Produk
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Verifikasi nomor telepon pengguna secara real-time.
Phone Number Verification
Phone Number Verification
Identity Verification
Identity Verification
Verifikasi Identitas Pengguna dengan sumber data yang terpercaya.
Identity Verification
Identity Verification
Biometric Verification
Biometric Verification
Kenali identitas wajah pengguna dengan teknologi Artificial Intelligence.
Biometric Verification
Biometric Verification
Business Verification
Business Verification
Hindari risiko bisnis dengan mengenali rekan bisnis anda.
Business Verification
Business Verification
Employee Verification
Employee Verification
Verifikasi identitas lengkap untuk calon karyawan.

Customer Onboarding adalah Faktor Besar dalam Bisnis, Simak di Sini!

onboarding adalah

Dalam dunia ketenagakerjaan, konsep onboarding selalu ditujukan pada pembahasan orientasi pekerja baru saat bergabung ke perusahaan. Namun bagaimana dengan konsep onboarding sehubungan dengan pelanggan atau user baru? Onboarding adalah fase penting, agar user mampu menggunakan layanan dengan optimal dan sesuai prosedur yang diberlakukan perusahaan.

Dalam artikel singkat kali ini, akan dibahas lebih jauh mengenai onboarding pada konteks hubungan antara user dengan perusahaan. Mulai dari pengertiannya, manfaat customer onboarding bagi perusahaan, serta dibahas pula mengenai sistem verifikasi dari Verihubs untuk proses ini.

Maka tanpa banyak pengantar lagi, mari masuk ke pembahasannya satu per satu.

Pengertian Onboarding dalam Konteks Hubungan dengan User

onboarding adalah
Sumber : freepik.com

Pemahaman onboarding secara umum adalah sebagai proses orientasi seseorang pada ekosistem baru, bisa dalam konteks karyawan dengan perusahaan, atau user dan pelanggan dengan perusahaan. Secara umum tujuannya adalah membuat pihak yang akan menjalani proses ini paham dan bisa merasa nyaman dengan ekosistem barunya.

Customer onboarding sendiri merupakan proses orientasi pelanggan atau user dengan produk atau layanan yang ditawarkan perusahaan. Proses ini jadi langkah pertama dalam customer journey, yang akan menentukan apakah user akan terus menggunakan produk atau layanan yang disediakan perusahaan atau tidak.

Yang difokuskan dalam proses ini adalah interaksi awal perusahaan dengan pelanggan, dimana perusahaan berupaya memberikan kesan pertama yang baik agar user menjadi pelanggan setia dan terus menggunakan produk atau layanan yang disediakan.

Lalu Apa Manfaatnya untuk Perusahaan?

onboarding adalah
Sumber : freepik.com

Saat user mengenali produk baru, maka ada waktu yang dapat dimanfaatkan perusahaan untuk mengenalkan produknya, dan membuat user tertarik untuk menggunakan produk tersebut. Jika tahap ‘perkenalan’ ini dilakukan dengan tepat, maka user bisa menjadi pelanggan setia dari perusahaan.

Sederet manfaat bisa diperoleh saat perusahaan menerapkan sistem customer onboarding dengan tepat.

1. Mencegah Tingkat Customer Churn

Customer churn sendiri merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut pelanggan yang berhenti menggunakan produk perusahaan dan secara praktis tidak lagi menjadi pelanggan. Proses onboarding adalah upaya awal untuk menurunkan tingkat customer churn, sebab ketika perkenalan yang dilakukan berhasil user atau customer akan merasa nyaman dan menemukan produk yang solutif untuk masalah yang mereka miliki.

2. Meningkatkan Customer Retention

Jika customer churn adalah tingkat pelanggan yang berhenti menggunakan produk Anda, customer retention berarti sebaliknya. Istilah ini digunakan untuk menggambarkan customer atau user yang kembali menggunakan produk Anda. Jelas, ketika onboarding berhasil dengan baik, kondisi customer retention akan dicapai.

3. Peningkatan Keuntungan

Apa yang didapatkan dari pelanggan setia yang terus menggunakan produk perusahaan? Keuntungan yang terus meningkat dari waktu ke waktu. Pelanggan yang nyaman akan menjadi setia karena merasa puas, dan pelanggan yang puas memiliki kemungkinan besar menjadi agen word of mouth.

Lalu Apa Relevansinya dengan Produk dari Verihubs?

onboarding adalah

Proses onboarding adalah proses krusial dalam meraih pelanggan baru yang ada di pasar. Tentu, untuk mendapatkan pelanggan baru, diperlukan data terkait calon pelanggan ini. Untuk mengumpulkan data dan menyusun database serta melakukan verifikasi data tersebut, Verihubs adalah solusinya.

Dalam proses onboarding yang disediakan oleh sistem Verihubs memiliki setidaknya empat fitur andalan. Pertama penggunaan OTP (baik melalui pesan singkat dan WhatsApp), kemudian OCR yakni proses ekstrak data yang ada di KTP menggunakan basis operasional AI, Identity Verification, dan face recognition atau pengenalan wajah.

Proses autentikasi data-data tersebut secara langsung akan mengacu pada data yang dapat diakses Verihubs dari sumber valid dan legal, sehingga akurasi data yang masuk akan sangat tinggi. Perusahaan bisa secara langsung memiliki database yang kuat untuk urusan pemasaran dan pengembangan strategi bisnis selanjutnya.

Verihubs juga mampu membantu Anda membuat customer journey yang lebih simple dan mudah dipahami user Anda, tanpa mengorbankan standar keamanan untuk hal ini. Terkait integrasinya dengan sistem yang sudah Anda miliki, Verihubs sangat fleksibel dan mampu disesuaikan dengan modul sistem pilihan Anda sendiri karena sistemnya sudah API based.

Tidak Hanya End-to-End Verifikasi, namun Juga Optimasi Pengalaman Pelanggan

Dengan proses onboarding yang sederhana, mudah dipahami, dan mampu mengelola data dalam jumlah besar, perusahaan akan mendapatkan database kuat. Data ini, dapat digunakan untuk pertimbangan dalam penyusunan strategi pemasaran dan penjualan. Karena onboarding adalah satu proses yang dapat membawa manfaat besar untuk perusahaan, maka Anda sebagai pemilik perusahaan harus mampu menyusun proses yang paling efektif dan efisien. Dengan sistem yang dimiliki Verihubs, urusan onboarding adalah urusan mudah, dengan proses sederhana namun tetap memiliki efisiensi tinggi. Segera jalin kerjasama Anda dengan Verihubs dengan kontak kami, dan maksimalkan semua customizable module yang disediakan!