Produk
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time.
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Identity Verification
Identity Verification
Verifikasi Identitas Pengguna dengan sumber data yang terpercaya.
Identity Verification
Identity Verification
Biometric Verification
Biometric Verification
Kenali identitas wajah pengguna dengan teknologi Artificial Intelligence.
Biometric Verification
Biometric Verification
Business Verification
Business Verification
Hindari risiko bisnis dengan mengenali rekan bisnis anda.
Business Verification
Business Verification
Employee Verification
Employee Verification
Verifikasi identitas lengkap untuk calon karyawan.

4 Manfaat Pencegahan Fraud dengan Fraud Account Database

pencegahan fraud

Setiap bisnis yang dijalankan selalu memiliki target untuk mendapatkan keuntungan sebesar mungkin dan memiliki pasar seluas mungkin. Namun demikian persaingan terkadang tidak dilakukan secara sehat. Bisnis Anda, sebagai langkah antisipasi, wajib memiliki metode pencegahan fraud yang efektif.

Jika Anda bergerak di bidang e-commerce, salah satu langkah pencegahan fraud yang banyak digunakan adalah dengan terhubung dengan fraud account database. Sederhananya, platform ini akan berisi data mengenai pelaku fraud yang telah terbukti dan diverifikasi melakukan tindak kejahatan, sehingga dapat memberikan Anda peringatan ketika salah satu akun atau identitas yang masuk dalam database tersebut melakukan transaksi dengan bisnis Anda.

Baca Juga: Mengenal Metode Verifikasi Identitas Biometrik, Proteksi Maksimal pada Akses User

Fraud Account Database secara Sederhana

pencegahan fraud
Sumber: freepik.com

Database merupakan kumpulan data besar yang dikelola secara terpadu oleh pihak yang memiliki kewenangan jelas dan berdasar hukum, yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan tertentu selama sesuai dengan kesepakatan.

Idealnya, database ini digunakan untuk banyak keperluan pemasaran, kemudian pengelolaan pegawai, penyusunan analisis strategis, dan lain sebagainya.

Fraud account database kemudian merupakan kumpulan data besar yang memuat data mengenai pelaku, akun, dan identitas pelaku fraud yang telah terbukti melakukan tindakan kejahatan. Saat data ini dikumpulkan, manfaatnya kemudian sangat besar untuk meningkatkan kewaspadaan pemilik bisnis pada pelaku fraud yang pernah berbuat curang atau penyelewengan dalam suatu transaksi.

Jelas, idealnya setiap bisnis yang bergerak di bidang-bidang dengan nilai ekonomi tertentu terhubung dengan database ini. Sederhananya, dengan terhubung ke database ini bisnis Anda dapat memiliki akses pada database yang berisi informasi, data, akun, pelaku fraud sehingga kewaspadaan dalam transaksi dapat ditingkatkan.

Cara Pencegahan Fraud dengan Model Database Ini

pencegahan fraud
Sumber: freepik.com

Sebenarnya cara kerja dari fraud account database ini cukup mudah dipahami. Bisnis yang Anda kelola, akan terhubung dengan sistem database tersebut secara langsung atau melalui pihak kedua yang menyediakan jasa serupa.

Nantinya ketika user melakukan transaksi dengan layanan yang Anda miliki atau membeli produk Anda, maka tahap verifikasi identitas user akan dilakukan. Verifikasi ini ditujukan untuk mengumpulkan data user, sekaligus memeriksa apakah identitas atau akun user memiliki catatan pernah melakukan fraud atau tidak.

Data yang diperoleh kemudian dicek pada database yang dimiliki. Prosesnya akan berjalan cukup singkat, menggunakan data dari kartu identitas, data biometrik, atau data lain yang dianggap relevan. Jika akun yang melakukan transaksi ini tidak ditemukan dalam database, maka akun atau user akan dinilai aman oleh sistem.

Namun skenario lain ketika data user ditemukan dalam fraud account database, maka sistem akan memberikan peringatan pada Anda secara langsung. Proses verifikasi kembali dilakukan untuk memastikan kesesuaian data.

Pada sistem yang lebih lanjut, Anda bahkan dapat melihat catatan fraud yang dimiliki oleh identitas tersebut secara lebih detail, sehingga dapat dianalisis kemungkinan dan risiko terjadinya fraud berulang pada transaksi terkini.

Pada data yang dianggap sudah melakukan fraud berulang atau parang, sistem dapat melakukan tindakan penolakan transaksi atau pemblokiran dari layanan, di titik paling ekstrimnya.

Cukup sederhana bukan?

4 Manfaat Memiliki Langkah Pencegahan Fraud pada Bisnis Anda

pencegahan fraud
Sumber: freepik.com

Langkah pencegahan fraud dengan memanfaatkan fraud account database adalah salah satu opsi yang banyak diambil pelaku bisnis e-commerce dan sektor finansial. Tentu, opsi ini banyak diambil karena menawarkan banyak manfaat perlindungan.

1. Perlindungan pada Transaksi dan Bisnis

Dengan langkah pencegahan ini, bisnis dan transaksi yang dilakukan pada layanan Anda akan memiliki proteksi yang lebih baik. Pengecekan identitas dan akun dari user dapat dilakukan, dan peringatan dapat diberikan ketika terdeteksi user merupakan akun yang tercatat dalam database tersebut.

2. Proses yang Cepat dan Akurat

Pada sistem yang telah terhubung dengan baik dan solid, proses pengecekan akan berjalan hanya dalam hitungan detik. Dalam waktu singkat, Anda akan mendapatkan verifikasi yang jelas terkait identitas atau data milik user, yang telah dicek pada database yang digunakan.

3. Upaya Pencegahan yang Legal

Secara hukum, lembaga atau institusi yang memiliki fraud account database ini benar-benar memiliki dasar yang kuat. Kerahasiaan data user benar-benar dijaga, sehingga hanya pihak yang berkepentingan saja yang dapat mengaksesnya.

Pada hukum yang berlaku, penyalahgunaan data user ini dapat diproses dengan denda yang jumlahnya tidak main-main.

4. Lebih Mengenal User yang Dimiliki

Lebih mengenal user yang dimiliki juga menjadi manfaat dari penerapan langkah pencegahan fraud dengan database ini. Setidaknya ketika user memasukkan data diri yang mereka miliki, Anda dapat mengumpulkan data ini untuk  berbagai keperluan di masa depan. Tentunya, bukan untuk disalahgunakan dan tetap dijaga kerahasiaannya.

Baca Juga: 2 Cara Melakukan Verifikasi Identitas Pengguna 

Memiliki langkah dan skenario pencegahan fraud idealnya menjadi hal utama dalam bisnis yang berkenaan dengan e-commerce dan sektor finansial. Hal ini karena banyak informasi sensitif milik pelanggan dan nilai transaksi yang cukup besar.

Nah untuk membantu urusan verifikasi dalam rangka pencegahan fraud, Anda dapat menggunakan berbagai produk dari Verihubs.

Verihubs, Solusi Produk Verifikasi yang Fleksibel dan Akurat

Verihubs menjadi salah satu perusahaan yang secara khusus berfokus di bidang verifikasi data. Berbagai produk dapat digunakan, mulai dari Phone Number Verification, Identity Verification, Biometric Verification, hingga Business Verification. Semua terhubung dengan database solid secara legal, sehingga akan menjadi penyempurna skenario pencegahan fraud yang solid. Segera hubungi layanan pelanggan kami, dan dapatkan informasi lengkap mengenai setiap produknya sekarang juga!