Terlengkap! Bagaimana Cara Membuat Chatbot AI Mudah?

cara membuat chatbot ai mudah

Di era digital yang serba cepat ini, chatbot Artificial Intelligence (AI) telah menjadi alat penting bagi bisnis untuk meningkatkan layanan pelanggan, mengotomatisasi tugas, dan mendorong penjualan. Chatbot AI mampu berinteraksi dengan pelanggan secara real-time, menjawab pertanyaan, dan menyelesaikan berbagai permintaan dengan efisiensi dan keakuratan tinggi.

Ingin membangun chatbot AI yang mudah dan bermanfaat bagi bisnis Anda? Artikel ini akan memandu Anda langkah demi langkah, mulai dari konsep dasar, pemilihan platform pengembangan yang tepat, hingga teknik membangun chatbot yang efektif.

Apa Itu Chatbot AI?

Sebelum menjelajah lebih dalam untuk mempelajari cara membuat chatbot, apakah Anda sudah familiar dengan istilah ini?

Chatbot adalah program komputer yang mensimulasikan percakapan manusia, memungkinkan interaksi dengan perangkat digital seolah-olah berbicara dengan orang sungguhan. Ada dua jenis utama chatbot, yakni berbasis tugas dan berbasis data serta prediksi.

Chatbot berbasis tugas menggunakan aturan dan Natural Language Processing (NLP) untuk memberikan respons otomatis terhadap pertanyaan umum. Sementara itu, chatbot berbasis data dan prediksi menggunakan Artificial Intelligence (AI), NLP, dan Machine Learning (ML) untuk memberikan respons yang lebih personal dan adaptif.

Pasalnya, pengembang melatih chatbot AI menggunakan NLP untuk memahami bahasa manusia dan dapat belajar dari percakapan sebelumnya, sehingga meningkatkan respons mereka dari waktu ke waktu.

Pemilihan antara chatbot berteknologi AI dan berbasis aturan tergantung pada kebutuhan penggunaan. Chatbot AI lebih fleksibel dalam percakapan dan dapat menyesuaikan respons mereka dengan situasi baru, sementara chatbot berbasis aturan cocok untuk pengalaman yang terkendali dan terdokumentasi. 

Di dalam banyak kasus, kombinasi dari keduanya dapat memberikan pengalaman yang terbaik bagi pengguna.

Cara Membuat Chatbot AI Mudah

Tahukah Anda bahwa membuat chatbot sendiri tidak sesulit yang kita bayangkan selama ini? Bahkan, Anda tidak harus mahir pemrograman atau coding. Cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini dan Anda akan mendapatkan chatbot berbasis AI sesuai kebutuhan.

1. Tentukan Tujuan Chatbot

Langkah pertama adalah menetapkan tujuan dari chatbot yang ingin Anda buat. Anda perlu mengidentifikasi apakah chatbot tersebut akan digunakan untuk otomatisasi dukungan pelanggan, meningkatkan pengalaman pelanggan, atau menghasilkan prospek baru.

2. Pilih Platform Pembuat Chatbot

Selanjutnya, Anda perlu memilih platform pembuat chatbot yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda dapat memilih antara menggunakan framework AI atau platform pembuat chatbot. Jika Anda ingin membuat chatbot tanpa perlu coding, pilihlah platform pembuat chatbot yang menyediakan berbagai fitur dan integrasi.

3. Desain Percakapan Chatbot

Setelah itu, Anda dapat merancang percakapan chatbot menggunakan editor yang disediakan oleh platform tersebut. Mulailah dengan menentukan pemicu awal dan setiap langkah dalam percakapan, termasuk pesan sambutan dan tanggapan terhadap masukan pengguna.

4. Uji Chatbot

Kemudian, uji chatbot untuk memastikan semua fitur berfungsi dengan baik. Gunakan mode pengujian untuk melihat percakapan chatbot dari perspektif pengguna.

5. Latih Chatbot AI

Jika Anda ingin chatbot Anda memahami niat pengguna, latihlah dengan menggunakan data set yang relevan. Analisis percakapan pelanggan untuk mengidentifikasi pertanyaan atau masalah yang sering muncul.

6. Kumpulkan Umpan Balik atau Feedback

Selanjutnya, biarkan chatbot mengirimkan survei kepuasan pelanggan otomatis untuk mengumpulkan umpan balik. Gunakan umpan balik tersebut untuk meningkatkan kinerja chatbot di masa mendatang.

7. Monitor dan Tingkatkan Chatbot 

Terakhir, pastikan untuk memantau aktivitas chatbot secara teratur untuk mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki. Sesuaikan alur percakapan dan respons chatbot berdasarkan analisis kinerja. 

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat membuat chatbot AI yang efektif dan responsif dengan mudah. Mulailah sekarang dan lihat bagaimana chatbot Anda membantu meningkatkan pengalaman pengguna Anda secara keseluruhan!

Baca Juga: Bagaimana Cara Kerja AI Chatbot dan Contoh Penerapannya?

Cara Membuat Chatbot AI dengan Dialogflow dan Actions on Google

Kalau Anda ingin membuat chatbot dengan teknologi AI, ada banyak pilihan tools yang tersedia. Namun, ada rekomendasi tools yang sangat layak untuk Anda coba, yaitu Dialogflow yang berpadu dengan Actions on Google. Bagaimana caranya membuat chatbot memakai kedua tools tersebut? Mari pelajari tutorial lengkapnya berikut ini!

1. Buat Proyek Baru di Action on Google

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuat proyek baru di platform Actions on Google. Proses ini memungkinkan Anda untuk mengakses alat-alat yang diperlukan untuk membangun chatbot sesuai dengan kebutuhan Anda. Untuk memulai, buka situs Actions on Google dan ikuti langkah-langkah berikut.

  1. Buka situs Actions on Google.
  2. Klik “New project”.
  3. Beri nama proyek Anda.
  4. Pilih opsi “Custom” dan kemudian “Conversation Components”.
  5. Klik “Start Building”.
  6. Pilih “build your Action using DialogFlow”.

2. Buat Action dan Intent

Setelah membuat proyek baru, langkah selanjutnya adalah membuat Action dan Intent untuk chatbot Anda. Action merupakan titik awal interaksi dengan chatbot, sedangkan Intent adalah tujuan dari pertanyaan yang diajukan kepada chatbot. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.

  1. Tentukan nama agen atau chatbot.
  2. Tetapkan Action sebagai titik awal interaksi dan Intent sebagai alasan di balik pertanyaan.
  3. Sesuaikan pertanyaan dan jawaban sesuai kebutuhan Anda.
  4. Klik “Save” untuk menyimpan hasil kerja Anda.

3. Tes Komponen

Selanjutnya, penting untuk menguji komponen-komponen yang telah Anda buat. Ini memastikan bahwa chatbot berfungsi dengan baik dan memberikan respons yang sesuai. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan tes komponen chatbot AI.

  1. Klik menu “Integrations”.
  2. Pilih “Google Assistant” dan kemudian “Integration Settings”.
  3. Lakukan pengujian dengan melihat simulasi chatbot.

4. Sempurnakan Interaksi pada Chatbot

Langkah terakhir dalam pembuatan chatbot adalah untuk menyempurnakan interaksi chatbot Anda. Tahap ini melibatkan penyesuaian Intent dan Action, agar respons chatbot semakin baik dan membantu bagi pengguna. 

Setelah menyesuaikan, lakukan tes lagi untuk memastikan tidak ada kesalahan saat pengguna menggunakan chatbot Anda. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Kembali ke menu sebelumnya.
  2. Sesuaikan Intent dan Actions untuk meningkatkan respons chatbot.
  3. Lakukan pengujian secara berkala untuk memastikan tidak ada kesalahan saat pengguna menggunakan chatbot Anda.

Baca Juga: Ketahui 2 Fungsi Chatbot untuk Tingkatkan Kepuasan Pelanggan

Bagaimana Cara Membuat Chatbot WhatsApp?

Pembuatan chatbot AI harus kita mulai dengan pemahaman yang mendalam terhadap kebutuhan pengguna. Langkah-langkah dalam proses pembuatan harus dirancang secara intuitif dan berfokus pada pengalaman pengguna yang optimal. 

Selain itu, pengujian dan iterasi secara terus-menerus diperlukan untuk memastikan bahwa chatbot yang dihasilkan mampu memberikan respons yang relevan dan membantu bagi pengguna.

Kini, chatbot AI juga sudah hadir di aplikasi perpesanan singkat favorit semua orang, WhatsApp. Bila ingin membuat AI chatbot di WhatsApp, Anda dapat menggunakan layanan WhatsApp Business Messaging dari Verihubs

Anda tentu akan tertarik untuk mengeksplorasi WhatsApp Business Messaging dari Verihubs. Kami tidak hanya menawarkan layanan chatbot WhatsApp untuk otomatisasi Frequently Asked Questions (FAQ), tetapi juga menghadirkan keunggulan dalam keamanan dan kecepatan komunikasi bisnis. 

Dengan API WhatsApp yang fleksibel, Anda dapat dengan mudah menyesuaikan alur percakapan chatbot tanpa keahlian teknis yang rumit. Selain itu, layanan WhatsApp Internasional kami memungkinkan bisnis untuk menjangkau pelanggan baru dari lebih dari 100 negara, membuka peluang pertumbuhan global yang lebih besar. 

Sebagai penyedia solusi Bisnis WhatsApp Meta terpilih, Verihubs telah membuktikan kompetensi dalam menyediakan layanan berkualitas tinggi untuk bisnis. Kami akan membantu Anda meningkatkan interaksi dan pengalaman pelanggan secara keseluruhan.

SOURCE:

  • https://glints.com/id/lowongan/cara-membuat-chatbot/
  • https://www.chatbot.com/help/build-your-chatbot/how-to-build-your-chatbot/
  • https://botpress.com/id/blog/how-to-build-your-own-ai-chatbot
  • https://www.drift.com/learn/chatbot/ai-chatbots/
  • https://www.oracle.com/id/chatbots/what-is-a-chatbot/
  • https://www.tidio.com/blog/how-to-create-a-chatbot-for-a-website/

Artikel Terbaru Kami

biometrik inklusif

Biometrik Inklusif: Memperkuat Keamanan Industri Keuangan

Mengenal Apa Itu CFT dalam Melawan Pendanaan Terorisme

modus penipuan terbaru

Waspada! 5 Modus Penipuan Terbaru Salah Satunya dari WA!