Memahami Alur Pemrosesan Data pada Saat Proses Verifikasi

pemrosesan data

Di era modern seperti saat ini, data digital tidak dapat dipisahkan dari berbagai bidang bisnis, karena data menjadi sumber kehidupan untuk mendukung banyak tugas dalam aktivitas sehari-hari. Tapi meskipun data melimpah, semuanya tidak ada yang berguna selama tidak diubah menjadi informasi yang bisa dipahami. Nah, untuk melakukannya, layanan pemrosesan kemudian data hadir untuk membantu bisnis Anda.

Apa itu pemrosesan data atau data processing?

Pemrosesan data melibatkan pengumpulan dan konversi data dari berbagai sumber, menjadi informasi yang bisa digunakan untuk proses pengambilan keputusan strategis. Dengan menyusun informasi ke dalam format yang bisa dibaca semua orang, maka bisnis Anda dapat mengidentifikasi aspek-aspek tertentu yang bisa diselesaikan melalui proses pemrosesan data. 

Jenis-Jenis Pemrosesan Data

pemrosesan data
Sumber: Freepik

Untuk lebih memahami tentang layanan pemrosesan data, ada beberapa macam kegiatan pemrosesan data yang perlu Anda pahami. Di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Pemrosesan Data secara Manual. Pemrosesan data jenis ini dianggap sebagai salah satu jenis layanan pemrosesan data yang paling padat karya (labor-intensive). Orang yang bertanggung jawab untuk deskripsi pekerjaan ini akan melakukan pemrosesan data secara manual tanpa bantuan orang atau perangkat lain. 
  • Data Komersial. Layanan pemrosesan data ini berguna bagi perusahaan yang berkaitan dengan aktivitas ekonomi seperti perbankan, pemasaran, dan lainnya. Jenis data processing ini juga penting. 
  • Data Ilmiah. Komunitas ilmiah atau para saintis akan sangat bergantung pada jenis data processing ini untuk memproses data yang berlimpah hingga bisa mencapai kesimpulan ilmiah. Jenis data processing yang satu ini tampak unik jika dibandingkan dengan jenis data processing yang lainnya. 
  • Waktu Nyata (Real-time). Bisnis atau perusahaan yang semakin sibuk tentunya akan membutuhkan informasi akurat dari data yang mereka dapatkan pada waktu yang sama. Beberapa perangkat seperti GPS, sistem reservasi, atau lainnya akan sangat bergantung pada jenis data processing ini. 

Langkah-Langkah Pemrosesan Data

Beberapa langkah yang perlu dilakukan oleh layanan data processing saat memproses data, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Pengumpulan Data: Di tahap ini, data akan diperoleh dari berbagai sumber kemudian data harus disimpan di suatu tempat yang dapat dengan mudah disajikan pada tahap berikutnya. 
  • Persiapan: Tahap persiapan sangat penting untuk layanan data processing, di mana tenaga ahli bisa mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk memproses data dan kemungkinan kesalahan dari data yang diperoleh. 
  • Input Data: Di tahap ini, perangkat seperti perangkat lunak dan program khusus akan digunakan untuk mengubah data menjadi informasi yang dapat dibaca melalui mekanisme konversi. 
  • Data Processing: Data yang mengalami tahap konversi, kemudian akan diubah menjadi format yang dapat dibaca sekaligus mempermudah proses membaca bagi audiens. 
  • Output: Setelah berhasil diproses, maka informasi baru bisa disajikan dalam berbagai format. Di antaranya seperti audio, video, grafik, grafik, laporan, dan informasi lain yang mudah dibaca untuk proses pengambilan keputusan. 

Baca juga: Proses Validasi Data adalah Hal Penting dalam bisnis Fintech, Simak di Sini!

Pemrosesan Data pada Saat Proses Verifikasi

pemrosesan data
Sumber: Freepik

Di era serba teknologi seperti sekarang ini, proses verifikasi data lebih mudah jika dilakukan secara digital. Tidak lagi banyak melibatkan pertemuan tatap muka dan one on one, verifikasi data secara digital lebih mengutamakan pertemuan pengguna dan penyedia layanan melalui sistem yang disediakan.

Bagaimana alur data processing pada saat proses verifikasi berlangsung?

Dalam proses verifikasi, pemrosesan akan terjadi pada data-data yang dikehendaki oleh sistem, yang dinilai dapat menjadi bukti valid bahwa pengguna adalah orang, manusia, pengguna, pelanggan, yang asli, dan memiliki bentuk fisik sebagai manusia atau setidaknya entitas yang legal.

Data yang yang diperlukan berupa data yang menempel pada diri seseorang. Tidak hanya ciri fisik saja, melainkan juga akun-akun layanan wajib yang secara langsung dan permanen menempel pada pengguna sebagai seorang manusia. Mulai dari Nomor Induk Kependudukan (NIK pada KTP), nomor telepon, alamat email, Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), nomor akun rekening bank, dan lainnya.

Verifikasi data menjadi hal yang sangat relevan dan penting untuk dilakukan, karena sebagai sebuah entitas bisnis, Anda memerlukan pengguna dan pelanggan yang riil. Mengingat di tengah digitalisasi yang terjadi saat ini, sangat mudah membuat akun palsu yang tidak bisa dipertanggungjawabkan kebenaran dan validitasnya, dan bisa merugikan bisnis yang Anda jalankan.

Tanpa adanya data processing pada proses verifikasi digital, Anda bisa saja mendapatkan pengguna dengan data yang tidak jelas, dan menggunakan anonimitas tersebut untuk melakukan kecurangan (fraud). Tentu saja, hal ini akan mengancam kenyamanan pengguna lain dan kelangsungan bisnis Anda. Jika sampai terjadi fraud, kredibilitas bisnis yang Anda miliki akan menurun.

Baca juga: Mengenal Pengertian, Cara Kerja, dan Manfaat Autentikasi dalam Sistem Perusahaan

Pilih dan Gunakan Produk Unggulan dari Verihubs!

Verifikasi data bisa dilakukan dengan mudah dilakukan dengan berbagai produk yang dimiliki oleh Verihubs. Setiap produk, mulai verifikasi menggunakan nomor telepon, kartu identitas legal, hingga pada ciri biometrik, bisa diandalkan untuk urusan verifikasi. 

emrosesan data pada saat verifikasi akan berlangsung dengan cepat dan akurat, karena sistem Verihubs juga terhubung dengan sumber terpercaya. Langsung saja hubungi kontak layanan pelanggan kami sekarang, dan maksimalkan proses verifikasi bisnis Anda bersama Verihubs!

Artikel Terbaru Kami

biometrik inklusif

Biometrik Inklusif: Memperkuat Keamanan Industri Keuangan

Mengenal Apa Itu CFT dalam Melawan Pendanaan Terorisme

modus penipuan terbaru

Waspada! 5 Modus Penipuan Terbaru Salah Satunya dari WA!