Produk
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time.
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Identity Verification
Identity Verification
Verifikasi Identitas Pengguna dengan sumber data yang terpercaya.
Identity Verification
Identity Verification
Biometric Verification
Biometric Verification
Kenali identitas wajah pengguna dengan teknologi Artificial Intelligence.
Biometric Verification
Biometric Verification
Business Verification
Business Verification
Hindari risiko bisnis dengan mengenali rekan bisnis anda.
Business Verification
Business Verification
Employee Verification
Employee Verification
Verifikasi identitas lengkap untuk calon karyawan.

Optimalkan Pengenal Wajah, Simak 5 Manfaatnya untuk Bisnis 

pengenal wajah

Dengan perkembangan teknologi saat ini, metode pengenal wajah jadi salah satu metode yang digunakan untuk mendapatkan akses serta melakukan verifikasi. Namun pernahkah Anda bertanya-tanya kira-kira bagaimana cara kerja dari metode ini?

Untuk Anda yang telah cukup lama berkecimpung di dunia bisnis dan industri, mungkin metode ini hanya satu dari sekian banyak metode yang dapat digunakan untuk melakukan verifikasi atau pengecekan.

Faktanya, tidak sedikit manfaat dari metode ini yang bisa dioptimalkan, demi keuntungan bisnis. Simak penjelasan cara kerja, manfaat, dan semua hal seputar metode pengenal wajah ini di bagian berikut!

Baca Juga: 6 Cara Selfie yang Benar Agar Lolos Verifikasi Akun, Cek di Sini!

Mulai Tahun 1960, oleh Woodrow Wilson

pengenal wajah
Sumber: freepik.com

Jejak pengembangan teknologi pengenal wajah sendiri bisa ditarik hingga jauh ke tahun 1960-an, dimana seorang pengembang sistem komputer berhasil mengintegrasikannya dengan pengenalan wajah lewat foto. Orang tersebut adalah Woodrow Wilson, yang sekaligus jadi pengembang awal teknologi ini.

Momen berikutnya adalah pada era ‘90-an, tepatnya 1993. pengembangan terus dilakukan oleh badan pertahanan nasional Amerika, dan mulai menerapkan apa yang disebut face recognition guna melengkapi sistem keamanan pada instalasi vital DARPA.

Baru sekitar tahun 2015 fitur dan metode ini diadaptasi dalam teknologi yang lebih ringkas, dan disematkan ke dalam perangkat smartphone untuk meningkatkan proteksi akses pada perangkat tersebut oleh Google dan Microsoft.

Secara Umum Terdapat 7 Langkah dari Cara Kerja Metode Ini

pengenal wajah
Sumber: freepik.com

Memang jika dilihat pada setiap produk pengenal wajah, metode yang digunakan mungkin saja berbeda. Namun pada dasarnya terdapat beberapa hal yang menjadi benang merah dalam sistem kerja metode ini.

  • Pertama, adalah tahap pendeteksian wajah. Deteksi ini dilakukan dengan pengambilan foto wajah dari user dengan melakukan pemindaian foto dua dimensi secara digital, atau penggunaan video untuk pengambilan citra wajah tiga dimensi.
  • Kedua, adalah tahap penjajaran. Citra wajah berhasil didapatkan, kemudian sistem akan menentukan posisi, ukuran, serta sikap kepala. Pada perangkat tiga dimensi, sistem dapat dikenali hingga 90 derajat, sedangkan pada sistem dua dimensi, posisi kepala harus menghadap kamera setidaknya 35 derajat.
  • Ketiga, tahap pengukuran. Pada tahap ketiga ini sistem akan melakukan pengukuran lekukan yang ada di bagian wajah hingga skala sub-milimeter, dan membuat template wajah dari user yang tengah diproses datanya.
  • Keempat, tahap representasi. Di tahap keempat ini, template yang sudah selesai dibuat akan diterjemahkan ke dalam serangkaian kode unik. Kode ini kemudian menjadi ‘identitas’ dari user di dalam sistem pengenal wajah yang digunakan.
  • Kelima, tahap pencocokan. Tahap pencocokan adalah tahap ketika data masukan dari user dibandingkan dengan data yang telah dimiliki oleh sistem. Di sini, akan dilihat kemiripan antara data input dengan data di arsip. Jika dinilai cocok, maka proses dapat dilanjutkan dan user dikenali oleh sistem.
  • Keenam, tahap verifikasi atau identifikasi. Tahap ini menjadi tahap dimana pencocokan dilakukan satu banding satu, dan identifikasi adalah perbandingan foto wajah yang diambil dengan seluruh gambar yang dimiliki di database atau arsip sistem.
  • Ketujuh, tahap analisis tekstur wajah. Semua citra yang masuk akan dianalisis dengan baik oleh sistem, dan dilihat kecocokannya dengan data yang ada di arsip. Setelah itu, baru akses dapat diberikan atau transaksi bisa disetujui. Jelas, sangat direkomendasikan pengambilan citra dilakukan pada kondisi ideal, terkait pencahayaan, aksesoris wajah yang minimal, dan sebagainya.

Cermati 5 Manfaat Metode Ini, dan Optimalkan untuk Keamanan Sistem Anda!

pengenal wajah
Sumber: freepik.com

Disampaikan dalam salah satu artikel pada socs.binus.ac.id, terdapat banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh dari metode pengenal wajah ini. Mulai dari sektor keamanan hingga sektor komersial, berikut beberapa manfaat yang paling mencolok yang bisa Anda maksimalkan untuk bisnis Anda.

1. Langkah Preventif pada Tindak Kejahatan

Dengan teknologi pengenal wajah, identitas orang yang terekam dalam kamera dapat dengan mudah diketahui. Bilamana terdapat catatan kriminal pada orang tersebut, maka Anda akan mengetahuinya secara cepat dan membuat keputusan lebih baik.

2. Pencatatan Kehadiran dan Verifikasi Identitas

Jika digunakan dalam konteks bisnis dan presensi, maka metode ini dapat membantu perusahaan dalam pencatatan kehadiran serta melakukan verifikasi identitas. Dengan demikian pencatatan tidak akan terjadi kesalahan, karena karakter wajah setiap orang berbeda dan bersifat unik.

3. Memfasilitasi Transaksi yang Aman

Pengenal wajah juga dapat membantu meningkatkan keamanan dalam transaksi keuangan yang dilakukan user dengan metode pembayaran digital. Konfirmasi yang menggunakan biometrik wajah akan jauh lebih aman sehingga akun user tidak mudah disalahgunakan oleh orang tidak bertanggungjawab.

4. Penerapan Smart Advertisement

Pada beberapa sistem yang telah advance, pengenal wajah juga dapat dimanfaatkan untuk menerapkan smart advertisement. Perangkat pemindai dapat mengenali usia dari user yang ada di hadapannya, kemudian menampilkan iklan sesuai dengan segmentasi usia tersebut.

5. Meningkatkan Proteksi pada Akses

Jelas, ketika profil biometrik wajah digunakan sebagai ‘kunci atas akses pada berbagai akun yang dimiliki user, tingkat keamananya benar-benar tinggi. Hal ini karena sistem dapat mengenali wajah user secara detail dan rinci, dan tidak dapat dikelabui dengan mudah, terlebih ketika dipadukan dengan liveness detection yang dapat mendeteksi kehidupan pada wajah yang dipindai.

Baca Juga: Demi Keamanan, Penerapan Verifikasi pada Fintech adalah Sebuah Keharusan! 

Pada dasarnya, metode ini dapat digunakan di banyak sekali sektor bisnis dan memaksimalkan kesempatan yang ada untuk meningkatkan pengalaman user atau keuntungan dari bisnis Anda. Jelas, Anda harus menggunakan sistem yang solid dan terpercaya, seperti yang disediakan oleh Verihubs.

Verihubs dengan Biometric Verification-nya

Verihubs kemudian hadir dengan produk Face Recognition yang dimilikinya, sebagai salah satu produk terbaik di segmen pengenal wajah. Sistem solid yang dimiliki Verihubs mampu membantu bisnis Anda untuk mengoptimalkan metode ini untuk berbagai keperluan bisnis. Mudah diintegrasikan dengan sistem bisnis dan telah digunakan banyak bisnis terkemuka, Verihubs siap membantu bisnis Anda berkembang dan memanfaatkan semua potensi dalam produk ini saat dikombinasikan dengan layanan bisnis Anda. Segera hubungi layanan pelanggan kami, dan dapatkan penawaran menarik untuk produk Verihubs!