Apa Itu Nokos WA? Bagaimana Cara Mendapatkannya!

March 23, 2024
Apa Itu Nokos WA? Bagaimana Cara Mendapatkannya!

Nokos WA adalah tren teknologi yang belakangan ini semakin banyak digunakan untuk pembuatan dan verifikasi akun WhatsApp. Namun, apa sebenarnya nomor kosong WA ini dan bagaimana cara mendapatkannya?

Mari simak ulasan lengkapnya perihal nomor kosong WA di artikel ini hingga akhir, mulai dari pengertian hingga kelemahan yang perlu Anda waspadai! 

Apa Itu Nokos WA?

Jika dijelaskan, Nokos pada dasarnya adalah singkatan dari nomor kosong, yaitu nomor yang tidak didapatkan dari pembelian SIM Card di counter atau gerai provider kartu seluler. Jadi, di sini, Anda tidak memiliki SIM Card sebagai bentuk fisik dari nomor, melainkan hanya sekedar nomor saja.

Manfaat Nomor Kosong WA

Seperti namanya, nokos WA umumnya digunakan untuk pembuatan akun WhatsApp secara instan. Namun, apa keuntungan yang ditawarkan dari metode pembuatan akun WA menggunakan nomor kosong ini?

Secara sederhana, pembuatan akun WhatsApp menggunakan nomor kosong menawarkan beberapa keuntungan berikut ini.

  1. Dapat menghemat Uang Anda: Pasalnya, Anda tidak perlu mengeluarkan untuk membeli SIM Card ke counter. Selain itu, harga nomor kosong juga relatif murah.
  2. Tidak repot: Anda tidak perlu melakukan registrasi NIK atau KK untuk pengaktifan nomor.
  3. Sekali pakai: Oleh karena tujuan utama dari nomor kosong ini adalah untuk verifikasi. Anda dapat langsung membuang nomor setelah nomor digunakan.

Baca Juga: Aplikasi WA Bisnis: Definisi, Kelebihan, hingga Cara Menggunakan

Cara Mendapatkan Nokos WA

Demi mendapatkan nomor kosong WhatsApp, sebenarnya Anda dapat melakukannya dengan cara gratis maupun berbayar. Khusus opsi nomor kosong WA gratis, Anda dapat mencari layanan link nokos WA gratis yang tersedia di pencarian internet. Biasanya layanan semacam ini menawarkan sejumlah nomor virtual gratis yang dapat Anda gunakan.

Masalahnya, pada banyak kasus, nokos WA gratis ini telah digunakan oleh banyak pengguna internet lain. Jadi, Anda mungkin akan mengalami kesulitan menemukan nomor virtual yang belum pernah digunakan dan dapat menerima notifikasi dari WhatsApp.

Opsi kedua cara buat nokos WA adalah dengan cara berbayar. Dalam hal ini, Anda dapat membeli nokos WhatsApp di sejumlah platform marketplace. Salah satunya adalah Shopee. Adapun cara beli nomor kosong WhatsApp dari marketplace ini adalah sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi marketplace di HP Anda.
  2. Cari produk melalui penelusuran dengan kata kunci “Nokos WA”.
  3. Pilih produk nomor kosong yang ingin dibeli. 
  4. Chat Seller untuk mengkonfirmasi, apakah nomor dapat digunakan untuk verifikasi WhatsApp.
  5. Jika nomor dapat digunakan untuk verifikasi WhatsApp, lakukan checkout.
  6. Setelah checkout, Anda dapat menggunakan nomor yang dibeli untuk melakukan verifikasi akun WhatsApp Anda. Namun, berhubung kode verifikasi akan dikirim ke nomor kosong yang berada di tangan seller, Anda harus melakukan chat ke pihak seller untuk mendapatkan info kode verifikasi tersebut.

Baca Juga: Kenapa Kode Verifikasi WhatsApp Tidak Muncul? 7 Cara Ampuh!

Waspada Dalam Membeli Nomor Kosong!

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, karena pembelian nomor kosong dilakukan secara online. Secara teknis, seller adalah pihak yang memegang  nomor virtual yang Anda beli dan Anda hanya sekedar mendapatkan akses untuk verifikasi.

Oleh sebab itu, pastikan bahwa Anda memilih seller nomor kosong yang memiliki rating tinggi dan banyak ulasan positif. Selain itu, setelah pembelian nomor berhasil, Anda sebaiknya langsung menggunakan nomor tersebut untuk verifikasi akun WhatsApp Anda.

Sebagai catatan, nomor kosong ini sifatnya adalah sekali pakai. Jadi, Anda hanya dapat menggunakan nomor tersebut untuk 1 kali verifikasi.

Mendapatkan Nomor Kosong Lewat Aplikasi

Masih membahas mengenai nokos WA. Selain menggunakan layanan penyedia nomor virtual di pencarian internet, Anda juga dapat mendapatkan nomor kosong secara gratis melalui beberapa aplikasi. Terdapat beberapa aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk dapat mendapatkan nomor kosong secara gratis, seperti berikut.

1. TextNow

Textnow adalah aplikasi verifikasi nomor melalui telpon atau SMS, yang memungkinkan penggunanya mendapatkan nomor sementara secara gratis untuk keperluan verifikasi. Aplikasi ini tersedia dan dapat Anda unduh di Google Play Store secara gratis.

Adapun cara buat nokos WA menggunakan aplikasi yang telah diunduh oleh lebih dari 100 juta pengguna ini adalah sebagai berikut. 

  1. Unduh aplikasi TextNow melalui Google Playstore ke ponsel Anda.
  2. Selanjutnya, buka aplikasi dan pilih lokasi nomor telepon yang ingin Anda manfaatkan. Misalnya nomor telepon +62 (untuk Indonesia).
  3. Setelahnya, aplikasi ini akan menampilkan daftar nomor kosong yang dapat Anda gunakan.
  4. Pilih salah satu nomor dan Anda telah memiliki nomor kosong untuk keperluan verifikasi.

2. 2ND Line

Selain TextNow, aplikasi lainnya yang memiliki fungsi serupa adalah 2ND Line. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk mendapatkan nomor kosong yang dapat digunakan untuk keperluan verifikasi. Namun, berbeda dengan TextNow, aplikasi ini bersifat premium atau berbayar.

Lengkapnya, berikut cara buat Nokos WA menggunakan aplikasi yang telah digunakan oleh lebih dari 10 juta pengguna Android ini.

  1. Unduh aplikasi 2Nd Line di Google Playstore ke ponsel Anda.
  2. Selanjutnya, pilih lokasi nomor telepon yang ingin Anda manfaatkan. Misalnya nomor 311 (untuk Amerika).
  3. Setelahnya, pilih nomor kosong yang tersedia.
  4. Lanjutkan dengan melakukan pembelian nomor kosong menggunakan saldo Google Play.
  5. Kemudian, Anda telah mendapatkan nomor kosong dari aplikasi 2ND Line yang dapat Anda gunakan untuk keperluan verifikasi.

Baca Juga: Cara Login WhatsApp ke Nomor yang Hilang atau Tidak Aktif

Kelemahan Nomor Kosong WhatsApp

Meskipun menawarkan kepraktisan dalam verifikasi akun WhatsApp. Penggunaan nomor kosong untuk pembuatan akun WhatsApp memiliki resikonya tersendiri. Adapun resiko dari penggunaan nomor kosong untuk verifikasi akun WhatsApp tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Keamanan: Nomor kosong tidak terverifikasi dengan identitas pengguna, sehingga lebih rentan digunakan untuk aktivitas ilegal, seperti penipuan atau penyebaran spam. Akun dengan verifikasi nomor kosong juga cenderung lebih mudah dibobol.
  2. Pembatasan: WhatsApp dapat membatasi fungsionalitas nomor nokos, seperti pembatasan verifikasi dua langkah dan pemblokiran sementara, jika terdeteksi aktivitas mencurigakan.
  3. Ketidakstabilan: Nomor kosong dapat diblokir permanen oleh WhatsApp, sehingga riwayat chat dan kontak hilang.

Telah Paham tentang Apa Itu Nomor Kosong WhatsApp?

Jadi, singkatnya nokos WA adalah nomor telepon virtual yang tidak didapatkan dari pembelian kartu SIM Card, melainkan melalui layanan online atau pembelian dari platform online tertentu. Nomor kosong ini sendiri umumnya digunakan untuk verifikasi akun WhatsApp dan sifatnya adalah sekali pakai.

Bicara mengenai verifikasi nomor. Sekarang ini, kebutuhan akan layanan penyedia verifikasi OTP WhatsApp di Indonesia semakin meningkat. Pasalnya, semakin banyak platform dan bisnis yang menggunakan sistem verifikasi OTP WhatsApp untuk pembuatan atau login ke akun mereka.

Jika Anda adalah salah satu yang membutuhkan layanan WhatsApp Global OTP ini, Verihubs dapat menjadi partner yang membantu Anda. Pasalnya, Verihubs menyediakan layanan pengiriman kode OTP terbaik untuk operasional bisnis Anda. Dengan layanan verifikasi OTP dari Verihubs, maka pelanggan Anda akan mendapatkan pesan kode OTP dengan lebih cepat. Selain itu, layanan OTP Verihubs juga mencakup deteksi spam OTP. Jadi, upaya spam OTP ke platform Anda akan dapat lebih minim.