Wajib Tahu! 9 Keunggulan Sistem Biometrik dan Penggunaannya

sistem biometrik adalah

Untuk mencegah kejahatan siber berbasis digital dan teknologi yang semakin marak terjadi, sistem biometrik adalah solusi yang bisa diandalkan. Biometrik didefinisikan sebagai cara paling praktis untuk mengidentifikasi dan mengotentikasi individu manusia dengan cara yang andal dan cepat melalui karakteristik biologis yang unik.

Beberapa sumber data biometrik yang biasanya digunakan untuk verifikasi identitas seseorang, di antaranya adalah foto wajah, rekaman suara, sidik jari, serta retina mata. Data yang sudah tersimpan akan dibandingkan dengan database lain yang tersimpan, dan karena keunikannya, maka dapat dipastikan tidak ada data yang bisa sama antara satu individu dengan lainnya.

Penggunaan sistem biometrik adalah hal penting untuk mencegah terjadinya penipuan dokumen, pencurian identitas, kejahatan dunia maya, dan lain sebagainya.

Keunggulan Sistem Biometrik Adalah Sebagai Berikut

Berikut ini adalah berbagai manfaat yang menjadikan teknologi biometrik lebih unggul jika dibandingkan dengan metode pengamanan lain yang lebih konvensional:

  1. Biometrik adalah sistem verifikasi data yang sangat efisien, karena tidak butuh proses panjang yang melibatkan banyak pihak.
  2. Sistem biometrik memverifikasi data yang masif, dalam waktu yang cukup singkat.
  3. Sistem biometrik dapat mengenali identitas seseorang dengan tepat, akurat, dan konsisten. Sehingga hal ini akan mengurangi risiko pemalsuan atau masalah kemiripan data.
  4. Basis data dari sistem biometrik adalah ciri-ciri fisik yang unik, sehingga tidak perlu membawa alat verifikasi semacam kartu atau perangkat lain.
  5. Menghindari pencurian kata sandi atau risiko lupa sandi. Pada sistem biometrik, kunci verifikasi adalah ciri fisik yang selalu melekat pada tubuh seseorang.
  6. Kesulitan akses karena rumitnya teknologi dapat dihindari, karena verifikasi mudah untuk ditunjukkan tanpa intervensi atau petunjuk pihak lain.
  7. Aspek akuntabilitas sistem keamanan akan lebih terjaga, aman, terpercaya, dan lebih presisi.
  8. Dapat menghindari kerusakan alat verifikasi yang berupa benda, seperti kartu. Dengan biometrik, maka verifikasi dilakukan dengan data fisik, sepatu retina, sidik jari, sampai getaran suara.
  9. Privasi dan keamanan sistem data tunggal lebih terjaga, mengingat sistem biometrik hanya dapat diakses oleh satu orang dengan ciri fisik tertentu yang terdata secara biometrik.

Baca juga: Sistem Keamanan Biometrik, Proteksi Optimal untuk Akun User

Penggunaan Sistem Biometrik di Masa Depan

sistem biometrik adalah
Sumber: Freepik

Banyak orang mengatakan bahwa sistem biometrik adalah teknologi keamanan masa depan. Bahkan kini tidak sedikit berbagai sektor di dunia yang telah berinvestasi dalam pengembangan teknologi biometrik untuk keperluan mereka sendiri.

Setidaknya ada 10 macam pengembangan teknologi biometrik yang diadaptasi baik dalam dunia kerja dan hal lainnya:

1. Layanan Finansial

Meningkatnya cyber crime secara finansial, membuat industri finansial mau tak mau harus meningkatkan sistem keamanan dalam hal otentikasi pengguna.

2. Personalisasi dan Keamanan Otomotif

Pasar global biometrik untuk sektor otomotif diprediksi sedang merangkak naik hingga empat tahun mendatang, di mana sudah mulai banyak pabrikan yang berlomba-lomba mengintegrasikan teknologi biometrik ke dalam kendaraan mereka. Variasi metode yang digunakan mulai dari sidik jari, pengenalan suara, hingga iris mata. 

3. Identifikasi Penegakan Hukum

Dengan teknologi yang semakin canggih, aparat hukum seperti polisi bisa lebih terbantu dalam mengenali pelaku kejahatan menggunakan scan biometrik yang terintegrasi dengan data penduduk. Metode scanning-nya juga bisa menggunakan infrared pada sidik jari yang tertinggal di tempat kejadian perkara.

4. Komputasi

Sistem biometrik dalam komputasi adalah tren yang berkembang pesat. Banyak manufaktur yang menambahkan otentikasi biometrik untuk perangkat konsumen sebagai fitur keamanan tambahan. Sementara itu pada skala yang lebih kompleks untuk keamanan organisasional, teknologi biometrik juga digunakan untuk mengamankan user operations dan jaringan komputer.

5. Travel

Teknologi sidik jari umum digunakan untuk verifikasi e-passport, e-visa, dan SIM. Bahkan Australia telah mengumumkan rencananya untuk memberlakukan “contactless traveler clearance process” untuk mencegah aktivitas kriminal dan terorisme dan mengetahui mana orang-orang yang memang ingin sekedar melancong.

6. Kesehatan

Meningkatnya penipuan kesehatan serta pencurian identitas medikal menjadi pencetus solusi biometrik, di mana teknologi biometrik untuk kesehatan biasanya digunakan untuk memverifikasi identitas pasien dan staff. Selain itu juga akan digunakan untuk proteksi terhadap penipuan dan mencegah duplikasi rekam jejak pasien, serta untuk akses kontrol pintu pada area sensitif khusus di rumah sakit dan manajemen.

7. Keamanan Wilayah

Negara-negara maju telah meningkatkan keamanan dalam identifikasi penduduk asing untuk mengamankan daerah perbatasan. Selain itu juga untuk mencegah masuknya pendatang dengan resiko kesehatan dan keamanan, atau yang menggunakan visa palsu dan kadaluarsa.

8. Tempat Kerja

Penggunaan sistem biometrik pada dunia kerja mendatangkan banyak sekali manfaat. Perusahaan modern lebih banyak memilih teknologi biometrik selain untuk keamanan dan kemudahan organisir karyawan, juga karena dapat diintegrasikan dengan sistem personalia yang berisi perhitungan gaji karyawan berdasarkan sistem absensi yang ada.

9. Studi Klinis

Bagi Anda yang sering berpartisipasi dalam studi klinis yang mendalami riset tertentu, maka teknologi biometrik bisa digunakan untuk memastikan bahwa partisipan tersebut hanya mengikuti satu riset dalam satu waktu saja. Risetnya bisa bermacam-macam, di antaranya seperti riset lingkungan, sosial, hingga kesehatan.

10. Hotel

Sebagian besar hotel sudah mulai beralih menggunakan biometrik untuk memudahkan transaksi dengan para tamu dengan keamanan data yang lebih terjamin. Banyak hotel telah mengganti sistem kartu elektronik dengan sistem kunci pintu sidik jari untuk setiap kamarnya. Tamu yang akan check-in melakukan scan sidik jari pada counter dan data reservasi mereka akan muncul secara lengkap dengan informasi pilihan mereka. Beberapa sistem tertentu memungkinkan tamu dapat mengotentikasi transaksi dan layanan menggunakan sidik jari yang akan terakumulasi dan terintegrasi langsung dengan total tagihan tamu.

Baca juga: Mengenal Jenis dan Kelebihan Teknologi Biometrik Masa Kini

Pengembangan sistem biometrik untuk saat ini memang sedang naik daun. Di Indonesia sendiri, penggunaannya sebetulnya bisa dibilang masih terbatas, masih banyak yang bisa dikembangkan lagi dari teknologi ini. 

Bagaimana, Anda mulai melirik teknologi canggih yang satu ini? Mari kenalan dengan sistem biometrik dari Verihubs!Aplikasi berbasis teknologi yang dimiliki oleh Verihubs benar-benar fleksibel dan mudah disesuaikan, sehingga dapat mengakomodir berbagai keperluan Anda. Biometric Verification yang tersedia sebagai salah satu produk unggulan dari Verihubs bisa membantu Anda untuk memindai wajah dan mendeteksi ekspresi dari wajah pengguna. Untuk keterangan lebih lanjut, silakan menghubungi kontak layanan pelanggan Verihubs sekarang juga!

Artikel Terbaru Kami

biometrik inklusif

Biometrik Inklusif: Memperkuat Keamanan Industri Keuangan

Mengenal Apa Itu CFT dalam Melawan Pendanaan Terorisme

modus penipuan terbaru

Waspada! 5 Modus Penipuan Terbaru Salah Satunya dari WA!