Sederet Manfaat Penggunaan Program OCR bagi Perusahaan

program ocr

Teknologi pengenalan karakter optik alias OCR telah merevolusi cara manusia dalam menangani dokumen, menawarkan berbagai manfaat yang dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas secara signifikan. Program OCR telah menjadi alat yang semakin penting untuk bisnis dari semua ukuran. Jika Anda bertanya-tanya mengapa bisnis Anda membutuhkan teknologi atau program OCR, teruslah membaca ulasan di bawah ini sampai akhir!

Silakan cari tahu lebih lanjut tentang manfaat teknologi atau program OCR dan bagaimana hal itu dapat meningkatkan efisiensi bisnis dan perusahaan Anda.

Apa itu Teknologi OCR?

OCR adalah teknologi yang memungkinkan para pengguna untuk mengekstrak teks dari gambar atau dokumen yang dipindai. Perangkat lunak OCR akan menganalisis gambar dan mengubah karakter di dalamnya menjadi teks yang dapat dibaca mesin, yang kemudian bisa di-edit, dicari, dan disalin seperti teks digital lainnya.

Teknologi OCR ini bisa digunakan dalam berbagai aplikasi, termasuk pemindaian dokumen, otomatisasi proses bisnis, dan entri data. Tentunya, ini sangat berguna untuk organisasi yang memiliki banyak dokumen kertas yang perlu didigitalkan dan dicari, karena memungkinkan mereka bisa dengan cepat dan akurat mengubah dokumen-dokumen ini menjadi format digital.

Pernahkah Anda perlu mengkonversi PDF yang dipindai menjadi dokumen Word yang dapat di-edit? Dengan pengonversi PDF-ke-Word yang tepat dan sedikit keajaiban OCR, maka hal semacam ini sangat mudah untuk dilakukan.

Apa Manfaat Utama dari Program OCR?

program ocr
Sumber: Freepik

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa bisnis atau perusahaan Anda mungkin ingin mempertimbangkan penerapan teknologi OCR:

  • Peningkatan efisiensi. Salah satu manfaat utama dari program OCR adalah kemampuannya dalam mengotomatiskan proses entri data dan pengenalan teks, menghemat waktu dan mengurangi risiko kesalahan. Perangkat lunak OCR mampu mengekstraksi informasi dari dokumen yang dipindai dan memasukkannya ke dalam database atau spreadsheet. Hal ini bisa menjadi keuntungan besar bagi karyawan yang menghabiskan banyak waktu memasukkan data secara manual, karena memungkinkan mereka untuk fokus pada tugas yang lebih bernilai tambah.
  • Akses informasi yang lebih baik. Manfaat lain dari program OCR adalah kemampuannya dalam mendigitalkan dokumen kertas, membuatnya lebih mudah disimpan, dicari, dan diakses. Tentunya, hal ini sangat berguna ketika Anda harus berurusan dengan dokumen kertas dalam jumlah besar setiap hari, karena menghilangkan kebutuhan akan ruang penyimpanan fisik dan memudahkan untuk menemukan informasi yang Anda butuhkan. Selain itu juga dapat meningkatkan pengambilan keputusan dan memungkinkan karyawan menemukan informasi yang mereka butuhkan dengan cepat dan mudah.
  • Akurasi yang meningkat. Program OCR juga dapat membantu meningkatkan akurasi pengenalan teks. Algoritma OCR telah menjadi semakin canggih selama bertahun-tahun, dan sekarang ini bisa mengenali teks secara akurat dalam berbagai bahasa, font, dan jenis dokumen. Keakuratan semacam ini sangat penting saat bekerja dengan dokumen yang berisi informasi sensitif atau penting, karena memastikan teks tidak hanya mudah diakses tetapi juga akurat dan dapat diandalkan.
  • Keamanan yang meningkat. Selain itu, teknologi OCR juga dapat membantu meningkatkan keamanan dokumen sensitif atau rahasia. Dengan menyimpan dokumen secara elektronik, maka bisnis bisa mengurangi risiko pelanggaran data dan melindungi dari akses yang tidak sah. Hal ini sangat penting bagi siapa saja yang menangani informasi sensitif secara rutin, karena dapat membantu memastikan bahwa data mereka aman.
  • Mengurangi biaya. OCR juga dapat membantu bisnis mengurangi biaya yang terkait dengan penyimpanan, pengelolaan, dan pemrosesan dokumen kertas. Dengan mendigitalkan dokumen, maka bisnis bisa mengurangi kebutuhan akan ruang penyimpanan fisik dan menghemat biaya pencetakan dan pengiriman.
  • Peningkatan layanan pelanggan. Lebih dari itu, OCR juga dapat digunakan untuk mengotomatiskan proses penanganan pertanyaan pelanggan, memungkinkan bisnis untuk menanggapi permintaan pelanggan dengan lebih cepat dan akurat. Hal inilah yang akan meningkatkan kepuasan dan loyalitas pelanggan.

Baca juga: Pentingnya Digitalisasi Dokumen dengan Teknologi OCR

Seperti Apa Tahapan Program OCR?

program ocr
Sumber: Freepik

Secara umum, proses yang terjadi pada program OCR adalah sebagai berikut:

  • File Input: berupa file digital dengan format *.bmp atau *.jpg.
  • Pre-processing: merupakan suatu proses untuk menghilangkan bagian yang tidak diperlukan pada gambar input untuk proses selanjutnya.
  • Segmentasi: merupakan suatu proses untuk memisahkan area pengamatan pada tiap karakter yang dideteksi.
  • Normalisasi: merupakan suatu proses untuk merubah dimensi region tiap karakter dan ketebalan karakter.
  • Ekstraksi ciri: merupakan suatu proses untuk mengambil ciri-ciri tertentu dari karakter yang diamati.
  • Recognition: merupakan suatu proses untuk mengenali karakter yang diamati dengan cara membandingkan ciri-ciri karakter yang diperoleh dengan ciri-ciri karakter yang ada pada basis data.

Setelah Anda memahami cara kerja dan proses yang terjadi pada program OCR, kemudian bagaimana cara memilih perangkat lunak OCR yang terbaik? Memilih perangkat lunak OCR memang sangat penting karena akan menentukan keberhasilan bisnis Anda. Tak perlu khawatir, karena Verihubs bisa jadi partner terbaik untuk bisnis Anda.

Baca juga: Penerapan Character Detection pada Proses Validasi Data dengan OCR

Verihubs punya berbagai macam solusi untuk segala kebutuhan bisnis Anda. Misalnya, Verihubs punya fitur OCR for ID Card yang memiliki banyak keunggulan. Algoritma yang digunakan berbasis AI, sehingga bisa diandalkan untuk ekstraksi data KTP, otomatisasi input data, hingga pengambilan foto ID untuk proses pemeriksaan. Selain itu, OCR for ID Card juga bisa mengorganisasi dan menyusun data menjadi terstruktur, di mana data seperti ini lebih mudah diolah sehingga akan memudahkan proses onboarding atau verifikasi. Bahkan, kemampuan mendeteksi blur, silau, atau input yang terlalu gelap menjadikan fitur ini sangat unggul.

Jangan tunda lagi, segera hubungi kontak layanan Verihubs untuk dapatkan penjelasan secara detail mengenai produk dan fitur-fitur unggulan dari Verihubs!

Artikel Terbaru Kami

biometrik inklusif

Biometrik Inklusif: Memperkuat Keamanan Industri Keuangan

Mengenal Apa Itu CFT dalam Melawan Pendanaan Terorisme

modus penipuan terbaru

Waspada! 5 Modus Penipuan Terbaru Salah Satunya dari WA!