Kenalan dengan Whatsapp Bisnis dan 12 Contoh Penggunaannya

whatsapp bisnis

Ingin menggunakan Whatsapp Bisnis tapi masih belum paham apa fitur dan kegunaannya? Sebagai solusi untuk para pebisnis dan pengusaha, tentu saja Whatsapp bisnis menawarkan berbagai fitur tambahan yang didesain khusus untuk membantu para penggunanya.

Di dalam profil Whatsapp Bisnis, Anda bisa memuat informasi mengenai toko, deskripsi, jam operasional, alamat yang bisa diintegrasikan dengan maps, produk dan jasa yang ditawarkan, hingga email, website dan media sosial. Tidak ketinggalan, Anda juga bisa melengkapinya dengan foto profil seperti logo bisnis, supaya terlihat lebih profesional.

Supaya pengetahuan Anda lebih lengkap mengenai Whatsapp Bisnis dan contoh penggunaannya, mari simak ulasan di bawah ini sampai akhir.

Mengenal Fitur-Fitur Whatsapp Bisnis

whatsapp bisnis
Sumber: Freepik

Salah satu fitur Whatsapp Bisnis yang sangat menarik adalah quick replies. Ketika ada beberapa pelanggan menanyakan informasi yang sama, fitur ini bisa diandalkan sehingga Anda tidak harus membalas pesan tersebut secara berulang yang hanya akan menghabiskan banyak waktu. Dengan quick replies, Anda bisa membuat beberapa template pesan untuk menghemat waktu pengetikan pada saat membalas pertanyaan atau chat dari pelanggan. Anda hanya perlu mengetik shortcut-nya saja menuju template pesan yang diinginkan.

Kemudian ada juga fitur labels yang memungkinkan Anda bisa mengelompokkan pelanggan berdasarkan suatu kategori. Anda pun dapat membuat katalog dalam akun profil Whatsapp Bisnis untuk menampilkan foto produk hingga 500 foto. 

Jika menggunakan aplikasi Whatsapp Bisnis, Anda juga dapat berbagi short link dengan para pelanggan, supaya mereka bisa langsung memulai chat dengan akun Whatsapp Bisnis Anda. Fitur yang ditawarkan selanjutnya adalah pesan otomatis yang fungsinya mirip dengan quick replies. Hanya saja dalam pesan otomatis, Anda tidak perlu mengetik apapun karena secara otomatis, Whatsapp akan membalas pesan tersebut.

Semnetara itu, fitur broadcast memungkinkan Anda untuk mengirimkan pesan kepada sejumlah besar kontak yang Anda miliki. Dengan menggunakan fitur ini, Anda bisa mengirim pengumuman atau bahkan informasi promo kepada banyak pelanggan dengan cepat dan mudah.

Contoh Penggunaan Whatsapp Bisnis yang Berguna untuk Bisnis Anda

  1. Broadcast pesan promosi dapat dilakukan hingga ke 100.000 pengguna.
  2. Otomatiskan notifikasi melalui integrasi.
  3. Mengirimkan pengingat kepada pengguna untuk menyelesaikan pembelian mereka.
  4. Bisnis Keuangan, Perbankan, Kursus Online, Pendidikan, Otomotif, dan lainnya dapat meningkatkan pendaftaran aplikasi dengan cara mengirimkan pengingat pengantaran aplikasi (drop-off reminder) di Whatsapp.
  5. Kurangi kerugian RTO (Return to Origin) dengan mengurangi pesanan COD.
  6. Dapatkan umpan balik secara real-time untuk produk dan layanan Anda dengan mengirimkan tombol ‘Balas Cepat’.
  7. Berikan pembaruan pesanan dan pengiriman di WhatsApp.
  8. Konfirmasi pesanan dan upsell.
  9. Kirim pesan dengan tombol ‘Balas Cepat’ dan ajakan untuk bertindak (melakukan pembelian sekarang).
  10. Kirim detail produk dengan tombol pintar yang dapat langsung diklik.
  11. Memperkenalkan Program Loyalitas untuk para pelanggan.
  12. Install Chatbot Whatsapp yang ditingkatkan dengan AI dan pertahankan bisnis Anda tetap aktif selama 24 jam setiap hari.

Baca juga: Penggunaan WhatsApp API untuk Kelancaran Bisnis, Ini 7 Fungsinya!

Apa Itu Chatbot Whatsapp?

whatsapp bisnis
Sumber: Freepik

Chatbot WhatsApp adalah chatbot yang berfungsi di Whatsapp, menjawab pertanyaan pelanggan, menyelesaikan penjualan, dan mengumpulkan atribut pengguna di Whatsapp. Ini berfungsi seperti agen customer service yang memberikan pengalaman seperti manusia.

Chatbot Whatsapp mampu melakukan tugas-tugas seperti:

  • Menjawab pertanyaan umum pelanggan.
  • Memelihara calon pelanggan pada saat mereka pertama kali menggunakan Whatsapp.
  • Menyelesaikan penjualan dengan mengirimkan rekomendasi yang dipersonalisasi dan detail produk.
  • Mengumpulkan umpan balik produk.
  • Mentransfer pertanyaan ke Obrolan Langsung Agen Manusia jika pengguna ingin berbicara dengan manusia.

Baca juga: 7 Keuntungan Penggunaan Kode OTP WhatsApp untuk Bisnis

Tak perlu bingung, Anda pun bisa menggunakan teknologi canggih ini dengan mempercayakannya pada Verihubs.

Memang sudah saatnya untuk meninggalkan percakapan yang kaku, dan mengubahnya menjadi lebih menyenangkan. Bagaimana caranya? Jawabannya adalah menggunakan layanan dari Verihubs. Dalam hal ini, Verihubs menawarkan layanan terbaiknya yaitu Veriflow, di mana Anda bisa mengatur flow chatbot untuk menjawab seluruh pelanggan Anda secara real time.

Apa Saja Keunggulan Veriflow dari Verihubs?

Dengan menerapkan Veriflow pada bisnis Anda, Anda dapat memberikan jawaban yang pelanggan Anda butuhkan dengan informasi yang tepat. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan beberapa keuntungan di bawah ini:

  • Layanan tersedia selama 24 jam non stop, sehingga Anda dapat menjangkau pelanggan di luar jam operasional.
  • Hubungan yang akrab bersama pelanggan dapat dibangun, dengan percakapan yang lebih ramah.
  • Proses onboarding dapat dilakukan dengan mudah, karena terintegrasi pada sistem verifikasi untuk validasi identitas para pelanggan.

Jadi, pastikan Anda memberikan rasa nyaman dengan komunikasi yang lebih ramah pada seluruh pelanggan bisnis Anda dengan Verihubs. Silakan hubungi kontak layanan Verihubs untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap dan demo gratis.

Artikel Terbaru Kami

insurtech adalah

Memahami Insurtech: Inovasi Digital dalam Asuransi

cara membuat chatbot ai mudah

Terlengkap! Bagaimana Cara Membuat Chatbot AI Mudah?

peranan kecerdasan buatan dalam pendidikan

10 Manfaat & Peranan Kecerdasan Buatan dalam Pendidikan