Kenapa Kode Verifikasi WhatsApp Tidak Muncul? 7 Cara Ampuh!

kode verifikasi whatsapp

Ketika akan menggunakan aplikasi Whatsapp untuk pertama kali, kita harus memasukkan nomor telepon untuk menerima kode verifikasi. Setelah itu, baru bisa login dan menikmati semua fitur di aplikasi pesan instan tersebut. Namun, kenapa kode verifikasi Whatsapp tidak muncul?

Masalah kode verifikasi atau One Time Password (OTP) di Whatsapp tidak muncul memang kerap dialami banyak orang. Kalau Anda mengalami masalah yang sama, sebaiknya jangan panik. Simak artikel ini untuk mengetahui penyebab serta cara ampuh untuk mengatasinya!

Kenapa Kode Verifikasi Whatsapp Tidak Muncul?

Berikut ini adalah beberapa penyebab utama kenapa kode verifikasi dari Whatsapp tidak masuk ke SMS.

1. Koneksi Internet yang Tidak Stabil

Koneksi internet yang tidak stabil atau lemah dapat menghambat pengiriman kode verifikasi melalui SMS atau panggilan. Ketika koneksi internet terputus atau tidak cukup kuat, pesan yang berisi kode verifikasi mungkin tidak dapat dikirim atau membutuhkan waktu yang lama untuk sampai ke ponsel Anda.

2. Kesalahan dalam Memasukkan Nomor Telepon

Salah satu penyebab umum adalah kesalahan saat memasukkan nomor telepon selama proses pendaftaran atau verifikasi. Bahkan, satu kesalahan kecil pun, seperti digit yang salah, bisa mengakibatkan pengiriman kode verifikasi ke nomor yang tidak benar.

3. Terlalu Banyak Permintaan Kode Verifikasi

Jika terlalu banyak permintaan kode verifikasi dilakukan dalam waktu singkat, sistem WhatsApp mungkin menganggapnya sebagai aktivitas spam dan menunda atau memblokir pengiriman kode. Hal ini dimaksudkan untuk melindungi keamanan pengguna dari serangan yang mencurigakan.

4. Nomor Telepon Terblokir

Kalau tidak mengalami 3 hal sebelumnya, kenapa kode verifikasi WA saya masih belum kunjung muncul? Ada kemungkinan nomor WA Anda terblokir.

Jika nomor telepon Anda telah terdaftar sebagai spam atau telah diblokir oleh WhatsApp, karena pelanggaran kebijakan penggunaan, maka kode verifikasi tidak akan sampai ke ponsel Anda. Hal ini dapat terjadi jika nomor telepon Anda sering terlibat dalam aktivitas yang melanggar ketentuan layanan.

5. Kartu SIM Tidak Aktif atau Kartu SIM Rusak

Ketika nomor telepon yang Anda gunakan tidak aktif atau kartu SIM mengalami masalah, seperti rusak atau tidak berfungsi dengan baik, maka kode verifikasi tidak akan bisa diterima. Pasalnya, kode verifikasi dikirim melalui SMS, maka dari itu nomor telepon harus aktif dan dapat menerima pesan untuk menerima kode.

6. Mode Pesawat Aktif

Penyebab tidak menerima kode verifikasi Whatsapp yang terakhir adalah mode pesawat yang aktif. Aktivasi mode pesawat pada ponsel akan mematikan sambungan jaringan seluler, sehingga Anda tidak akan bisa menerima SMS atau panggilan, termasuk kode verifikasi WA. Maka, pastikan mode pesawat tidak aktif saat Anda menunggu kode verifikasi.

Baca Juga: Aplikasi WA Bisnis: Definisi, Kelebihan, hingga Cara Menggunakan

7 Cara Mengatasi Kode Verifikasi Whatsapp Tidak Muncul

Kalau sudah tahu apa saja penyebabnya, sekarang mari pahami bagaimana langkah yang bisa kita ambil untuk mengatasinya!

1. Periksa Kode Wilayah dan Nomor Ponsel

Pastikan Anda telah memasukkan kode wilayah yang benar sesuai dengan negara Anda dan nomor ponsel Anda tanpa kesalahan. Bahkan, kesalahan kecil seperti salah satu digit yang kurang atau berlebihan, dapat menghambat pengiriman kode verifikasi WhatsApp. 

Jika Anda tidak yakin dengan kode wilayah yang tepat, Anda dapat memeriksanya secara manual atau memilih kode wilayah yang benar dari daftar yang tersedia di aplikasi WhatsApp.

2. Cek Koneksi Jaringan

Koneksi internet yang buruk atau tidak stabil dapat menjadi penyebab utama mengapa kode verifikasi WhatsApp tidak muncul. Maka, pastikan Anda memiliki koneksi internet yang baik saat akan menerima kode verifikasi. 

Ada satu cara mempercepat kode verifikasi WA yang lama karena jaringan. Coba untuk mengatur ulang koneksi dengan menyalakan dan mematikan mode pesawat pada ponsel Anda. 

Pengguna iPhone dapat menemukan opsi ini di menu Control Center, sedangkan pengguna Android dapat mengaksesnya dengan menggeser layar ke bawah.

Baca Juga: Kode OTP adalah Rahasia! Inilah Kegunaan dan Cara Menjaganya

3. Cek Server WhatsApp

Terkadang, masalah dalam pengiriman kode verifikasi bisa disebabkan oleh gangguan atau masalah pada server WhatsApp. Jika ingin memeriksa apakah ada masalah dengan server WhatsApp, Anda dapat mengunjungi situs seperti downdetector.com. 

Jika terdapat laporan gangguan pada server WhatsApp, maka Anda hanya perlu bersabar dan menunggu hingga gangguan tersebut terselesaikan oleh pihak WhatsApp.

4. Coba Lagi Meminta Kode Verifikasi

Apabila Anda tidak menerima kode verifikasi setelah beberapa saat, cobalah untuk meminta ulang kode tersebut. Pastikan untuk menunggu beberapa menit sebelum mencoba lagi, karena terlalu banyak permintaan pengiriman kode verifikasi dalam waktu singkat, dapat mengakibatkan penundaan dalam pengiriman kode. 

Setelah menunggu beberapa saat, Anda dapat mencoba meminta kode verifikasi lagi dan pastikan untuk menunggu hingga proses pengiriman selesai, sebelum mencoba kembali.

5. Gunakan Opsi Verifikasi Lain

Jika pengiriman kode verifikasi melalui SMS tidak berhasil, Anda dapat mencoba opsi lain, seperti menerima kode melalui panggilan telepon. Pilih opsi “Panggil Saya” untuk menerima panggilan telepon otomatis yang memberikan kode verifikasi. 

Dengarkan dengan baik pesan suara otomatis yang memberikan kode verifikasi dan pastikan untuk memasukkan kode tersebut dengan benar setelah menerima panggilan.

6. Perbarui Aplikasi WhatsApp

Pastikan aplikasi WhatsApp Anda diperbarui ke versi terbaru. Pasalnya, masalah dalam pengiriman kode verifikasi mungkin terjadi karena menggunakan versi aplikasi yang kedaluwarsa atau tidak kompatibel. 

Perbarui aplikasi WhatsApp Anda melalui Play Store atau App Store untuk memastikan Anda menggunakan versi yang paling baru dan stabil.

7. Periksa Koneksi Internet

Pastikan perangkat Anda terhubung ke koneksi internet yang stabil dan cepat. Pasalnya, koneksi yang lemah atau tidak stabil, dapat menghambat pengiriman kode verifikasi. Cobalah untuk beralih ke koneksi internet yang berbeda, jika Anda mengalami masalah dengan koneksi saat ini.

Jika sebelumnya menggunakan koneksi wifi, coba pindahkan dulu ke koneksi data seluler. Begitu juga sebaliknya, hingga mendapatkan koneksi internet yang lebih baik dan stabil. Pastikan untuk mencoba ulang proses pengiriman kode setelah memastikan bahwa koneksi internet Anda sudah terhubung dengan baik. 

Baca Juga: Verihubs, Rekomendasi Jasa OTP SMS Otomatis & Terpercaya!

Jangan Buat Pelanggan Anda Terlalu Lama Menunggu Verifikasi

Setelah memahami mengapa kode verifikasi WhatsApp tidak muncul dan mencoba berbagai solusinya. Jika Anda memiliki bisnis, sebaiknya hindari gangguan verifikasi seperti yang terjadi di Whatsapp tadi. 

Cobalah menggunakan layanan Verihubs. Dengan Verihubs, Anda dapat memastikan verifikasi pelanggan dan kegiatan promosi bisnis Anda berjalan lancar. Kami menyediakan layanan untuk mengirim kode OTP serta menyampaikan notifikasi kepada pelanggan Anda dengan jauh lebih cepat.

Jadi, kalau Anda ingin memastikan bahwa OTP maupun notifikasi lain selalu diterima oleh pelanggan tepat waktu, mulailah menggunakan Verihubs sekarang juga! Dengan layanan kami yang dapat diandalkan dan dipercaya oleh perusahaan di seluruh dunia, Anda dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan kesuksesan promosi produk Anda. Selain itu, produk kami mampu mendeteksi spam, 99% delivery rate, bisa kustomisasi ID pengirim, serta mampu meningkatkan brand awareness.

Artikel Terbaru Kami

ikd digital

Apa Itu IKD Digital? Verifikasi Identitas dengan Mudah!

pemasaran digital

Pemasaran Digital (Digital Marketing): Strategi dan Jenisnya

absensi digital sekolah

Studi Kasus: 4 Peranan Absensi Digital Sekolah dan Contohnya