Pemasaran Digital (Digital Marketing): Strategi dan Jenisnya

pemasaran digital

Digital marketing atau pemasaran digital adalah satu metode pemasaran andalan banyak bisnis masa kini. Sebab, faktanya platform digital memang lebih menjanjikan untuk aktivitas marketing. Dari segi interaksi misalnya, pemasaran online terbukti mampu menghasilkan interaksi 50% lebih tinggi daripada pemasaran tradisional.

Selain lebih efektif, pemasaran secara online juga lebih mudah, murah, dan cepat. Walaupun metode tradisional juga masih berlaku sampai sekarang, namun transisi ke dunia digital adalah suatu keharusan. Artikel ini akan menjelaskan definisi pemasaran digital, tujuan, kelebihan, dan jenis channel terbaik.

Apa Itu Pemasaran Digital?

Pemasaran digital (bahasa Inggris digital marketing) adalah penggunaan berbagai saluran dan platform digital untuk mempromosikan produk atau layanan bisnis. Di dalamnya mencakup berbagai media, seperti website, sosial media, email, dan iklan online.

Tujuan utama melakukan aktivitas ini adalah guna meningkatkan visibilitas merek, menjangkau target audiens, dan meningkatkan konversi dengan lebih maksimal. Selain itu, metode ini juga paling efektif untuk aktivitas branding jangka panjang.

Beberapa kelebihan pemasaran digital jika dibandingkan dengan pemasaran tradisional yaitu:

  • Informasi pemasaran lebih cepat tersampaikan.
  • Kinerja pemasaran lebih terukur dan evaluatif.
  • Mudah dipersonalisasi
  • Hemat biaya

Penerapannya memanfaatkan teknologi digital untuk menciptakan pengalaman pemasaran yang lebih interaktif dan terukur. Dengan menggunakan data dan analisis, Anda bisa mengoptimalkan strategi pemasaran secara terus-menerus untuk mencapai hasil yang lebih baik.

Pentingnya Pemasaran Digital di Berbagai Industri

Tren pemasaran online telah merambah ke berbagai industri, dan menjadi salah satu komponen vital dalam pemasaran. Contoh pentingnya digital marketing di beberapa bidang industri ialah:

  1. Finansial
    • Meningkatkan jangkauan pasar.
    • Pengukuran kinerja yang akurat.
    • Menargetkan calon pengguna yang sesuai dengan produk finansial yang ditawarkan.
  2. Manufaktur
    • Visibilitas global tanpa batasan geografi.
    • Mengumpulkan data pasar untuk memantau tren dan perilaku konsumen.
  3. Bangunan Kantor
    • Meningkatkan penjualan dan penyewaan.
    • Memperkuat reputasi merek.
  4. Rumah Sakit
    • Menjangkau konsumen dengan informasi dan tips kesehatan.
    • Meningkatkan kepercayaan masyarakat.
  5. Hotel / Motel
    • Meningkatkan okupansi dengan promosi, penawaran khusus, dan ulasan pelanggan.
    • Membangun loyalitas pelanggan dengan menjalin interaksi di sosial media.
  6. Sekolah / Universitas
    • Menarik calon siswa dengan mempromosikan program akademik, prestasi, ekstrakurikuler, fasilitas, dan lain sebagainya.
    • Meningkatkan pengalaman belajar siswa melalui portal informasi dan pembelajaran berbasis digital.
  7. Asuransi
    • Memperluas pangsa pasar melalui iklan online dan konten informatif.
    • Memperkuat hubungan dengan pelanggan melalui interaksi dan konten yang dipersonalisasi.
  8. Fasilitas Publik
    • Meningkatkan partisipasi masyarakat dengan memperkenalkan dan mempopulerkan fasilitas publik di ranah digital.
    • Memperkuat keterlibatan masyarakat melalui interaksi, feedback, dan partisipasi masyarakat dalam kegiatan-kegiatan publik.
  9. Event Organizer
    • Meningkatkan okupansi dengan mempromosikan acara melalui iklan dan sosial media.
    • Mendorong partisipasi masyarakat ke dalam event dengan berbagai kampanye online.
  10. e-Commerce
    • Meningkatkan penjualan dengan menjangkau target pembeli yang relevan dan potensial.
    • Meningkatkan pengalaman pelanggan dengan informasi, interaksi, dan pelayanan cepat melalui platform online.

Selain sepuluh industri di atas, industri-industri lain pun tak luput dari jangkauan digital marketing. Masih banyak manfaat-manfaat lain yang bisa Anda dapatkan dari pemasaran online, yang mungkin bervariasi tergantung pada jenis usaha Anda.

Baca Juga: Brand Awareness: Tujuan, Contoh, & Cara Meningkatkannya

Jenis Pemasaran Digital

Seperti pada penjelasan sebelumnya, pemasaran online memanfaatkan berbagai platform digital yang mana cara kerja dan fungsinya berbeda-beda. Jika Anda berencana untuk terjun ke pemasaran online, maka Anda wajib mengetahui jenis-jenisnya. Berikut ini beberapa jenis pemasaran digital yang paling populer!

1. Search Engine Optimization (SEO)

Search Engine Optimization (SEO) adalah teknik meningkatkan visibilitas website dalam hasil pencarian Google, Bing, dan search engine lain. SEO melibatkan pengoptimalan konten, struktur web, dan backlink agar website selalu muncul di hasil pencarian.

SEO juga melibatkan pengoptimalan faktor teknis seperti kecepatan website, keterbacaan, dan struktur URL. Dengan mengoptimalkan website untuk mesin pencari, ranking website Anda akan meningkat dan website mendapatkan lebih banyak pengunjung.

2. Search Engine Marketing (SEM)

Search Engine Marketing (SEM) adalah kampanye menggunakan iklan berbayar untuk meningkatkan visibilitas sebuah website di halaman hasil pencarian mesin pencari. Melalui platform seperti Google Ads, Anda bisa membuat iklan yang relevan dengan kata kunci tertentu.

Keuntungan Search Engine Marketing adalah adanya kontrol yang lebih besar atas penargetan dan anggaran iklan. Anda bisa menentukan target kata kunci, lokasi geografis, dan menyesuaikan penawaran Anda berdasarkan kinerja iklan.

3. Email Marketing

Tahukah Anda? Email marketing jadi jenis pemasaran digital yang paling efektif dalam membangun hubungan dengan pelanggan. Email marketing bisa Anda gunakan untuk memberi promosi, penawaran khusus, dan mengumumkan acara atau produk baru ke pelanggan.

Kelebihan utama email marketing adalah kemampuannya untuk menyampaikan pesan langsung ke inbox pelanggan. Melalui pengiriman email berkala yang berisi konten berkualitas dan relevan, Anda bisa mempertahankan keterlibatan dan membangun kepercayaan pelanggan.

4. Social Media Marketing (SMM)

Social Media Marketing (SMM) melibatkan platform sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter, TikTok, hingga LinkedIn untuk promosi dan berinteraksi dengan audiens. SMM memungkinkan Anda membagikan konten menarik dan membangun hubungan dengan pelanggan potensial.

Salah satu keuntungan utama sosial media marketing adalah kemampuannya untuk meningkatkan brand awareness dan memperluas jangkauan Anda secara organik. Dengan memanfaatkan fitur targeting, Anda juga bisa menjangkau audiens yang relevan berdasarkan demografi, minat, dan perilaku.

5. WhatsApp Bulk Messaging

Jenis pemasaran digital yang terakhir adalah WhatsApp Bulk Messaging. Strategi ini dilakukan dengan mengirimkan pesan massal ke target audiens melalui WhatsApp. Baik itu pesan promosi, penawaran khusus, dan informasi lainnya.

Salah satu keunggulan utama WhatsApp Bulk Messaging adalah tingkat keterlibatan yang tinggi. Biasanya target audiens hanya memerlukan waktu singkat untuk membuka pesan Anda, sehingga memperbesar peluang respons dan konversi.

Baca Juga: Layanan SMS Bulk Banyak Dipilih, Ternyata Ini 7 Benefit-nya

Tertarik untuk Menjalankan Pemasaran Digital?

Kesimpulannya, digital marketing atau pemasaran digital bersifat lebih efektif dan efisien daripada pemasaran tradisional. Baik itu dari segi efisiensi biaya, personalisasi konten, hingga efektivitas strategi, semuanya bisa Anda dapatkan dari pemasaran online.

Setiap jenis pemasaran digital seperti Search Engine Optimization (SEO), Search Engine Marketing (SEM), sosial media marketing, atau metode lainnya pasti memiliki spesifikasi, keunggulan, dan cara kerja yang berbeda. Sehingga, pastikanlah untuk memilih metode yang sesuai dengan tujuan Anda.

Khusus untuk WhatsApp Bulk Messaging, rekomendasi terbaik yang layak untuk Anda coba adalah Verihubs. Anda bisa memverifikasi pengguna, mengirimkan kode OTP SMS, menampilkan notifikasi, hingga memberi promosi melalui WhatsApp dari satu platform.

Tidak perlu lagi berpindah-pindah dari tool satu ke tool yang lain, Verihubs sudah menyediakan semua fasilitas pemasaran yang Anda butuhkan. Sejauh ini, Verihubs sudah dipercaya oleh perusahaan-perusahaan besar di Indonesia sebagai platform pemasaran yang bisa diandalkan.

Dengan fitur Deteksi Spam OTP, Verihubs membantu Anda untuk memastikan bahwa setiap kode OTP yang Anda kirimkan adalah valid. Teknik ini jauh lebih efektif daripada OTP SMS yang rawan error.

Tingkat keberhasilan Verihubs juga sangat tinggi, yaitu mencapai 99% Delivery Rate. Terlebih lagi dengan fitur Kustomisasi ID Pengirim untuk membuat pesan Anda lebih kredibel. Jadi, untuk pemasaran digital melalui WhatsApp, percayakan saja pada Verihubs!

Artikel Terbaru Kami

ikd digital

Apa Itu IKD Digital? Verifikasi Identitas dengan Mudah!

pemasaran digital

Pemasaran Digital (Digital Marketing): Strategi dan Jenisnya

absensi digital sekolah

Studi Kasus: 4 Peranan Absensi Digital Sekolah dan Contohnya