Produk
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time.
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Identity Verification
Identity Verification
Verifikasi Identitas Pengguna dengan sumber data yang terpercaya.
Identity Verification
Identity Verification
Biometric Verification
Biometric Verification
Kenali identitas wajah pengguna dengan teknologi Artificial Intelligence.
Biometric Verification
Biometric Verification
Business Verification
Business Verification
Hindari risiko bisnis dengan mengenali rekan bisnis anda.
Business Verification
Business Verification
Employee Verification
Employee Verification
Verifikasi identitas lengkap untuk calon karyawan.

Ketahui 2 Cara Cek Pendapatan Perusahaan (Company Revenue)

pendapatan perusahaan

Bicara soal pendapatan perusahaan (company revenue), Anda mungkin bertanya apakah informasi mengenai hal ini penting untuk diketahui? Sebelum menjalin kerja sama bisnis, tentu saja Anda butuh mendapatkan informasi detail mengenai profil perusahaan, termasuk SK Perusahaan, daftar Pemegang Saham, hingga Pendapatan Perusahaan.

Pendapatan merupakan penghasilan yang timbul dari aktivitas perusahaan yang biasanya dikenal dengan sebutan yang berbeda seperti penjualan, penjualan jasa (fee), bunga, dividen, royalti, dan sewa. Hal ini merupakan hal yang sangat penting, karena menjadi objek atas kegiatan perusahaan. 

Pendapatan sangat berpengaruh pada kelangsungan suatu usaha, di mana semakin besar pendapatan yang diperoleh, maka akan semakin besar pula kemampuan usaha untuk membiayai segala pengeluaran atau biaya operasional harian yang akan dilakukan.

Mengenal Macam-Macam Pendapatan dalam Berbagai Jenis Usaha

pendapatan perusahaan
Sumber: Freepik

Pendapatan menjadi sebuah unsur yang harus dilakukan dalam melakukan suatu usaha karena bisa menjadi salah satu tolok ukur keberhasilan. Untuk lebih jelasnya, mari simak ulasan mengenai macam-macam pendapatan dalam berbagai jenis usaha yang telah dirangkum di bawah ini.

1. Perusahaan Dagang

Perusahaan dagang merupakan perusahaan yang menjual barang dagangan yang sebelumnya dibeli dari pabrik. Dalam perusahaan dagang, pendapatan akan diperoleh dari penjualan barang dagangan sesuai dengan harga beli barang tersebut ditambah dengan laba yang diharapkan.

2. Perusahaan Jasa

Perusahaan jasa merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa, di mana perusahaan ini akan memberikan jasa kepada konsumen dan memperoleh imbalan dari jasa yang telah diberikan. Imbalan yang diperoleh perusahaan jasa disebut sebagai penghasilan yang berasal dari penanganan jasa pada pihak lain yang menggunakan jasa yang bersangkutan.

3. Perusahaan Industri

Perusahaan industri atau perusahaan manufaktur merupakan perusahaan yang mengolah atau memproduksi bahan baku menjadi bahan jadi, yang kemudian dijual kepada konsumen. Dalam perusahaan industri, penghasilan yang diperoleh berasal dari penjualan barang-barang yang diproduksi, jadi setiap jumlah barang yang dijual di pasar adalah laba dari perusahaan tersebut.

Baca juga: Produk Digital di Era Kekinian, Komoditas Bernilai Besar yang Kaya Peluang

Bagaimana Cara Cek Pendapatan Perusahaan?

pendapatan perusahaan
Sumber: Freepik

Mengetahui informasi mengenai pendapatan perusahaan sangatlah penting dalam rangka verifikasi perusahaan. Perusahaan yang berbeda mungkin akan melaporkan pendapatan tahunan pada waktu yang berbeda dalam setahun, berdasarkan kapan tahun fiskal, atau keuangan mereka berakhir.

Ketersediaan informasi perusahaan akan tergantung pada jenis perusahaan. Sebuah perusahaan publik akan diwajibkan oleh hukum untuk secara terbuka mengungkapkan informasi keuangannya karena perdagangan sahamnya di pasar terbuka. Namun lain halnya jika Anda ingin mengetahui pendapatan perusahaan swasta, mungkin akan memerlukan lebih banyak pencarian.

1. Cara Cek Pendapatan Perusahaan Publik

  • Langkah pertama, Anda bisa mengunjungi bagian hubungan investor di situs website perusahaan, lalu temukan pendapatan tahunannya yang terdaftar di antara informasi keuangan utama lainnya. Sebuah perusahaan mungkin akan menunjukkan informasi ini pada bagan atau grafik, atau mungkin menunjukkan beberapa jenis lembar fakta keuangan.
  • Langkah yang kedua, Anda bisa memperoleh salinan laporan tahunan perusahaan kepada pemegang saham. Anda dapat mengunduh laporan ini dari bagian hubungan investor di situs website-nya, atau meminta salinan dari departemen hubungan investornya. Carilah pendapatan tahunannya di bagian atas laporan laba rugi dalam laporan.

2. Cara Cek Pendapatan Perusahaan Swasta

  • Langkah pertama, periksa situs website perusahaan swasta untuk mengetahui pendapatan tahunannya, atau untuk siaran pers yang mengumumkan pendapatan tahunan. Selain itu, Anda pun bisa periksa mesin pencari internet untuk setiap berita yang mungkin melaporkan informasi ini. Sebuah perusahaan swasta mungkin akan menggembar-gemborkan pendapatan tahunannya di situs website-nya untuk alasan promosi, atau mungkin membocorkan informasi tersebut kepada jurnalis keuangan. 
  • Langkah kedua, hubungi perusahaan terkait untuk meminta informasi mengenai pendapatan tahunannya atau untuk meminta salinan laporan tahunannya. Jika Anda berhasil mendapatkan laporan tahunannya, maka Anda bisa menemukan pendapatan tahunannya di laporan laba rugi.

Baca juga: Otomasi Industri Fintech: Jenis, Kelebihan, dan Penerapannya

Selain langkah-langkah yang telah disebutkan di atas, Anda pun bisa mendapatkan informasi mengenai pendapatan perusahaan dengan mencari database online yang menyediakan informasi keuangan pada perusahaan publik maupun swasta. 

Manfaatkan Layanan Company Check dari Verihubs

Verihubs hadir menawarkan solusi terbaik untuk membantu Anda dalam melakukan company check, termasuk untuk mengetahui mengenai pendapatan perusahaan. Dengan layanan Business Verification berupa Company Check dari Verihubs, Anda bisa mengetahui segala informasi mulai dari verifikasi SK Perusahaan, Pemegang Saham Perusahaan, Pendapatan Perusahaan, hingga Jabatan Perusahaan, yang tersaji secara menyeluruh dan efektif. 

Layanan terbaik dari Verihubs ini telah terintegrasi langsung dengan database pemerintahan. Selain itu, Verihubs juga akan memeriksa berdasarkan profil serta track record perusahaan secara real-time, dan proses verifikasi informasi berdasarkan dari sumber yang terpercaya di Indonesia.

Untuk mengetahui cara kerja Company Check Verihubs, Anda bisa cek tahapan-tahapannya di bawah ini:

  1. Verifikasi SK Perusahaan, data yang dibutuhkan adalah NPWP Perusahaan, Nama Perusahaan, SK Perusahaan, dan SK Amandemen.
  2. Verifikasi Pemegang Saham Perusahaan, data yang dibutuhkan adalah NPWP Perusahaan, Nama Perusahaan, NIK Pemegang Saham, dan Nama Pemegang Saham.
  3. Verifikasi Pendapatan Perusahaan, data yang dibutuhkan adalah NPWP dan Pendapatan Tahunan.
  4. Verifikasi Jabatan Perusahaan, data yang dibutuhkan adalah NIK, NPWP Perusahaan, Nama, NPWP, Posisi, dan Nama Perusahaan.

Fitur dan layanan dari Verihubs ini akan menjamin kemudahan, kenyamanan, dan juga keamanan Anda dalam berbisnis dan menjalankan roda perusahaan. Silakan hubungi kontak layanan Verihus untuk mempelajari produk Verihubs selengkapnya!