunakan. Online identity verification menjadi salah satu metode paling banyak digunakan untuk urusan ini.

Jika dilihat dari pengertian sederhananya, online identity verification merupakan sebuah proses verifikasi identitas yang dilakukan secara online, dengan menggunakan bantuan perangkat keras dan perangkat lunak yang terhubung dengan sistem. Nantinya proses ini akan membutuhkan informasi dari user, berupa KTP, Surat Izin Mengemudi, paspor, atau identitas valid dan kredensial lain yang dimiliki oleh user guna dipastikan kebenarannya.

Dengan proses ini, identitas dari user dapat dipastikan kebenarannya, sehingga transaksi atau permintaan akses dapat diberikan secara akurat.

Baca Juga: Kenali Teknik Identity Theft dan Cegah dengan 12 Cara Ini!

Mengenal Manfaat dari Online Identity Verification

Online identity verification

Sumber: freepik.com

Regulasi yang ketat pada urusan know your customer dalam berbagai industri digital mendorong penggunaan teknologi ini semakin cepat. Selain itu, pemanfaatan teknologi dan proses online identity verification sendiri juga mengacu pada empat manfaat utama yang ditawarkannya.

1. Pertama, Mengurangi Risiko

Dengan verifikasi ini, risiko pada terjadinya cybercrime akan dapat ditekan. Hal yang sama juga berlaku pada kejahatan keuangan seperti pencucian uang, terrorist financing, hingga bahkan pencurian identitas.

Verifikasi yang akurat pada identitas milik user atau pemilik akun dapat benar-benar menekan risiko tersebut hingga titik minimal, yang dapat melindungi keamanan akun sekaligus meningkatkan kredibilitas perusahaan yang Anda miliki.

2. Kedua, Perihal Kepatuhan

Menyongsong regulasi global yang diprediksi akan menjadikan metode verifikasi identitas secara online pada konteks KYC di berbagai layanan digital, maka sudah sewajarnya jika perusahaan Anda turut menggunakan sistem ini.

Hal ini dapat berdampak baik pada citra bisnis di kalangan industri, sebagai sebuah perusahaan modern yang adaptif dan siap dengan perkembangan jaman.

3. Ketiga, Meningkatkan rasa Percaya dari Pelanggan

Dengan proteksi yang sangat ketat pada akses masuk akun, maka secara langsung perusahaan menunjukkan kemampuannya menjaga kepercayaan dari pelanggan atas data yang telah diberikan. Dengan demikian hubungan antara perusahaan dan pelanggan jelas akan semakin harmonis.

Loyalitas pelanggan dapat terbangun dengan dukungan proteksi yang ketat pada akses yang diberikan pada akunnya.

4. Keempat, Proses Onboarding yang Seamless

Proses onboarding yang dilakukan pada sistem untuk pelanggan atau user baru dapat berjalan dengan lebih cepat, efisien, tanpa urusan administrasi fisik atau konvensional yang menggunakan kertas, dan praktis.

Semua proses onboarding dapat dilakukan secara digital dan online hanya dengan mengambil swafoto bersama dengan kartu identitas yang digunakan. Sisanya, sistem akan memproses dan melakukan verifikasi dengan cepat.

Sektor Industri Apa yang Membutuhkannya?\

Online identity verification

Sumber: freepik.com

Sejatinya setiap industri digital yang ada di era kekinian ini memiliki urgensi untuk menggunakan model online identity verification, sebab proses yang dijalankan jelas akan semakin praktis. Dengan demikian, pelanggan, user, atau nasabah layanan dapat beraktivitas dengan lebih nyaman.

Beberapa sektor industri yang paling relevan dalam pengaplikasian sistem ini antara lain adalah sebagai berikut.

  • Industri perbankan
  • Industri financial technology
  • Industri yang berkaitan dengan urusan kripto
  • Industri asuransi
  • Industri telehealth
  • Industri real estate
  • Industri media sosial
  • P2P lending
  • Crowdfunding
  • E-gaming
  • industri trading Forex
  • Industri e-learning
  • Dan lain sebagainya

Secara mendasar, setiap industri yang berkaitan dengan data pribadi milik penggunanya memerlukan sistem online identity verification yang solid, sehingga verifikasi yang dilakukan semakin akurat. Dengan demikian, proteksi akun terjamin, dan user akan nyaman dalam melakukan aktivitasnya.

Penggunaannya secara RIil

Online identity verification

Sumber: freepik.com

Beberapa contoh dapat dijelaskan terkait penggunaan teknologi online identity verification secara riil.

Pertama, pada industri asuransi. Urusan verifikasi identitas online dapat berguna untuk memastikan bahwa nasabah baru yang menggunakan produk asuransi adalah nasabah yang riil dan memiliki kredensial jelas di database. Lebih lanjut, terkait klaim dan urusan lainnya, verifikasi juga diperlukan agar semua urusan terkait akun milik nasabah tidak jatuh ke tangan yang salah atau disalahgunakan pihak tidak bertanggungjawab.

Kedua, terkait urusan crowdfunding. Penyelenggara platform untuk crowdfunding idealnya menggunakan sistem ini untuk memastikan pemilik akun yang akan menggalang dana benar-benar manusia riil dan bukan sekedar akun bot. Hal ini karena industri ini melibatkan jumlah uang yang tidak kecil dan dari berbagai pihak, yang diberikan dengan tujuan yang tertulis jelas pada platform Anda. Verifikasi identitas akan memudahkan urusan pertanggungjawaban di akhir periode crowdfunding, dan validitas penggunaan dana yang telah terkumpul.

Baca Juga:  Prosedur e-KYC Identity Verification pada Digital Onboarding

Masih banyak contoh penerapan online identity verification yang sebenarnya ada di dunia nyata, seperti industri perbankan dan pinjaman dana online.

Yang pasti, penyelenggaraan ragam industri ini perlu didukung dengan sistem yang solid dalam rangka verifikasi identitas milik penggunanya. Anda tak lagi perlu mencari untuk sistem dan produk tersebut, sebab Identity Verification dari Verihubs siap Anda gunakan dan integrasikan pada bisnis Anda.

Identity Verification dari Verihubs

Solid, akurat, dan dibantu dengan teknologi AI, menjadikan produk Identity Verification dari Verihubs menjadi opsi yang tepat untuk urusan online identity verification. Produk dari Verihubs sendiri kemudian dapat dijalankan menggunakan dua fitur berbeda, yakni OCR for ID Card dan ID Check.

  • OCR for ID Card sendiri memudahkan user dalam memasukkan informasi tentang identitas diri yang ada di kartu identitasnya, dengan pemindaian cepat secara mandiri.
  • ID Check, di sisi lain, dapat menghindari penyalahgunaan identitas dengan melakukan validasi data dari kartu identitas dengan wajah dari user menggunakan langkah swafoto bersama dengan kartu identitas.

Optimasi teknologi online identity verification di berbagai sektor dapat dijalankan dengan maksimal bersama dengan Verihubs. Hubungi layanan pelanggan kami sekarang juga, dan dapatkan informasi lengkap produk handal ini untuk perusahaan Anda!

Artikel Terbaru Kami

biometrik inklusif

Biometrik Inklusif: Memperkuat Keamanan Industri Keuangan

Mengenal Apa Itu CFT dalam Melawan Pendanaan Terorisme

modus penipuan terbaru

Waspada! 5 Modus Penipuan Terbaru Salah Satunya dari WA!