5 Skenario Penggunaan WhatsApp Chatbot dan Benefitnya

whatsapp chatbot

Peningkatan layanan pelanggan yang diterapkan dapat membantu pelanggan untuk mendapatkan kepuasan yang lebih baik. Di waktu yang sama, upaya ini juga akan meningkatkan kualitas customer experience, sehingga bisa tumbuh menjadi pelanggan yang loyal. WhatsApp chatbot adalah salah satu hal yang bisa diterapkan pada bisnis Anda.

WhatsApp chatbot sendiri akan membantu banyak hal di dalam bisnis Anda, khususnya di bidang customer service. Dengan keberadaan fitur ini di situs resmi yang Anda miliki, maka urusan merespon pertanyaan, keluhan, atau feedback yang masuk dari pelanggan dapat dilakukan dengan instan.

Lalu bagaimana kira-kira skenario penggunaan fitur ini dalam situs resmi Anda? Berikut beberapa ilustrasinya.

Baca Juga: 5 Keuntungan Penerapan Verifikasi Biometrik untuk Proses Boarding Penumpang

1. Alokasi Tenaga Manusia yang Efisien

whatsapp chatbot
Sumber: freepik.com

Pada kasus ketersediaan staf customer service yang optimal, penggunaan fitur ini dapat membantu Anda mengatur jadwal dengan lebih baik. Bisnis dengan skala besar idealnya memiliki kapasitas untuk menampung dan merespon feedback yang masuk melalui chat WhatsApp.

Namun berapa orang yang diperlukan? Berapa shift kerja yang harus dibagi pada sumber daya yang dimiliki?

Penggunaan bot ini dapat membantu efisiensi penggunaan SDM yang Anda miliki. Setidaknya, untuk pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan dan bisa dijawab dengan cukup mudah, chatbot bisa sangat membantu.

Artinya Anda tak harus mengalokasikan terlalu banyak staf, dengan shift kerja yang tidak masuk akal, agar dapat melayani semua keluhan dan komplain yang masuk ke chat akun WhatsApp Business yang Anda miliki.

2. Selalu Standby Selama 24 Jam Non Stop

Idealnya layanan pelanggan harus selalu ada untuk pelanggan yang ingin mengajukan pertanyaan. Terlebih layanan yang telah mengintegrasikan akun WhatsApp Business yang dimilikinya ke dalam situs resmi, maka artinya bisnis Anda siap melayani pelanggan kapan saja, dan dari mana saja.

Masih berhubungan dengan efisiensi SDM yang dimiliki, penggunaan chatbot ini akan membuat layanan tersedia selama 24 jam penuh setiap hari tanpa ada titik buta yang muncul. Artinya pelanggan Anda akan mendapatkan respon kapanpun feedback dimasukkan.

Ketersediaan layanan sepanjang waktu akan sangat memudahkan pelanggan, dan memberikan kepuasan pelanggan yang tinggi. Bisnis Anda dapat mendapatkan kesan selalu ada untuk pelanggan, kapanpun dan dimanapun.

3. Efisiensi Waktu dalam Menyelesaikan Komplain yang Diajukan

whatsapp chatbot
Sumber: freepik.com

Sebenarnya banyak sekali kasus feedback yang diberikan oleh user adalah pertanyaan atau keluhan yang berkali-kali muncul. Jelas jika ditangani oleh staf secara langsung, maka akan banyak menghabiskan waktu dan sumber daya.

Maka dari itu, chatbot dapat membantu Anda dalam skenario ini. Banyak template yang bisa diatur sedemikian rupa, sehingga respon atas pertanyaan-pertanyaan tersebut, yang awam disebut FAQ, bisa diberikan secara langsung oleh sistem.

Dengan begini permasalahan yang sering muncul terkait produk atau layanan bisa diselesaikan, bahkan tanpa keterlibatan staf Anda sama sekali.

4. Dapat Digunakan untuk Sarana Verifikasi Pengguna

Salah satu fitur yang mungkin tak dimiliki semua bisnis adalah fitur verifikasi yang terintegrasi dengan WhatsApp. Akun WhatsApp Business yang Anda miliki dapat terhubung dengan produk verifikasi, sehingga data yang diperoleh dari user benar-benar valid.

Verifikasi WhatsApp sendiri sangat bermanfaat karena dapat memastikan nomor yang digunakan oleh user adalah nomor sebenarnya. Pengiriman OTP yang bisa memiliki cakupan global juga memungkinkan Anda untuk menjangkau pelanggan dari seluruh dunia.

Skenario verifikasi dengan chatbot WhatsApp ini sendiri baru digunakan oleh sedikit bisnis, dikarenakan ketidaktahuan atas benefit yang bisa diperoleh. Maka dari itu, penggunaannya di bisnis Anda bisa membantu Anda menjadi lebih unggul dari sisi tersebut.

5. Efisiensi Anggaran Bisnis

whatsapp chatbot
Sumber: freepik.com

Penggunaan chatbot WhatsApp secara langsung juga akan memberikan penghematan anggaran bisnis yang dikeluarkan, karena bisnis Anda tidak akan memerlukan sumber daya manusia sebanyak itu di bagian customer service.

Otomatisasi yang terjadi akan membuat bisnis semakin efektif, sehingga kebutuhan pada SDM dapat dirampingkan dan menjadi lebih efisien. Biaya yang harus dikeluarkan juga tidak besar, jika menilik keuntungan jangka panjang yang bisa didapatkan.

Baca Juga: Manfaat Teknologi Verifikasi Identitas KTP untuk Bisnis Anda 

Interaksi yang lebih alami bisa terjadi saat WhatsApp chatbot digunakan. Hal ini mungkin terjadi karena pengaturan template pesan yang dikirimkan dapat dilakukan dengan fleksibel, sehingga respon yang diberikan oleh sistem juga semakin organik.

Hal ini membuat kepuasan pelanggan semakin tinggi karena merasa memiliki interaksi yang organik dengan layanan dari produk Anda. Memang, pada dasarnya bot tetap memiliki sifat bot yang mengandalkan format tertentu pada pembacaan pesan pelanggan dan keyword yang digunakan. Namun setidaknya banyak optimasi yang dapat terjadi untuk meningkatkan efisiensi bisnis Anda.

Optimalkan WhatsApp Chatbot Bersama Produk Verihubs

Penggunaan WhatsApp chatbot dalam bisnis dapat menunjang bisnis Anda dengan integrasi ke fitur Face Match, OCR ID Card, dan ID Check dari Verihubs sehingga memudahkan proses onboarding. Dengan kombinasi ini, optimasi layanan pelanggan juga dapat dilakukan bersamaan dengan verifikasi pengguna. Dengan begini data pengguna dapat divalidasi, sehingga komunikasi yang dijalin akan menjadi sarana pemasaran yang efektif. Segera hubungi layanan pelanggan kami, dan dapatkan produk terbaik dari Verihubs sekarang juga!

Artikel Terbaru Kami

ikd digital

Apa Itu IKD Digital? Verifikasi Identitas dengan Mudah!

pemasaran digital

Pemasaran Digital (Digital Marketing): Strategi dan Jenisnya

absensi digital sekolah

Studi Kasus: 4 Peranan Absensi Digital Sekolah dan Contohnya