10 Rekomendasi Software HR Indonesia, Apa Manfaatnya?

software hr indonesia

Optimasi proses internal perusahaan memiliki peran yang sama besarnya dengan upaya pemasaran dan pengembangan bisnis eksternal. Berbagai jenis software kemudian dapat digunakan, seperti misalnya software di bidang HR. Tidak perlu jauh mencari, sebab ternyata software HR Indonesia juga banyak tersedia dan memiliki kualitas yang sangat baik.

Untuk Anda yang belum menggunakan perangkat ini di perusahaan tentu masih bertanya-tanya kira-kira apa manfaat dan bagaimana cara kerjanya. Dalam rangka turut membantu Anda mengembangkan bisnis, Anda dapat memperoleh informasinya pada poin-poin di bawah ini.

Baca Juga: 4 Tahapan dalam Proses Verifikasi Biometrik User

Manfaat Software HR untuk Bisnis

software hr indonesia
Sumber: freepik.com

Software HRD sendiri dapat dipahami sebagai sebuah perangkat lunak yang dapat diinstal di jaringan milik perusahaan, dengan fitur yang dapat memudahkan bagian HRD dalam mengelola data dan melakukan pekerjaannya.

Secara umum, software seperti ini akan memiliki beberapa fitur utama. Mulai dari database karyawan, kemudian pencatatan presensi, modul pengajuan cuti, sistem payroll, perhitungan pajak PPh Pasal 21 dan potongan atau program iuran lain, laporan SPT, hingga pada report harian.

Dengan beberapa fitur dan modul yang ada di dalamnya itulah kemudian perangkat lunak ini dapat membantu optimasi kinerja HRD, dan karyawan secara umum.

Untuk manfaatnya sendiri antara lain sebagai berikut.

1. Meminimalisir Terjadinya Human Error

Jelas karena semua proses akan banyak dibantu oleh software, maka terjadinya human error dapat diminimalisir. Proses yang menjadi hal rutin dapat diotomasi, sehingga lebih cepat dan akurat dalam eksekusinya.

Misalnya input data, pengolahan data karyawan terkait gaji dan potongan pajak, insentif dan perhitungan uang lembur, serta perhitungan jam kerja dan cuti yang ada, bisa dikelola dengan lebih efektif dan minim kesalahan dari faktor staf HRD yang bertugas.

2. Efisiensi Waktu dan Pekerjaan Tim HRD

Manfaat kedua adalah meningkatkan efisiensi waktu dan pekerjaan dari tim HRD yang Anda miliki. Banyak proses dapat berjalan secara otomatis, sehingga tidak lagi membutuhkan banyak waktu untuk dikerjakan.

Hasilnya, effort dan daya yang dimiliki tim HRD dapat difokuskan untuk meningkatkan hal lain dan membuat strategi penting lainnya, seperti proses rekrutmen yang optimal, pengembangan skill karyawan, program apresiasi, dan pengelolaan waktu kerja yang lebih efisien.

3. Memudahkan Akses Informasi Karyawan

Akses informasi pada data yang dimiliki karyawan dapat dilakukan dengan mudah, sebab terkumpul dalam satu database yang dikelola oleh perusahaan. Dengan begini ketika karyawan perlu mengelola datanya, karyawan dapat melakukannya dengan mudah, tentu dengan sepengetahuan pihak HRD.

Di sisi lain pengajuan cuti, urusan dinas luar, perizinan, atau penilaian karyawan juga dapat dilakukan dengan lebih baik sebab semua data dapat ditampilkan dengan cepat secara detail. Database ini juga dapat menjadi acuan verifikasi presensi, sehingga sistem yang dimiliki menjadi lebih kuat dan akurat.

4. Membantu Proses Rekrutmen dan Onboarding Karyawan

Proses rekrutmen adalah hal krusial dalam bisnis, sehingga harus dilaksanakan dengan baik. Salah satu tugas dari bagian HRD ini juga dapat terbantu, karena penyortiran CV dan proses wawancara hingga onboarding dapat juga terbantu dengan keberadaan fitur di software HR yang digunakan.

Bagaimana dengan Cara Kerjanya?

software hr indonesia
Sumber: freepik.com

Masing-masing penyedia layanan dan produk software HR Indonesia tentu memiliki keunikan dan alur kerjanya masing-masing, masing, yang dirasa paling efektif untuk diterapkan. Perusahaan Anda kemudian dapat dengan leluasa memilih produk terbaik untuk digunakan, agar dapat menunjang operasional perusahaan.

Meski demikian, cara kerja perangkat lunak ini sebenarnya cukup sederhana. Terdapat beberapa bagian utama yang bisa dikategorikan. Pertama adalah fitur atau sistem yang ada, kemudian pengelola sistem yang dalam hal ini adalah HRD, dan ketiga adalah user, yakni karyawan yang ada di perusahaan.

  • Setup sistem dan software HRD menjadi langkah pertama yang dilakukan untuk menggunakan produk ini. Semua dapat dibantu oleh teknisi yang dikirimkan oleh penyedia produk, atau melalui petunjuk yang dapat diikuti.
  • Kemudian pengelola, bagian HRD perusahaan Anda, melakukan input data yang diperlukan dan disesuaikan dengan kebutuhan bisnis yang dimiliki. Semua fitur dapat digunakan sesuai dengan keperluan, dan disesuaikan dengan sistem kerja perusahaan.
  • Setelah sistem dapat bekerja, user, yang dalam hal ini adalah karyawan, dapat mulai melakukan verifikasi data yang mereka miliki. Database dapat di-setup oleh HRD atau dengan partisipasi karyawan, tergantung kebutuhan dan kebijakan perusahaan.
  • Sistem telah berjalan, pengelola sudah siap mengolah data, dan user dapat turut mengakses fiturnya. Masukan atau input dari karyawan bisa segera diproses oleh HRD, untuk kemudian dilanjutkan dengan berbagai tahapan sesuai dengan fitur yang digunakan.
  • Misalnya, input berupa presensi, akan tercatat secara detail tanggal, jam, dan identitas karyawan di perusahaan. Data ini masuk ke database, dan dapat diolah menjadi dasar untuk perhitungan gaji. Hal serupa juga berlaku untuk berbagai fitur lain yang disediakan software HR pilihan Anda, seperti pada pengajuan dan pengelolaan cuti, perhitungan pajak, bahkan hingga urusan rekrutmen.

Cukup jelas bukan?

Lalu Apa Saja Rekomendasi Software HR Indonesia yang Ada?

software hr indonesia
Sumber: freepik.com

Untuk rekomendasinya sendiri, Anda dapat secara langsung mengakses situs resmi dari masing-masing perusahaan yang berada di bidang tersebut, secara singkat daftarnya adalah sebagai berikut.

  1. HR System GreatDay HR
  2. Sistem HRM Paycor
  3. HR Software Talenta
  4. Software HRIS Orangehrm
  5. Program HRM SAP
  6. Program HRIS WebHR
  7. Aplikasi HRM Deskera
  8. Software HR Oracle
  9. Aplikasi HRIS Namely
  10. HR Management Software by Hashmicro

Tentu masih banyak nama-nama produk lain yang bisa Anda temukan, dan gunakan untuk menunjang bisnis Anda.

Baca Juga: Intip Cara Kerja Absensi Face Recognition dan 5 Kelebihannya 

Keberadaan software HR Indonesia memang menjadi hal yang sangat membantu pebisnis dalam mengelola sumber daya manusia yang dimilikinya. Jelas, agar semakin optimal, keberadaan dan fungsi perangkat lunak ini juga harus didukung dengan produk verifikasi solid, sehingga setiap proses yang berjalan dapat dipastikan kebenaran identitas karyawan, dan tidak ada kesalahan dalam eksekusi keputusannya.

Verihubs, Menjadi Opsi Berkualitas Produk Verifikasi Anda

Keberadaan Verihubs dalam urusan ini kemudian menjadi relevan, karena Verihubs dapat membantu Anda memverifikasi identitas karyawan yang Anda miliki. Baik dengan Identity Verification, kemudian Biometric Verification, semua dapat dimanfaatkan secara optimal dan dikombinasikan dengan fitur dari software HR Indonesia yang Anda gunakan. Berbekal sistem yang solid dan database milik Dukcapil, verifikasi yang dilakukan oleh Verihubs dijamin akurat. Segera hubungi layanan pelanggan kami, dan dapatkan informasi lebih lengkapnya sekarang juga!

Artikel Terbaru Kami

ikd digital

Apa Itu IKD Digital? Verifikasi Identitas dengan Mudah!

pemasaran digital

Pemasaran Digital (Digital Marketing): Strategi dan Jenisnya

absensi digital sekolah

Studi Kasus: 4 Peranan Absensi Digital Sekolah dan Contohnya