Penerapan Teknologi OCR & Biometrik dalam Rumah Sakit

ocr rumah sakit

Teknologi OCR rumah sakit yang diterapkan bersama dengan biometrik menciptakan paradigma dan alur baru dalam penerapan layanan kesehatan. Tepatnya, membantu praktek pelayanan kesehatan lebih efisien dan efektif. 

Bagaimana bisa demikian? Apa sebenarnya OCR itu? Simak penjabaran selengkapnya hingga akhir artikel ini!

Apa Itu Optical Character Recognition (OCR)? 

Jadi, Pengenalan Karakter Optik merupakan teknologi yang mengubah teks dalam gambar atau dokumen yang diperoleh melalui hasil pemindaian, menjadi format teks yang dapat terbaca serta mendapatkan langkah editing oleh komputer. Sederhananya, mata digital yang memungkinkan komputer menginterpretasikan teks dalam gambar.

Bagaimana OCR beroperasi? Ada beberapa tahapan hingga komputer dapat membaca dan menerjemahkan sebagaimana penjabaran di atas.

  1. Langkah pertama adalah pengambilan gambar, tepatnya penyimpanan gambar hasil pemindaian.
  2. Berikutnya, langkah pre-processing, di mana gambar diubah menjadi format yang sesuai untuk pemrosesan dengan OCR. Langkahnya terbagi menjadi beberapa tahapan di bawah ini. 
    • Deskewing: Meluruskan gambar yang miring.
    • Menghilangkan elemen gambar yang mengganggu, seperti noda atau garis.
    • Selanjutnya binerisasi, yaitu mengubah gambar menjadi hitam putih.
  1. Berikutnya, masuk segmentasi, yaitu memisahkan gambar menjadi elemen individual, per karakter.
  2. Kemudian, Pengenalan Karakter menjadi langkah OCR rumah sakit berikutnya, di mana menggunakan algoritma pencocokan pola untuk mengidentifikasi masing-masing elemen sebagai karakter khusus.
  3. Lalu, pasca-pemrosesan merupakan langkah terakhir, di mana hasil pengenalan karakter melalui perbaikan untuk meningkatkan akurasi. Caranya dengan: mengoreksi ejaan dan mengatur tata letak agar sesuai dokumen asli.

Manfaat OCR

Apa saja manfaat dari menerapkan OCR di rumah sakit? Jawabannya, banyak! Anda bisa mencerna penjabaran masing-masing manfaat OCR berikut!

1. Meningkatkan Kecepatan

OCR membantu mempercepat proses pengubahan dokumen fisik menjadi format digital dengan cepat. Hal itu tentu menghemat waktu dan tenaga staf rumah sakit dan pihak-pihak yang terlibat di dalamnya. Dengan kata lain, juga berarti pasien lekas mendapatkan penanganan tepat.

2. Meningkatkan Akurasi

Manfaat OCR rumah sakit  berikutnya adalah untuk meminimalisir kesalahan yang terjadi pada entri data manual. Pasalnya, banyak kasus demikian yang terjadi, akibat staf yang bertugas kelelahan, sehingga kurang konsentrasi ketika memasukkan dan mengatur data secara konvensional. 

3. Meningkatkan Produktivitas

Manfaat berikutnya adalah untuk meningkatkan produktivitas, khususnya untuk pegawai di bagian administrasi rumah sakit, di mana tugas-tugas yang berkaitan dengan pemrosesan teks, seperti ekstraksi data dari formulir atau faktur, menjadi otomatis. Hasilnya, pekerjaan dalam jumlah besar lebih cepat selesai.

4. Meningkatkan Aksesibilitas

Keterlibatan teknologi yang merupakan pengembangan dari kecerdasan artifisial ini juga meningkatkan aksesibilitas. Sebab, OCR memungkinkan konversi teks menjadi format yang dapat terbaca bagi penyandang tunanetra. Jadi, penyandang disabilitas tidak akan lagi terbatas dalam mendapatkan informasi perihal informasi kesehatannya.

5. Mempermudah Klaim Asuransi

Manfaat lainnya adalah OCR dapat mempermudah klaim asuransi pasien. Selama ini, proses tersebut sering berjalan alot, apalagi jika terjadi kesalahan data akibat input manual. Melalui OCR, kesalahan dapat diminimalisir dan pengajuan klaim jadi lebih cepat serta mudah.

Penerapan OCR Rumah Sakit

Setelah memahami tentang pengertian dan manfaat yang OCR miliki, lantas bagaimana prosedur penerapannya di rumah sakit? Apa saja implementasinya yang membuat OCR memiliki peranan krusial yang wajib dipertimbangkan oleh setiap fasilitas kesehatan?

1. Proses Registrasi Pasien

Penerapan pertama tentu dimulai dari sistem pendaftaran calon pasien. Pihak terkait harus melakukan pendaftaran secara online melalui aplikasi, di mana kamera perangkat akan memindai kartu identitasnya. Setelah itu, proses ekstraksi akan mulai berlangsung untuk mendapatkan informasi penting.

Hal itu meliputi nomor KTP, nama lengkap, alamat, dan tanggal lahir. Jika sudah, sistem akan melakukan validasi data yang terhubung dengan sistem Dukcapil. Bila data yang tampil sudah sesuai, maka pengguna akan mendapatkan pratinjau informasi yang telah melalui proses ekstraksi.

2. Digital Payment

Berikutnya adalah sistem pembayaran digital, yang menjadi bagian dukungan program cashless pemerintah, tentunya di samping tujuan menyediakan cara pembayaran yang lebih mudah, aman, cepat, dan praktis. 

Tahapan untuk metode pembayaran digital untuk layanan kesehatan yang didapat tidak berbeda dengan registrasi pasien, yakni.

  1. Lakukan pendaftaran di aplikasi, kemudian verifikasi wajah.
  2. Sistem akan menyimpan data Anda ke jaringan database.
  3. Masuk ke menu pembayaran dan silakan melakukan verifikasi wajah sekali lagi.
  4. Pencocokan dengan data tersimpan akan dilakukan lebih dulu pada sistem OCR rumah sakit.
  5. Bila sesuai, Anda akan dialihkan pada halaman pembayaran sesuai layanan medis yang didapat, kemudian bisa melakukan pelunasan sesuai nominal tertera.

3. Access Control System

Data pribadi pasien merupakan informasi pribadi, sehingga harus terjaga dengan baik. Menerapkan OCR pada layanan public healthcare akan membantu menghalangi data terakses oleh pihak tidak berkepentingan, apalagi sampai dimanfaatkan. Jadi, dengan teknologi ini, hanya orang yang terverifikasi sistem yang dapat mengakses data pasien tersebut.

Baca Juga: 5 Aplikasi Rumah Sakit SIMRS Menggunakan Teknologi AI Terbaik

Tips Memilih Penyedia OCR Terbaik 

Bukan merupakan hal sepele bukan penerapan OCR dalam industri kesehatan? Apalagi berkaitan dengan data pribadi pasien yang rentan penyalahgunaan, akurasi serta efisiensi pelayanan, dan banyak lagi. Supaya tidak salah memilih penyedia OCR, Anda perlu menerapkan beberapa tips di bawah ini.

  1. Pilih yang memiliki pengalaman cukup, khususnya di bidang AI untuk kesehatan.
  2. Cari tahu rekam jejak melalui portofolio penyedia OCR dan testimoni yang dapat Anda temukan di mesin pencari atau lingkungan terdekat.
  3. Di dalam memilih penyedia OCR rumah sakit, pilih yang menyediakan fitur paling lengkap, dengan tampilan sistem (UI) sederhana, sehingga ringan, cepat, dan mudah pengoperasiannya.
  4. Pastikan memenuhi standar nasional dan internasional serta memiliki legalitas yang jelas.
  5. Utamakan penyedia OCR yang mampu memberikan layanan tanggap, garansi, serta langkah nyata dalam penanganan kendala yang muncul.

Jika Anda menerapkan langkah-langkah sederhana di atas, maka kecil kemungkinan Anda mendapatkan penyedia OCR yang tidak tepat. Sebagai tambahan, jangan mudah tergiur oleh penawaran menarik, seperti diskon potongan harga yang tidak masuk akal, di mana kerap menjadi modus kejahatan siber.

Verihubs, Penyedia OCR Terbaik untuk Anda

Sudah mencoba, namun belum menemukan penyedia OCR rumah sakit yang sesuai keinginan? Maka, Anda mungkin bisa mencoba layanan OCR Verihubs. Mengapa harus Verihubs di antara sekian banyak kompetitor di bidang yang sama?

  1. Verihubs menggunakan biometric technology terbaik yang canggih, sehingga dapat memberikan notifikasi saat subjek tengah menggunakan aksesoris pada bagian wajah.
  2. Teknologi biometrik Verihubs mampu memberikan saran untuk memperbaiki posisi objek, ketika objek gambar mempunyai kualitas rendah.
  3. OCR Verihubs memiliki sertifikasi ISO 27001 berstandar internasional, sehingga kredibilitas dan kehandalannya tidak perlu diragukan.
  4. Selain sertifikasi di atas, OCR ini juga memiliki sertifikasi NIST FRTE 1:1 & 1:N yang memiliki tingkat akurasi 99,95% dalam proses verifikasi dan validasi data.
  5. Dilengkapi dengan liveness detection, sehingga menghindari fraud.

Anda bisa memeriksa website resmi Verihubs untuk mendapatkan informasi lebih lengkap tentang layanan yang satu ini. Tentunya, Anda tidak ingin bermain-main dengan akurasi data dan informasi pribadi pasien, bukan? Andalkan OCR Verihubs untuk membangun infrastruktur kesehatan yang lebih baik!

SOURCE:

https://nanonets.com/blog/ocr-for-healthcare/
https://www.netmarks.co.id/post/transformasi-digital-administrasi-rumah-sakit-dengan-optical-character-recognition-ocr
https://www.shaip.com/blog/ocr-in-healthcare/
https://verihubs.com/hospital/
https://aws.amazon.com/id/what-is/ocr/

Artikel Terbaru Kami

software ocr terbaik

Software OCR Terbaik untuk E-KYC & Verifikasi KTP, Verihubs!

dampak ai

Dampak AI (Artificial Intelligence) pada Industri Asuransi

aml cft

KYC, AML, dan CFT: Apa Itu Hingga Apa Manfaatnya?