Software OCR Terbaik untuk E-KYC & Verifikasi KTP, Verihubs!

software ocr terbaik

Mencari software OCR terbaik tidak bisa dilakukan secara asal dan buru-buru. Sebab, piranti lunak tersebut pada akhirnya akan digunakan untuk memindai, menginterpretasikan, dan juga menyimpan data pribadi banyak orang. Kebocoran data pribadi tentu menjadi masalah besar, bukan?

Maka dari itu, Verihubs menyediakan teknologi OCR yang dapat memindai identitas dan melakukan verifikasi yang akurat. Artikel ini secara jelas akan menjelaskan produk OCR for ID Card yang dimiliki Verihubs. Mari simak hingga akhir!

Mengenal OCR Secara Umum

Banyak yang belum terlalu mengenal tentang Optical Character Recognition alias Pengenalan Karakter Optik. Jadi, jenis piranti lunak (software) yang satu ini merupakan alat bantu untuk mengubah informasi dalam gambar atau dokumen fisik menjadi teks dalam format digital.

Tujuannya apa? Supaya teks digital tersebut dapat terbaca dan disunting menggunakan komputer. Jadi, Anda tidak perlu mengetikkan secara manual informasi dari file untuk dapat disimpan di database. Verihubs menjadi salah satu penyedia software berbasis kecerdasan artifisial ini.

Mengenal e-KYC

Bila sudah memahami tentang Optical Character Recognition secara garis besar, berikutnya, Anda perlu mengetahui tentang e-KYC dan korelasinya dengan software tersebut. Istilah ini merupakan singkatan dari Electronic Know Your Customer. Istilah yang masih cukup asing, bukan?

Electronic Know Your Customer merupakan proses verifikasi identitas secara elektronik, yang dikhususkan untuk nasabah layanan perbankan atau fintech. Proses ini jelas berbeda dengan KYC konvensional, di mana prosesnya berlangsung secara manual di kantor cabang.

KYC secara manual mengharuskan nasabah mengisi dokumen/formulir pengajuan layanan dan membawa identitas fisik yang asli sebagai persyaratan validasi data.  Sementara KYC elektronik menggunakan software OCR terbaik untuk verifikasi hal-hal berikut.

  • Otentikasi biometrik untuk memindai wajah, sidik jari, dan iris mata;
  • Verifikasi dokumen resmi secara fisik, seperti KTP, passport, SIM, NPWP, dan sejenisnya;
  • Liveness detection guna memastikan nasabah yang berusaha melakukan verifikasi memang merupakan orang yang sebenarnya (tidak melakukan penipuan identitas); serta
  • Verifikasi data elektronik (non-fisik), seperti e-KTP, Biro Kredit, dan Direktorat Jenderal Pajak.

Manfaat KYC Elektronik

Apa saja manfaat dari OCR KTP untuk program KYC elektronik? Jawabannya banyak, antara lain biasa Anda temukan dalam penjabaran di bawah ini.

  1. Proses onboarding nasabah baru menjadi lebih cepat untuk layanan perbankan konvensional maupun lembaga berbasis fintech. Sebab, nasabah bisa mendaftar, melakukan verifikasi, dan mendapatkan layanan keuangan baru secara online. Jadi, tidak perlu menunggu antrian dan pelayanan di kantor cabang terdekat.
  2. Hemat biaya dan waktu, karena penggunaan kertas untuk pencetakan dokumen berkurang, begitu pula dengan tenaga dan waktu petugas. Hal yang sama juga berlaku untuk konsumen, karena semua proses bisa dilakukan secara daring.
  3. Kepatuhan instansi perbankan, fintech, maupun nasabah mengalami peningkatan, akibat akurasi data yang lebih tinggi, sehingga tingkat kecurangan dan sabotase lebih rendah.
  4. Keamanan data lebih baik, karena akses terhadap informasi pribadi nasabah benar-benar terbatas dan tersimpan secara digital pada database. Berbeda dengan dokumen fisik yang mungkin hilang atau rusak.
  5. Penerapan KYC elektronik juga berpotensi meningkatkan kepuasan pelanggan.

Baca Juga: Penerapan Teknologi OCR & Biometrik dalam Rumah Sakit

Perkembangan Implementasi KYC Elektronik di Indonesia

Sebagai bagian dari perkembangan teknologi, software OCR terbaik dalam KYC elektronik mengalami berbagai proses dan tantangan. Khususnya, mempertimbangkan posisi Indonesia sebagai negara berkembang, yang 70% masyarakatnya masih memiliki kecurigaan terhadap teknologi, terutama kecerdasan buatan (AI). Lantas, bagaimana kondisi saat ini?

1. KYC Elektronik Memiliki Regulasi Jelas

Faktanya, KYC elektronik mendapatkan dukungan penuh untuk perkembangan dan penerapannya pada akses digital perbankan nasional dan fintech. Dukungan tersebut dibuktikan dengan kerja sama Bank Indonesia (BI) dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam mengeluarkan peraturan alias regulasi tentang KYC elektronik.

Jadi, KYC elektronik bukan sekadar AI yang opsional dan tidak memiliki dasar hukum. Instansi keuangan konvensional maupun yang berbasis AI dapat menerapkannya dalam sistem secara legal dan aman. Hak-hak penyedia layanan keuangan maupun nasabah sama-sama diatur jelas dalam regulasi tersebut.

2. Adopsi oleh Industri Semakin Luas

Selain terlindungi oleh regulasi, adopsi penerapan KYC elektronik, di mana software OCR terbaik menjadi bagian di dalamnya juga semakin luas. Hal ini berkat keyakinan pelaku industri yang semakin meningkat, bahwa KYC elektronik aman, cepat, efisien, dan praktis untuk digunakan.

Faktanya, memilih penerapan electronic KYC membantu efisiensi dan efektivitas dalam berbagai sektor kegiatan dalam industri keuangan. Tidak dapat dimungkiri, bahwa AI dapat bekerja lebih cepat dan akurat dibandingkan metode konvensional. Sementara waktu dan tenaga sangat mempengaruhi kecepatan progres dalam industri.

3. Tantangan dalam Penerapan KYC Elektronik

Sebagaimana tertulis sedikit di atas, bahwa terdapat tantangan juga dalam penerapan KYC elektronik menggantikan KYC konvensional. Tidak hanya satu, apa saja?

  1. Pemahaman yang kurang dari pihak-pihak yang terlibat, baik penyedia layanan keuangan maupun nasabah tentang KYC elektronik.
  2. Tidak meratanya infrastruktur teknologi di setiap daerah, sehingga menghambat penerapan KYC elektronik secara nasional. 
  3. Kurangnya kepercayaan terhadap keamanan langkah verifikasi digital.

Meskipun demikian, seiring waktu dan gencarnya seminar edukasi tentang KYC elektronik dan peningkatan infrastruktur, perlahan tantangan-tantangan di atas dapat teratasi.

Baca Juga: KYC adalah Mengenali Nasabah, Ini Manfaat dan Cara Kerjanya

Software OCR untuk KYC Elektronik dari Verihubs

Anda tentu menyadari bukan, bahwa software ini digunakan memindai informasi dari dokumen-dokumen resmi seperti kartu identitas? Sementara piranti lunak tersebut penyediaan dan pengelolaannya berasal dari pihak ketiga. Sebab itu, memilih software OCR terbaik untuk sistem KYC elektronik tidak boleh sembarangan.

Anda perlu mempertimbangkan pengalaman, rekam jejak, keamanan, dan jaminan yang pihak penyedia sediakan untuk konsumen, sebelum menjatuhkan pilihan. Terutama bila berkaitan dengan nasabah dalam skala besar, di mana risikonya juga semakin besar pula. Lantas, siapa penyedia piranti lunak yang direkomendasikan?

Tentu saja Optical Recognition Character dari Verihubs jawabannya. Software dari Verihubs ini cocok diterapkan dalam berbagai industri, termasuk keuangan, di mana pengembangannya dapat lebih luas, yakni pada perbankan, asuransi, dan fintech. Namun, mengapa harus dari Verihubs di antara sekian banyak penyedia?

Keunggulan Optical Recognition Character dari Verihubs

Software OCR terbaik dari Verihubs memiliki banyak keunggulan, sehingga layak menjadi pilihan untuk program KYC elektronik pada bisnis Anda. Apa saja kelebihan tersebut?

  1. Memiliki tingkat akurasi yang tinggi, sehingga Anda tidak perlu khawatir terjadi kesalahan verifikasi data. Tingkat akurasinya mencapai 98%.
  2. Terdapat fitur auto-correct untuk meminimalisir kesalahan penulisan identitas, sehingga mempercepat dan meningkatkan struktur saat input data.
  3. Lengkap dengan kemampuan pendeteksi kualitas foto (photo quality detection) dan deteksi dokumen fotokopi (photocopy detection). Jadi, sistem dengan mudah mengenali gambar beresolusi rendah yang terpindai atau dokumen tersebut asli dan hasil fotokopi.

Anda bisa mendapatkan informasi lebih jauh dengan mengunjungi OCR for ID Card di website resmi Verihubs. Piranti lunak ini tidak hanya dapat Anda implementasikan untuk sektor keuangan, melainkan juga sektor lainnya, seperti rumah sakit untuk menuju pelayanan secara digital.

Semakin Yakin Pilih Software OCR dari Verihubs?

Pada dasarnya, cara kerja OCR sangat sederhana, yaitu perangkat yang telah terpasang software akan memindai dokumen, menguraikan teks, kemudian menyimpannya secara digital. Jadi, perannya sangatlah krusial dalam menjaga data pelanggan.Maka dari itu, jangan ragu memilih Verihubs sebagai penyedia software OCR terbaik, demi kelancaran bisnis dan kepuasan pelanggan Anda!

SOURCE:

https://id.wikipedia.org/wiki/Pengenalan_karakter_optis
https://complyadvantage.com/insights/what-is-ekyc/
https://www.bluepowertechnology.com/news-detail/ketahui-apa-itu-e-kyc-dan-manfaatnya-dengan-dukungan-teknologi-ai
https://www.hukumonline.com/berita/a/yuk-pahami-penerapan-sistem-e-kyc-dan-perkembangannya-saat-ini-lt5f290ead55d39/

Artikel Terbaru Kami

software ocr terbaik

Software OCR Terbaik untuk E-KYC & Verifikasi KTP, Verihubs!

dampak ai

Dampak AI (Artificial Intelligence) pada Industri Asuransi

aml cft

KYC, AML, dan CFT: Apa Itu Hingga Apa Manfaatnya?