Layanan SMS Bulk Banyak Dipilih, Ternyata Ini 7 Benefit-nya

sms bulk

Tahukah Anda bahwa SMS Bulk saat ini masih menjadi pilihan strategis yang paling banyak digunakan oleh perusahaan dan terbukti memberikan hasil yang efektif? 

Sebelum mengetahui alasan mengapa layanan SMS Bulk ini banyak dipilih perusahaan, mari pahami pengertian sederhana mengenai SMS Bulk beserta jenis-jenisnya terlebih dahulu.

SMS Bulk adalah sebuah layanan berupa penyebaran pesan teks dalam jumlah besar yang akan dikirimkan kepada penerima dengan nomor telepon selular. Biasanya, layanan SMS massal ini dimanfaatkan oleh para perusahaan untuk keperluan pemasaran dan juga sebagai bentuk pengendalian penipuan.  

Saat ini, kebanyakan orang menilai bahwa kepopuleran SMS sudah kalah dengan aplikasi pengiriman pesan singkat lainnya. Namun tidak serta merta penggunaannya sudah tidak efektif lagi bagi bisnis. Nyatanya penggunaan SMS Bulk memiliki beberapa keuntungan tersendiri jika dibandingkan dengan strategi komunikasi yang lainnya. SMS massal ini dapat menjangkau konsumen atau pelanggan dengan berbagai macam tipe ponsel dan provider yang dimiliki. Hal ini tentunya menunjukkan bahwa kegunaannya tidak dibatasi oleh jarak, internet, dan hal-hal lainnya.

Mengingat di dalam setiap ponsel pasti memiliki fitur SMS di dalamnya, maka dijamin perusahaan dapat memastikan bahwa seluruh pelanggan dapat dijangkau, tidak hanya bergantung pada daerah yang memiliki jaringan internet yang dapat diandalkan saja.

Manfaat Menggunakan SMS Bulk untuk Strategi Marketing

sms bulk
Sumber: Freepik

Dari milyaran orang di seluruh dunia yang memiliki perangkat seluler, rata-rata dari mereka akan memeriksa ponsel mereka puluhan kali setiap hari. Hal ini jelas melatarbelakangi layanan SMS Bulk adalah cara yang tepat untuk berkomunikasi dengan pelanggan. 

Ada begitu banyak manfaat dari penggunaan layanan SMS Bulk sebagai strategi marketing atau pemasaran. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  1. Open rates dan click-through rates (CTR) paling tinggi: layanan SMS Bulk memiliki open rates dan CTR tertinggi di antara saluran komunikasi pemasaran lainnya seperti email dan media sosial.
  2. Komunikasi secara instan dan langsung: pesan teks akan dikirimkan dalam hitungan detik secara real-time secara langsung ke ponsel pengguna, tidak seperti saluran lain di mana Anda tidak dapat menargetkan pengguna secara khusus.
  3. Penerima SMS dapat merespons: pemasaran SMS Bulk juga memungkinkan bisnis tidak hanya mengirim pesan, akan tetapi pelanggan juga dapat merespons. Komunikasi dua arah ini sangat penting untuk membentuk hubungan jangka panjang antara pelanggan dengan bisnis.
  4. Personalisasi dan kustomisasi pesan: kemampuan untuk membuat pesan yang unik untuk setiap individu akan membuat pengguna merasa spesial karena komunikasi terjalin secara langsung.
  5. Otomatisasi pesan teks: penyedia SMS Bulk menawarkan penjawab otomatis atau auto-respons yang memicu respons tertentu setelah pengguna membalas. Hal ini akan menghemat waktu dan energi karena Anda dapat mengirimkan respons tindak lanjut dan pesan promosi untuk melibatkan audiens.
  6. Hemat biaya: pesan SMS jauh lebih murah dan lebih hemat biaya jika dibandingkan dengan bentuk komunikasi pemasaran tradisional lainnya seperti outdoor media dan TV. Bahkan seringkali layanan SMS Bulk dengan struktur bayar sesuai penggunaan dan diskon untuk pembelian dalam jumlah besar.
  7. Integrasi ke semua saluran: tentunya ini menawarkan kemampuan untuk menambah nilai pada kampanye dan saluran pemasaran lainnya, seperti mengirim teks tindak lanjut setelah email.

Baca juga: SMS Spam, Bagaimana Cara Mencegah dan Melaporkannya?

Andalkan SMS OTP dari Verihubs untuk Bisnis Anda

sms bulk
Sumber: Freepik

Berdasarkan uraian di atas mengenai apa itu SMS Bulk hingga sederet benefit-nya, jelas bahwa bisnis Anda harus memanfaatkan kekuatan komunikasi melalui SMS Bulk ini untuk menjangkau lebih banyak pelanggan di mana pun. 

Untuk urusan yang satu ini, Verihubs menawarkan solusi verifikasi terbaik untuk bisnis Anda, yaitu Phone Number Verification yang memiliki fitur SMS Global OTP. Dengan layanan ini pula, Anda dapat melakukan verifikasi nomor telepon pengguna dengan praktis dan secara real-time.

SMS Global OTP dari Verihubs memungkinkan Anda bisa verifikasi nomor telepon pengguna secara global melalui pengiriman SMS yang andal. Andalkan fitur SMS OTP Verihubs yang simple ini untuk proses verifikasi hingga berbagai keperluan promosi bisnis Anda. Dijamin, kirim pesan ke semua pelanggan bisa dilakukan dengan tarif API terbaik untuk pengiriman OTP, notifikasi, ataupun pesan promosi.

Baca juga: Kenapa Kode OTP Tidak Masuk ke SMS? Ini 5 Penyebabnya!

Keunggulan SMS Global OTP Verihubs di antaranya adalah hemat biaya dengan deteksi anomali, verifikasi API yang dibuat untuk jangkauan skala global, pilihan layanan SMS yang fleksibel, >95% Delivery Rate, tersedia programmable messaging API, hingga ID pengirim yang bisa dikustomisasi.

Memangnya, bagaimana cara kerja SMS Global OTP Verihubs?

  • User Log In: user request kode OTP pada saat log in.
  • OTP ke SMS: OTP SMS atau kata sandi sekali pakai berisi 4-6 kode unik dikirimkan ke nomor user dan hanya valid digunakan dalam waktu kurang dari 1 menit.
  • Masukkan OTP: user harus segera menggunakan kode OTP unik yang telah dikirimkan tersebut untuk melanjutkan validasi sehingga terverifikasi.
  • Verifikasi: website atau aplikasi akan langsung mengecek OTP dan akan memberi akses masuk.

Skenario penggunaan fitur ini di antaranya adalah untuk pendaftaran akun, transaksi atau pembayaran, hingga validasi akses perangkat.Jangan tunda lagi, segera hubungi kontak layanan Verihubs untuk mendapatkan informasi mengenai produk dan layanan terbaik dari Verihubs secara lebih detail.

Artikel Terbaru Kami

insurtech adalah

Memahami Insurtech: Inovasi Digital dalam Asuransi

cara membuat chatbot ai mudah

Terlengkap! Bagaimana Cara Membuat Chatbot AI Mudah?

peranan kecerdasan buatan dalam pendidikan

10 Manfaat & Peranan Kecerdasan Buatan dalam Pendidikan