Produk
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time.
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Identity Verification
Identity Verification
Verifikasi Identitas Pengguna dengan sumber data yang terpercaya.
Identity Verification
Identity Verification
Biometric Verification
Biometric Verification
Kenali identitas wajah pengguna dengan teknologi Artificial Intelligence.
Biometric Verification
Biometric Verification
Business Verification
Business Verification
Hindari risiko bisnis dengan mengenali rekan bisnis anda.
Business Verification
Business Verification
Employee Verification
Employee Verification
Verifikasi identitas lengkap untuk calon karyawan.

8 Manfaat dari Teknologi Pemindai Wajah yang Perlu Diketahui

pemindai wajah

Teknologi pemindai wajah merupakan perangkat lunak yang mengidentifikasi atau mengonfirmasi identitas seseorang menggunakan wajah mereka. Lantas, apakah teknologi ini aman dan akurat?

Sistem pemindai atau pengenalan wajah manusia menggunakan pola matematika yang unik untuk menyimpan data biometrik. Oleh karena itu, sistem-sistem tersebut merupakan salah satu metode identifikasi yang paling efektif dalam teknologi biometrik. Data wajah akan dibuat anonim dan dijaga kerahasiaannya untuk mengurangi risiko akses tidak sah. Teknologi deteksi keaktifan akan membedakan pengguna langsung dari gambar wajah mereka, sehingga hal ini bisa mencegah sistem ditipu oleh foto pengguna langsung.

Algoritma pengenalan wajah juga memiliki akurasi yang hampir sempurna dalam kondisi yang ideal. Tingkat keberhasilannya lebih tinggi di pengaturan terkontrol, akan tetapi secara umum tingkat performanya lebih rendah di dunia nyata. Penasaran, apa saja manfaat dari penggunaan teknologi canggih ini?

Manfaat dan Kegunaan Teknologi Pemindai Wajah?

Berikut ini adalah beberapa manfaat dan kegunaan dari sistem pemindai wajah yang perlu diketahui. Mari simak ulasannya satu per satu!

1. Keamanan Lebih Efisien

Pemindai wajah adalah sistem verifikasi yang cepat dan efisien, lebih cepat dan lebih nyaman jika dibandingkan dengan teknologi biometrik lain seperti pemindai sidik jari atau retina. Pemindai wajah juga menggunakan titik sentuh yang lebih sedikit dibandingkan dengan memasukkan kata sandi atau PIN, serta dapat mendukung autentikasi multifaktor untuk verifikasi keamanan tambahan.

2. Peningkatan Akurasi

Teknologi pemindai wajah adalah metode yang lebih akurat untuk mengidentifikasi individu dibandingkan dengan menggunakan nomor seluler, alamat email, alamat surat, atau alamat IP. Misalnya, sebagian besar layanan pertukaran, dari saham hingga kripto, sekarang ini sangat bergantung pada pengenalan wajah untuk melindungi pelanggan dan aset mereka.

3. Integrasi Menjadi Lebih Mudah

Teknologi pemindai wajah sangat kompatibel dan mudah diintegrasikan dengan sebagian besar perangkat lunak keamanan. Misalnya, ponsel pintar dengan kamera depan memiliki dukungan bawaan untuk algoritma atau kode perangkat lunak pemindai wajah.

4. Untuk Deteksi Penipuan

Pada umumnya, perusahaan menggunakan sistem ini untuk secara unik mengidentifikasi pengguna yang membuat akun baru di platform online. Setelah identifikasi selesai, maka pengenalan wajah dapat digunakan untuk memverifikasi identitas sebenarnya dari orang yang menggunakan akun tersebut jika terjadi aktivitas akun yang berisiko dan mencurigakan.

5. Sebagai Upaya Keamanan Siber

Perusahaan juga menggunakan pengenalan wajah alih-alih kata sandi untuk memperkuat tindakan keamanan siber. Mendapatkan akses tidak sah ke dalam sistem pemindai wajah merupakan hal yang tidak mudah karena tidak ada yang dapat diubah dari wajah Anda. Perangkat lunak pengenalan wajah juga menjadi alat keamanan yang nyaman dan sangat akurat untuk membuka kunci ponsel pintar atau perangkat pribadi lainnya.

6. Sebagai Kontrol Bandara dan Perbatasan

Banyak bandara yang menggunakan data biometrik sebagai paspor yang memungkinkan wisatawan untuk menghindari antrean panjang dan berjalan melewati terminal otomatis sehingga lebih cepat sampai di gerbang mereka. Teknologi pemindai wajah dalam bentuk e-Paspor tentu saja akan mengurangi waktu tunggu dan meningkatkan keamanan.

7. Berguna untuk Perbankan

Individu mengautentikasi transaksi hanya dengan melihat ponsel atau komputer mereka alih-alih menggunakan kata sandi sekali pakai ataupun verifikasi dua langkah. Sistem pemindai wajah lebih aman karena tidak ada kata sandi yang bisa disisipi peretas, begitu pula beberapa penarikan tunai ATM dan kasir juga dapat menggunakan pengenalan wajah untuk menyetujui pembayaran.

8. Akses Perawatan Kesehatan

Pemindai wajah juga dapat digunakan untuk mendapatkan akses ke catatan pasien. Teknologi ini dapat mempersingkat proses pendaftaran pasien di fasilitas kesehatan, serta mendeteksi rasa sakit dan emosi pasien secara otomatis.

Baca juga: Apa itu Face Detection, Cara Kerja, hingga Keuntungannya

Bagaimana Cara Kerja Teknologi Pemindai Wajah?

pemindai wajah
Sumber: Freepik

Teknologi pemindai wajah bekerja dalam empat langkah, yaitu deteksi, penglihtaan komputer, analisis, dan pengenalan. Penjelasan lebih detail dapat diperhatikan pada ulasan di bawah ini:

1. Deteksi

Deteksi merupakan sebuah proses menemukan wajah di sebuah citra. Diaktifkan oleh penglihatan komputer, pengenalan wajah akan mendeteksi dan mengidentifikasi wajah individu dari citra yang memuat satu atau beberapa wajah manusia. Pengenalan wajah juga dapat mendeteksi wajah di profil wajah depan dan samping.

2. Penglihatan Komputer

Mesin menggunakan penglihatan komputer untuk mengidentifikasi orang, tempat, dan benda dalam citra dengan akurasi di atas tingkat manusia dengan kecepatan dan efisiensi yang jauh lebih besar. Menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI), penglihatan komputer akan mengotomatiskan ekstraksi, analisis, klasifikasi, dan pemahaman informasi yang berguna dari data citra. Data citra terdiri dari beberapa bentuk, seperti citra tunggal, urutan video, tampilan dari beberapa kamera, dan data tiga dimensi.

3. Analisis

Sistem pemindai wajah kemudian akan menganalisis citra wajah, memetakan dan membaca geometri dan ekspresi wajah, serta mengidentifikasi landmark wajah yang merupakan kunci untuk membedakan wajah dengan objek lainnya. Teknologi pemindai wajah pada umumnya mencari hal-hal seperti jarak antarmata, jarak antara dahi dengan dagu, jarak antara hidung dengan mulut, kedalaman rongga mata, bentuk tulang pipi, serta kontur bibir, telinga, dan dagu.

Kemudian sistem akan mengonversi data pengenalan wajah menjadi jajaran angka atau titik yang disebut cetak wajah. Setiap orang tentunya memiliki cetak wajah yang unik, mirip dengan sidik jari. Informasi yang digunakan oleh pemindai wajah juga dapat digunakan secara terbalik untuk secara digital merekonstruksi ulang wajah seseorang.

4. Pengenalan

Pengenalan wajah akan mengidentifikasi seseorang dengan membandingkan wajah di dua citra atau lebih dan menilai kemungkinan kecocokan wajah. Misalnya, teknologi ini akan memverifikasi bahwa wajah hasil selfie yang diambil dari kamera ponsel cocok dengan wajah dalam citra ID yang dikeluarkan pemerintah seperti SIM atau paspor, serta memverifikasi bahwa wajah yang ditampilkan di selfie tersebut tidak cocok dengan wajah di kumpulan wajah yang diambil sebelumnya.

Baca juga: Memahami Face Search dalam Keamanan Digital, Ini Detailnya!

Silakan Pilih Fitur dan Layanan Terbaik dari Verihubs!

Untuk bisnis Anda, pastikan Anda memanfaatkan fitur dan layanan dari Verihubs, salah satunya adalah Biometric Verification yang terdiri dari Face Recognition dan Liveness Detection. Keduanya sama-sama bisa diandalkan, khusus untuk Face Recognition Verihubs, beberapa keunggulannya adalah sebagai berikut:

  • Deteksi teknologi AI secara akurat, yang bisa membedakan antara seseorang dengan atau tanpa kacamata, masker, bahkan jilbab.
  • Gambar putar secara otomatis, di mana Verihubs bisa mendeteksi dan memutar gambarnya langsung ke posisi yang benar.
  • Proses hanya berlangsung dalam hitungan satu detik, teknologi ini bisa mencocokkan data real-time dengan data yang sudah terekam di dalam database.
  • Proses touchless yang terbukti lebih aman dan akurat.
  • Dapat dihubungkan dengan sumber data terpercaya, seperti database pemerintahan untuk mendapatkan hasil yang meyakinkan.

Untuk mendapatkan informasi yang lebih detail mengenai verifikasi berbasis teknologi yang super canggih ini, segera hubungi kontak layanan Verihubs dan jadwalkan demo secara gratis.