Mengenal Metode Verifikasi Identitas Biometrik, Proteksi Maksimal pada Akses User

verifikasi identitas biometrik

Upaya pemalsuan data pribadi semakin hari semakin marak, karena pemahaman publik semakin tinggi pada betapa tingginya nilai data pribadi yang dimiliki setiap orang. Jelas, hal ini harus terus dicegah dan diantisipasi, salah satunya dengan cara verifikasi identitas biometrik yang canggih.

Seperti yang dipahami bersama bahwa data pribadi memegang peranan penting pada banyak akun digital. Mulai dari akun perbankan, asuransi, akun administrasi publik, akun keuangan digital, akun layanan kesehatan, dan banyak akun lain dengan nilai yang sangat besar. Proteksi pada akun yang dimiliki ini wajib dilakukan oleh kedua pihak, baik oleh user sebagai pemilik akun dan oleh penyedia layanan sebagai pengelola akun dan semua informasi yang ada di dalamnya.

Penggunaan verifikasi identitas biometrik kemudian menjadi cara efektif dalam meningkatkan perlindungan ini. Maka tak heran jika penerapannya digunakan oleh banyak sekali layanan yang kini tersedia.

Baca Juga: Customer Onboarding adalah Faktor Besar dalam Bisnis, Simak di Sini!

Kekuatan Verifikasi Berbagai Metode yang Tersedia

Sebenarnya dalam bidang verifikasi identitas, metode biometrik sudah ada sejak lama. Namun awalnya bentuk dari metode ini adalah penggunaan sidik jari, dengan menempelkannya ke perangkat yang tersedia.

Penggunaan verifikasi ini sempat tergeser dengan beberapa metode lain yang dinilai lebih praktis. Mulai dari penggunaan password, penggunaan PIN, penggunaan OTP, penggunaan kartu identitas, dan lain sebagainya.

Masing-masing metode yang tersedia kemudian memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, serta derajat kekuatan proteksi yang berbeda-beda. Yang jelas, penggunaan metode verifikasi yang tepat guna akan memberikan perlindungan terbaik pada data yang dimiliki user.

Risiko pemalsuan data pribadi tetap saja ada. Namun dengan penerapan verifikasi yang semakin canggih, risiko ini akan terus ditekan hingga titik minimal, agar jaminan perlindungan akses dapat diberikan secara penuh.

Kelebihan Metode Verifikasi Identitas Biometrik

verifikasi identitas biometrik
Sumber: freepik.com

Kelebihan utama dari penerapan verifikasi ini adalah memastikan bahwa sistem hanya dapat diakses oleh satu orang saja untuk satu akun yang tersimpan dalam direktori milik perusahaan. Hal ini dikarenakan dasar data yang digunakan adalah profil dan karakter wajah secara spesifik, sehingga akan sulit sekali dipalsukan oleh pihak lain.

Karakter biometrik unik yang dimiliki wajah setiap orang menjadi kekuatan utama dari perlindungan yang diberikan. Upaya pemalsuan menggunakan topeng atau imaji lain yang menyerupai karakter wajah pemilik akun juga akan sulit dilakukan, ketika fitur liveness detection turut disematkan dalam prosesnya.

Satu akun hanya dapat diakses satu orang, user sah pemilik akun, akan jadi sistem keamanan terbaik yang bisa diberikan.

Memahami Nilai Plus Lain dari Metode Verifikasi Ini

Selain dari poin yang disampaikan pada bagian kedua tadi, ada pula beberapa kelebihan lain yang ditawarkan untuk metode verifikasi ini. Secara singkat, berikut selengkapnya.

  • Verifikasi dapat dilakukan secara masif dalam waktu yang relatif singkat
  • Memiliki akurasi dan konsistensi tinggi pada pencocokan data masukan dengan database yang ada
  • Efisien dari segi biaya dan waktu, sebab proses verifikasi berjalan cepat dan ringkas
  • Tanpa perlu alat bantu, sebab verifikasi dilakukan dengan pemindaian wajah
  • Tidak mungkin dilupakan sebab menempel pada tubuh user
  • Onboarding pelanggan yang mudah sebab tanpa perlu melakukan prosedur yang panjang dan membingungkan
  • Memiliki akuntabilitas yang tinggi
  • Sumber data yang digunakan untuk proses verifikasi tidak mudah rusak

Aplikasi yang Mudah pada Berbagai Sektor Industri

verifikasi identitas biometrik
Sumber: freepik.com

Upaya pemalsuan data pribadi tidak hanya terjadi pada layanan seperti perbankan atau keuangan digital saja, namun juga pada berbagai sektor industri lain. Metode verifikasi ini, dapat mengakomodir kepentingan banyak jenis industri yang lain sehingga tergolong fleksibel dan mudah disesuaikan.

Misalnya saja sebagai metode absensi untuk karyawan di kantor, atau sebagai cara pembuatan akun pada aplikasi atau layanan tertentu, sebagai cara verifikasi identitas pengunjung di area bisnis, dan lain sebagainya.

Dengan fleksibilitas yang dimiliki ini, maka tidak heran jika verifikasi identitas biometrik semakin populer dari waktu ke waktu, dan perkembangan industrinya juga semakin besar.

Pastikan Memilih Produk Verifikasi Terbaik untuk Bisnis Anda 

Kini cukup banyak produk verifikasi yang menawarkan fitur biometrik pada layanan yang diberikannya. Namun yang harus dipahami, tidak semua produk memiliki kualitas yang setara dan mampu memberikan jaminan keamanan akses.

Layanan verifikasi yang terdaftar harus selalu jadi prioritas Anda dalam melakukan pemilihan layanan ini, karena berkaitan langsung dengan banyak data user yang Anda miliki. Setidaknya dengan mengetahui bahwa produk verifikasi yang digunakan terdaftar, standar kualitas jelas telah terpenuhi dan layanan lebih handal.

Baca Juga: Verifikasi Data adalah Hal Krusial dalam Pengamanan Akses di Era Kekinian, Ini Ulasannya 

Layanan seperti ini bisa Anda dapatkan dengan mudah dengan menggunakan Verihubs, solusi segala jenis verifikasi untuk layanan yang Anda sediakan.

Verhibus sebagai Partner Verifikasi Handal untuk Bisnis Anda

Dengan modul Biometric Verification yang disediakan Verihubs, urusan verifikasi identitas biometrik akan menjadi mudah. Integrasi yang praktis dengan database yang Anda miliki akan berjalan mulus, sehingga penggunaan metode ini segera bisa dilaksanakan. Verihubs juga merupakan layanan yang terdaftar dan memiliki akses legal pada database milik pihak pemerintah, sehingga validitas datanya selalu terjamin dan ter-update. Hubungi layanan pelanggan kami sekarang, dan dapatkan produk verifikasi terbaik di Indonesia!

Artikel Terbaru Kami

ikd digital

Apa Itu IKD Digital? Verifikasi Identitas dengan Mudah!

pemasaran digital

Pemasaran Digital (Digital Marketing): Strategi dan Jenisnya

absensi digital sekolah

Studi Kasus: 4 Peranan Absensi Digital Sekolah dan Contohnya