Cara Mendapatkan Centang Hijau (Verified) di WhatsApp Termudah!

centang hijau wa

WhatsApp atau disebut juga WA merupakan media sosial berbasis teks yang banyak digunakan oleh jutaan orang di dunia. Apalagi kini WhatsApp juga menjadi platform untuk berbagai sektor bisnis. Agar akun WhatsApp untuk bisnis lebih terpercaya, banyak pebisnis yang menggunakan centang hijau WA.

Selain menjadi lebih terpercaya, adanya tanda centang hijau ini juga mampu menghindari pengguna dari modus penipuan yang sekarang ini sedang marak terjadi. Namun, sebenarnya bagaimana cara mendapatkan centang hijau pada WA bisnis? Jika ingin tahu, simak ulasannya seputar centang hijau pada WhatsApp di bawah ini!

Apa Itu Centang Hijau WA?

Verified badge atau biasa dikenal dengan centang hijau WA merupakan lencana yang disematkan oleh pihak WhatsApp sebagai tanda bahwa akun WhatsApp bisnis tersebut sudah terverifikasi dan terbukti sebagai bisnis resmi.

Tanda ini terletak di samping nama bisnis yang Anda jalankan. Jadi, meski penerima tidak menyimpan nomor WA bisnis tersebut, tanda centang hijau ini akan tetap muncul. Hal inilah yang membuat kehadiran verified badge menjadi sangat penting bagi pebisnis, karena dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Namun, tanda verifikasi ini hanya bisa didapatkan jika Anda menggunakan WhatsApp Business API. Kemudian, bergabung dengan Mitra Resmi WhatsApp di Indonesia. Nantinya, pihak mereka akan membantu proses pendaftarannya.

Syarat Mendapatkan Centang Hijau WA

Terdapat beberapa hal yang harus Anda catat sebelum mendaftar centang hijau WA. Berikut ini adalah berbagai syarat yang harus dipenuhi untuk bisa mendapatkan WhatsApp Verified Badge.

1. Telah Berlangganan BSP WhatsApp

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk mendapat tanda centang hijau adalah berlangganan layanan dari BSP terlebih dulu. Terdapat beberapa paket berlangganan yang tersedia, sehingga Anda memilih sesuai dengan kebutuhan dan budget bisnis.

Dengan harga yang beragam, Anda tidak hanya akan mendapatkan centang hijau WhatsApp. Namun, juga mendapatkan berbagai fitur WhatsApp API lain. Beberapa di antaranya, seperti WA Blast, Omnichannel Chat, dan juga Chatbot.

2. Bisnis Sudah Berbentuk CV/PT atau Yayasan

Syarat selanjutnya adalah bisnis yang dijalankan sudah berbentuk CV/PT atau yayasan. Persyaratan ini penting untuk diperhatikan, karena pihak WhatsApp teramat selektif, jadi mereka hanya akan memberi tanda centang hijau WA pada bisnis yang telah terbukti legalitasnya.

Artinya, bisnis Anda harus terdaftar sebagai perusahaan resmi terlebih dahulu, baru bisa mendapatkan tanda tersebut. Adapun berbagai bisnis yang dilarang serta berpeluang tinggi tertolak untuk menerima tanda centang hijau sesuai ketentuan WhatsApp, yakni:

  • Drugs
  • Tobacco items
  • Gambling businesses
  • Alcohol brands
  • Weapons and ammunition businesses
  • Live animals
  • Adult product/services
  • Medical & healthcare products
  • Dating services
  • Cryptocurrencies

3. Mempunyai ID Facebook Business Manager

Sebelum pihak WhatsApp memverifikasi akun bisnis Anda, terlebih dahulu Anda harus memiliki akun atau ID Facebook Business Manager. Caranya, Anda dapat memakai akun Facebook pribadi untuk masuk ke laman Facebook Business Manager.

Jadi, Anda tidak perlu membuat akun baru untuk masuk ke laman tersebut. Baru setelahnya, Anda dapat mengisi informasi yang diminta.

4. Mempunyai Website Resmi untuk Bisnis

Syarat selanjutnya untuk mendapatkan centang hijau WA adalah mempunyai website resmi bisnis atau perusahaan. Adanya website ini akan membuktikan bahwa bisnis atau perusahaan Anda sudah profesional.

5. Bisnis yang Telah Dikenal Publik

Syarat terakhir adalah bisnis yang akan Anda daftarkan sudah dikenal oleh publik. Dengan memenuhi syarat ini, maka pihak WhatsApp akan menganggap bisnis layak untuk mendapatkan tanda verifikasi centang hijau WA.

Agar bisnis semakin dikenal, Anda dapat membuat beberapa akun media sosial bisnis dan membuat konten agar engagement terus meningkat. Selain itu, bisa masukkan profil bisnis Anda ke media terkenal di Indonesia. Dengan begitu, traffic akun media sosial dan website Anda akan mengalami kenaikan.

Cara Mendapatkan Centang Hijau WA (WhatsApp)

Setidaknya adalah lima langkah yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan tanda centang hijau WA. Berikut adalah penjelasan mengenai langkah-langkah mendapatkan verified badge di WhatsApp.

1. Mendaftarkan Akun WhatsApp ke BSP WhatsApp

Langkah pertama untuk mendapatkan WhatsApp Verified Badge adalah mendaftarkan akun WhatsApp ke layanan BSP. Singkatnya, BSP merupakan pihak resmi yang WhatsApp tunjuk langsung dalam membantu proses registrasi WhatsApp Business API.

Sangat disarankan untuk melakukan pendaftaran ke BSP paling akurat di Indonesia, misalnya Verihubs. Dengan begitu, Anda dapat memakai WhatsApp Business API dan mendapat centang hijau pada akun WA bisnis.

2. Melakukan Verifikasi Akun Facebook Business Manager

Kemudian, lakukan verifikasi account Facebook Business Manager. Tata caranya yakni dengan login memakai akun Facebook pribadi Anda, lalu mengisi semua informasi yang ada pada laman tersebut.

Baca Juga: Kenapa Kode Verifikasi WhatsApp Tidak Muncul? 7 Cara Ampuh!

3. Mendaftarkan Nomor dan Display Name Bisnis yang Ingin Digunakan

Setelah itu, Anda perlu mendaftarkan nomor dan nama bisnis yang nantinya akan muncul pada akun WhatsApp centang hijau. Perlu Anda perhatikan, bahwa nomor dan display name yang sudah didaftarkan, tidak bisa diubah apabila sudah disetujui oleh pihak WhatsApp.

Jadi, pastikan bahwa nomor dan display name yang ingin Anda gunakan sudah sesuai dengan bisnis yang Anda jalani.

4. Layanan BSP akan Mendaftarkan Akun WA Bisnis menjadi Official WhatsApp Business Verified

Jika nomor dan display name WA sudah ditentukan, maka pihak layanan BSP akan membantu untuk mendaftarkan nomor dan nama tersebut ke pihak WhatsApp. Bukan cuma itu, penyedia layanan BSP juga akan menyiapkan sistem dan berbagai fitur WhatsApp Business API lain.

Contohnya, seperti Chatbot, Alokasi Chat per Agent, WA Blast, dan fitur lainnya. Oleh sebab itu, Anda dapat meningkatkan layanan pelanggan bisnis Anda menggunakan fitur-fitur tersebut.

5. Tunggu sampai Simbol Centang Hijau WA Muncul

Langkah terakhir adalah menunggu pihak WhatsApp melakukan verifikasi pada akun bisnis Anda. Apabila proses pengajuan telah memenuhi semua syarat dan ketentuan yang pihak WhatsApp minta, maka mereka akan memberi verified badge untuk akun WhatsApp Business Anda.

Namun, perlu Anda ketahui juga bahwa nantinya setelah mendapat tanda verifikasi, Anda harus membayar biaya langganan sesuai dengan paket atau kategori yang Anda pilih.

Baca Juga: Cara Login WhatsApp ke Nomor yang Hilang atau Tidak Aktif

Tertarik Mendapatkan Centang Hijau WA untuk WhatsApp Business Anda?

Setelah menyimak penjelasan di atas, apakah Anda sudah mengerti langkah-langkah mendapatkan centang hijau WA? Jadi, perlu Anda ingat bahwa pihak WhatsApp sangat hati-hati ketika menyematkan verified badge pada akun bisnis. Bahkan, proses verifikasinya memakan waktu antara 3-6 bulan lamanya.

Apabila Anda kesulitan mendapatkan centang hijau terhadap akun WhatsApp Business, maka bisa menggunakan layanan BSP dari Verihubs sebagai mitra resmi WhatsApp di Indonesia. Salah satu layanan terbaik yang tersedia di sini adalah WhatsApp Global OTP.

Dengan menggunakan layanan tersebut, Anda akan lebih mudah memverifikasi pelanggan dan berbagai kegiatan promosi bisnis Anda. Bukan hanya itu saja, Verihubs juga akan memberikan notifikasi kepada pelanggan dengan lebih cepat. Jadi, pelanggan tidak perlu menunggu lama untuk mendapatkan kode OTP.Layanan ini tentu sangat tepat untuk keberlangsungan dan kemajuan bisnis Anda. Apalagi WhatsApp Global OTP Verihubs dapat membantu deteksi spam OTP, meningkatkan brand awareness, hingga kustomisasi ID pengirim. Layanan yang sangat menarik, bukan? Jadi, tunggu apalagi? Segera gunakan layanan dari Verihubs!

Source:

https://www.barantum.com/blog/centang-hijau-wa/
https://sleekflow.io/id-id/blog/panduan-cara-mendapatkan-centang-hijau-whatsapp
https://qontak.com/blog/whatsapp-verified-badge-centang-hijau/
https://lenna.ai/cara-mendapatkan-centang-hijau-di-whatsapp/
https://www.ada-asia.com/insights/id-cara-mendapatkan-centang-hijau-di-whatsapp
https://finance.detik.com/solusiukm/d-6308297/cara-mendapatkan-centang-hijau-wa-verified-badge-lengkap
https://www.sribu.com/id/blog/cara-cepat-dapatkan-centang-hijau-whatsapp-verified-badge/
https://www.fortuneidn.com/tech/surti/cara-mendapatkan-centang-hijau-whatsapp?page=all
https://kumparan.com/how-to-tekno/centang-hijau-wa-definisi-fungsi-hingga-cara-mendapatkannya-1z7jYOrv1R9

Artikel Terbaru Kami

biometrik inklusif

Biometrik Inklusif: Memperkuat Keamanan Industri Keuangan

Mengenal Apa Itu CFT dalam Melawan Pendanaan Terorisme

modus penipuan terbaru

Waspada! 5 Modus Penipuan Terbaru Salah Satunya dari WA!