SMS Marketing di Era Digital, Apakah Masih Relevan?

sms marketing

Di era yang serba digital seperti sekarang ini, digital marketing memegang porsi besar dalam alokasi anggaran perusahaan dalam aktivitas pemasarannya. Namun demikian, salah satu metode yang terbilang klasik namun cukup efektif, seperti SMS marketing, ternyata menawarkan alternatif yang menarik.

Tapi apa itu SMS marketing?

Nah untuk memahaminya secara lebih mendalam dan mungkin memasukkannya ke dalam strategi pemasaran yang Anda miliki, Anda bisa simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Baca Juga: Berkenalan dengan Kode Verifikasi SMS untuk Proteksi Akses User

Apa Itu SMS Marketing?

sms marketing
Sumber: freepik.com

Sudah bisa ditebak, SMS marketing adalah sebuah aktivitas atau metode pemasaran yang dilakukan dengan mengirimkan pesan promosi, melalui layanan pesan singkat atau SMS. Metode ini dapat memberikan opsi pengiriman direct ke pelanggan yang Anda miliki, sehingga potensi penangkapan pesan semakin tinggi.

Karena dikirimkan langsung ke nomor seluler yang dimiliki user, maka pemasaran langsung ini mewajibkan Anda memiliki kontak valid dari user tersebut. Namun ketika database kontak ini telah dimiliki, eksekusi metode pemasaran ini bisa dilakukan sesegera mungkin, dengan penyusunan copy yang ideal sesuai dengan tujuan pemasaran Anda.

Perannya dalam Bisnis dan Dunia Pemasaran

sms marketing
Sumber: freepik.com

Meski cukup klasik, penggunaan metode pemasaran ini memiliki peran yang cukup besar dalam industri dan bisnis. Sedikitnya terdapat tiga peran besar yang dijalankan metode pemasaran klasik ini, dan bisa Anda simak penjelasannya di bawah ini.

1. Menjangkau Hampir Setiap Orang

Memang setiap orang kini memiliki media sosial yang menjadi salah satu cara berkomunikasi. Namun pemanfaatan media sosial tetap memiliki segmentasi yang jelas, dan tidak benar benar semua orang memiliki akun di semua platform.

Dengan penggunaan SMS, maka pesan pemasaran yang ingin dikirimkan benar-benar dapat menjangkau semua orang, sebab ‘identitas’ yang digunakan adalah nomor seluler. Nomor seluler dapat dipastikan dimiliki semua orang, yang memiliki smartphone atau telepon seluler.

Jangkauannya menjadi menyeluruh dan benar-benar luas.

2. Meningkatkan Kepuasan User

Karena model interaksinya yang langsung dan lebih dekat, maka Anda dapat berkomunikasi dengan user atau pelanggan yang Anda miliki secara langsung. Respon cepat dapat diberikan, sehingga tingkat kepuasan yang dirasakan pelanggan atas layanan juga lebih baik.

Hal ini serupa dengan metode pengiriman pesan pemasaran menggunakan WhatsApp atau WhatsApp marketing dari sisi sifat dan model interaksi. Hanya saja, media yang dimanfaatkan adalah layanan pesan singkat yang jaringannya lebih luas.

3. Meningkatkan Respon Pelanggan

Mengacu pada penelitian yang dilakukan Text Marketer, ternyata pengiriman SMS berisi pesan promosi ini lebih mungkin ditanggapi oleh pelanggan hingga 8 kali lipat daripada mengirimkan pesan melalui email.

Hal yang sama juga berlaku untuk pengiriman tautan pada pesan promosi tersebut. Dicatatkan bahwa tingkat follow up dari tautan yang dikirimkan melalui SMS marketing mencapai 19%, sedangkan pengiriman tautan melalui email hanya berada di angka 4,2% saja.

Cukup menarik bukan?

Masuk pada Strategi Penggunaan Pemasaran SMS

sms marketing
Sumber: freepik.com

Sederet strategi dapat digunakan untuk SMS marketing ini. Beberapa diantaranya dapat Anda cermati dalam poin singkat berikut.

  • Pertama, tentukan sasaran. Apa yang ingin Anda tuju? Apakah awareness? Lead ke situs resmi? Atau justru penjualan langsung? Tujuan ini akan menentukan isi dari pesan yang dikirimkan. Pastikan tujuannya spesifik, terukur, bisa dicapai, relevan, dan memiliki tenggat waktu tertentu.
  • Kedua, kelola dengan baik. SMS marketing dapat menjadi satu campaign terpadu yang efektif ketika dikelola oleh sebuah tim. Libatkan beberapa orang untuk menyusunnya, dan pastikan semua mengetahui tujuan yang ingin dicapai.
  • Ketiga, cermati adanya call to action. Dengan adanya CTA Anda dapat mengharapkan adanya aksi dari penerimaan pesan yang dikirimkan pada user.
  • Keempat, interaksi yang membutuhkan respon. Misalnya dengan meminta pelanggan membalas Ya jika ingin menggunakan kode promo, dan sejenisnya.
  • Kelima, cermati ketentuan legal yang meregulasi kegiatan SMS marketing ini. Jangan sampai niat Anda untuk memasarkan produk justru membawa Anda pada masalah hukum.
  • Keenam, integrasi saluran dan media yang dimiliki bisnis. Pastikan tautan yang ada di SMS bisa diakses oleh user, kemanapun arah tautan ini. Jelas, tautan harus relevan dengan SMS yang dikirimkan sebelumnya.
  • Ketujuh, zona waktu. Memperhatikan zona waktu user juga penting sebab ini berkaitan dengan jam aktif user menggunakan perangkat telepon selulernya.

Tren SMS Marketing Kekinian

Di era sekarang, ternyata tren SMS marketing masih dirasa cukup relevan. Tidak sedikit bisnis, yang justru baru mulai melirik metode pemasaran ini. Metode pemasaran yang sebenarnya klasik akan menjadi efektif ketika diintegrasikan dengan teknologi terkini, seperti verifikasi nomor telepon user.

Mengapa demikian?

Dikabarkan perusahaan sebesar HBO melakukan kampanye pemasaran SMS hingga menjangkau 70.000 pelanggan dalam waktu 2 bulan saja dalam rangka mempromosikan musim baru dari salah satu serial andalannya, Game of Thrones. Hal ini disampaikan dalam topgoogle.ru.

Baca Juga: SMS Spam, Bagaimana Cara Mencegah dan Melaporkannya? 

Eksekusi SMS marketing jelas memerlukan verifikasi nomor pengguna yang valid, sehingga SMS yang Anda kirimkan benar-benar mencapai pelanggan yang menjadi sasaran Anda. Tidak perlu cemas, karena kini verifikasi nomor telepon akan dapat dilakukan dengan mudah bersama Verihubs.

Verifikasi Nomor Pengguna dengan SMS Global OTP Verihubs

Anda dapat melakukan pengiriman pesan ke semua user yang Anda miliki dengan tarif API terbaik untuk pengiriman one-time password, notifikasi, hingga pesan promosi dengan produk ini. SMS Global OTP Mudah digunakan, hemat biaya, jangkauan luas, opsi paket yang menarik, hingga ID Pengirim yang dapat di-custom, menjadikan produk ini optimal untuk urusan bisnis Anda. Anda dapat menghubungi layanan pelanggan kami sekarang, dan dapatkan semua informasi lengkap mengenai produk ini.

Artikel Terbaru Kami

biometrik inklusif

Biometrik Inklusif: Memperkuat Keamanan Industri Keuangan

Mengenal Apa Itu CFT dalam Melawan Pendanaan Terorisme

modus penipuan terbaru

Waspada! 5 Modus Penipuan Terbaru Salah Satunya dari WA!