Cara Login WhatsApp ke Nomor yang Hilang atau Tidak Aktif

cara login whatsapp dengan nomor yang hilang

Cara login WhatsApp dengan menggunakan nomor yang sudah hilang menjadi salah satu pertanyaan yang banyak dicari oleh pengguna smartphone di pencarian internet. Pasalnya, memang tidak sedikit pengguna WhatsApp yang mengalami masalah ini, entah karena hilang atau kadaluarsanya SIM card.

Nomor telepon sendiri memang adalah syarat penting saat mendaftar WhatsApp. Pasalnya, WhatsApp menggunakan nomor telepon tersebut proses verifikasi. Jika Anda mengalami masalah ini, simak solusinya di bawah!

Cara Login WhatsApp dengan Nomor yang Sudah Hilang Tanpa Verifikasi

Jika Anda mengalami dilema karena tidak dapat mengakses WhatsApp Anda akibat kehilangan nomor telepon, terdapat beberapa solusi cara login WhatsApp web dengan nomor HP yang hilang berikut ini.

A. Mengaktifkan Ulang Nomor WhatsApp

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk kembali masuk ke akun WhatsApp Anda menggunakan nomor yang hilang adalah dengan mengaktifkan atau mengalihkan nomor tersebut. Singkatnya, Anda dapat mengaktifkan kembali atau mengalihkan nomor lama Anda di SIM card baru. 

Adapun caranya adalah dengan menghubungi atau mengunjungi gerai resmi dari provider SIM card Anda. Misalnya, jika Anda menggunakan Telkomsel, maka Anda dapat mengajukan permohonan pengaktifan ulang SIM card lama Anda melalui gerai Grapari.

Namun, untuk kasus dimana SIM Card kadaluarsa, cara ini hanya dapat Anda lakukan maksimal 30 hari setelah masa tenggang. Setelah kembali mendapatkan nomor lama Anda dan SIM card baru, Anda dapat login ke Akun Whatsapp Anda seperti biasa. 

Sebagai catatan, ketika Anda mengunjungi gerai provider SIM card Anda, pastikan untuk membawa KTP dan fotocopy KK.

B. Melakukan Verifikasi Lewat Email

Opsi cara login WhatsApp tanpa verifikasi lainnya yang dapat Anda manfaatkan adalah dengan memanfaatkan dukungan WhatsApp. Melalui cara ini, Anda akan dapat mendapatkan verifikasi otomatis melalui email.

Adapun caranya melakukan cara login WhatsApp dengan email ini adalah sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi WhatsApp Anda dan kemudian coba login seperti biasa menggunakan nomor telepon yang terhubung dengan akun WA Anda.
  2. Setelah pada tahapan verifikasi, klik icon titik tiga yang terdapat pada bagian pojok kanan halaman verifikasi. 
  3. Selanjutnya, WhatsApp akan membawa Anda ke halaman “Masalah terdeteksi”. Pada bagian ini, Anda dapat langsung menekan opsi “ini tidak menjawab pertanyaan saya” pada bagian bawah tampilan halaman.
  4. Selanjutnya, Anda akan dibawa ke halaman “Hubungi Dukungan”. Pada bagian kolom “jelaskan masalah”, Anda dapat mengisinya dengan keterangan “halo Whatsapp, saya tidak dapat login ke akun WhatsApp saya, karena nomor telepon saya tidak aktif. Mohon untuk memindahkan kode verifikasi ke nomor baru saya di xxx (nomor baru).”.
  5. Jika Anda sudah melengkapi kolom “jelaskan masalah”, klik opsi “Lanjut” di bagian bawah.
  6. Setelahnya, Anda akan dibawa ke halaman “Telusuri Pusat Bantuan”. Pada bagian ini, sekali lagi, Anda dapat memilih opsi “ini tidak menjawab pertanyaan saya”.
  7. Ketika pop up aplikasi “hubungi dukungan via” tampil di layar ponsel Anda, Anda dapat memilih opsi “gmail” untuk metode menghubungi pihak WhatsApp.
  8. Anda akan langsung beralih ke halaman email yang sudah terisi otomatis dan mengarahkan Anda menghubungi email support WhatsApp. Terakhir, tekan tombol  icon “Kirim” pada bagian pojok kanan email Anda.
  9. Tunggu email verifikasi balasan dari pihak WhatsApp. Biasanya tim whatsApp akan memberikan respon dalam waktu 40 menitan. Namun, terdapat kasus juga tim WhatsApp menghubungi pengguna dalam 2-3 hari kerja.

Baca Juga: Aplikasi WA Bisnis: Definisi, Kelebihan, hingga Cara Menggunakan

C. Memanfaatkan Fitur Cadangan Chat 

Cara login WhatsApp dengan nomor yang sudah hilang atau tidak aktif terakhir adalah dengan memanfaatkan fitur “Cadangan chat”. Cara ini, hanya dapat Anda lakukan jika Anda sebelumnya sudah mengintegrasikan email Anda dengan WhatsApp dan mengaktifkan fitur “Cadangan chat”.

Fitur “Cadangan Chat” ini memungkinkan Anda untuk mencadangkan data di WhatsApp Anda ke sejumlah media Google Drive. 

Ketika akun WhatsApp Anda dalam posisi log out dan Anda ingin login kembali, WhatsApp akan secara otomatis mencari cadangkan data di Google Drive di ponsel Anda. Jadi, Anda tidak perlu melewati langkah verifikasi nomor ketika login ke akun Anda. Berikut tutorialnya!

a. Cara Aktifkan Fitur Cadangkan Chat

Bila ingin mengaktifkan fitur “cadangkan chat” ini, Anda dapat mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  1. Buka aplikasi WhatsApp Anda.
  2. Selanjutnya, klik icon titik 3 yang tersedia pada sudut atas kanan tampilan WhatsApp Anda.
  3. Klik “Setelan” dan dilanjutkan dengan memilih opsi “Chat”.
  4. Klik opsi “Cadangkan Chat” dan klik “Cadangkan ke Google Drive”.
  5. Setelahnya, Anda dapat memilih frekuensi cadangan selain pilihan “Jangan Pernah”.
  6. Pilih akun Gmail yang ingin Anda gunakan untuk mencadangkan data WhatsApp Anda.
  7. Selanjutnya, klik “Cadangkan”.
  8. Tunggu proses pencadangan data WhatsApp Anda selesai. 

Baca Juga: Ini 3 Langkah Mudah Cara Mendaftar WA Bisnis

b. Cara Mengaktifkan Cadangan Terenkripsi end-to-end

Selain mengaktifkan fitur “Cadangan chat ke Google Drive” sebelumnya, Anda juga sebaiknya mengaktifkan fitur “Cadangan terenkripsi end-to-end”. Adapun cara untuk mengaktifkan fitur WhatsApp ini adalah sebagai berikut.

  1. Buka aplikasi WhatsApp Anda.
  2. Selanjutnya, klik icon titik 3 yang tersedia pada bagian kanan atas tampilan WhatsApp Anda.
  3. Sama seperti sebelumnya, klik opsi “Setelan” dan pilih opsi “Chat”.
  4. Setelahnya, klik opsi “Cadangan Chat”.
  5. Pada halaman “Cadangan Chat”, pilih opsi “Cadangan terenkripsi end-to-end” dan pilih “Nyalakan”.
  6. Buat kata sandi untuk proses enkripsi.
  7. Terakhir klik “Buat” untuk memulai pencadangan data terenkripsi end-to-end.
  8. Tunggu proses pencadangan selesai.

c. Cara Login ke WhatsApp Memanfaatkan Cadangan Chat

Jika Anda sudah melakukan langkah di atas, ketika SIM Card Anda hilang, maka Anda sudah memiliki data di Google Drive untuk mengakses akun WhatsApp Anda, tanpa verifikasi. Lebih lengkapnya, berikut cara login WhatsApp memanfaatkan cadangan chat ini.

  1. Buka aplikasi WhatsApp Anda.
  2. Selanjutnya, masukkan nomor telepon WhatsApp Anda.
  3. Klik tombol “Lanjut”.
  4. Setelah pop up “Kontak dan Media” muncul, Anda dapat mengklik tombol “Lanjut”.
  5. Selanjutnya, berikan izin kepada WhatsApp untuk mengakses kontak dan perangkat WhatsApp Anda.
  6. Anda pun sudah kembali login ke akun WA web maupun di ponsel Anda.

Baca Juga: Kenalan dengan Whatsapp Bisnis dan 12 Contoh Penggunaannya

Sudah Paham tentang Cara Login WhatsApp Tanpa Verifikasi dengan Nomor HP yang Hilang?

Jadi, sebenarnya terdapat cara login WhatsApp tanpa verifikasi yang dapat Anda gunakan, jika mengalami masalah verifikasi WhatsApp akibat nomor yang hilang. 

Mulai dari mengaktifkan kembali nomor Anda yang hilang atau tidak aktif dengan mengajukan pengaktifan kembali melalui gerai resmi provider SIM Card Anda hingga menggunakan metode cadangkan chat yang kami jelaskan di atas. 

Verifikasi OTP sendiri saat ini menjadi salah satu bagian penting dari bisnis berbasis aplikasi atau website. Jika Anda menjalankan bisnis berbasis aplikasi atau website, memastikan kode OTP diterima dengan cepat ke perangkat pengguna termasuk hal yang sangat penting, demi menjaga reputasi bisnis Anda.

Di sini, Verihubs dapat menjadi solusi OTP yang tepat untuk Anda. Pasalnya, Verihubs menyediakan layanan pengiriman kode OTP dengan cepat ke nomor pelanggan. Selain itu, Verihubs juga dapat mendeteksi spam OTP dan menonaktifkan OTP ke nomor yang tidak aktif. Cocok bagi Anda yang sedang ingin meningkatkan brand awareness, melalui layanan bisnis yang maksimal. Seperti menggunakan OTP untuk registrasi akun, verifikasi pembayaran, maupun promosi produk bisnis.

Artikel Terbaru Kami

ikd digital

Apa Itu IKD Digital? Verifikasi Identitas dengan Mudah!

pemasaran digital

Pemasaran Digital (Digital Marketing): Strategi dan Jenisnya

absensi digital sekolah

Studi Kasus: 4 Peranan Absensi Digital Sekolah dan Contohnya